Toga, Herbal & Kesehatan

Pengertian Tanaman Jamblang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pengertian-Tanaman-Jamblang-dan-Manfaatnya-Bagi-Kesehatan

Apakah Anda sudah tahu apa itu tumbuhan jambalang? Nah, jika Anda belum tahu apa itu tumbuhan jamblang, berikut saya akan menjelaskan apa itu tumbuhan jamblang. Jadi, simaklah dengan baik jika Anda benar-benar ingin mengetahuinya.

Jamblang (Syzgium cumini) ini merupakan tumbuhan buah-buahan yang berasal dari Asia dan Australia Topik. Biasanya tumbuhan ini ditanamkan diperkarangan rumah ataupun tumbuh liar, terutama pada hutan jati. Jamblang ini dapat tumbuh didataran rendah yang mencapai ketinggian 500 m dpl.

Pohon jamblang ini berbatang tebal dengan tingginya yang mencapai 10-20 m, tumbuhnya bengkok dan bercabang banyak. Daunnya tunggal, tebal, tangkai daunnya ini mencapai 1-3,5 cm. Bunga majemuk berbentuk malai dengan cabang yang berjauhan, bunga duduk, tumbuh pada ketiak daun dan diujung percabangan. Buahnya buah buni, berbentuk lonjong, panjangnya mencapai 2-3 cm, masih muda warna buahnya berwarna hijau, ketika tua warna buahnya merah tua keunguan. Berbiji satu, berbentuk lonjong dan berwarna putih.

Baca Juga :  Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Mengandung Bahan Kimia

Rasa buah jamblang ini ketika dimakan segar dan rasanya agak asam dan sepat. Selain itu, tanaman jamblang ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan Anda lho. Bagian dari tanaman ini yang digunakan sebagai obat adalah kulit kayu, daging buahnya dan bijinya. Berikut dibawah ini manfaat tanaman jamblang untuk kesehatn Anda, simaklah dengan baik.

Baca Juga :  Pengertian Serta Manfaat Tanaman Mahoni

01. Mengobati Sariawan

Caranya rebuskan kulit kayu jamblang atau daun jamblang secukupnya. Jika sudah dingin, gunakan rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukan cara ini 3-4 kali dalam sehari sampai sariawannya sembuh.

02. Mengatasi Batuk Rejan

Caranya sediakan 15 gram buah jamblang kering, 1 buah ampedu ayam betina dan gula pasir secukupnya. Lalu masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan dengan air sampai seluruh bagian terendam, kemudian tim sampai matang. Setelah itu, minum airnya dan makan isinya. Lakukan cara ini 1 kali sehari sampai sembuh.

Baca Juga :  Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Anda

03. Mengobati Batuk Kroni dan Asma

Cara pengobatannya yaitu sediakan buah jamblang kering sebanyak 15 gram. Lalu masukkan ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan dengan air sampai seluruh buah terendam dan tim kan sampai matang. Setelah ramuannya dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Lakukan cara ini 3 kali sehari sampai sembuh.

Nah, itulah pengertian dari tanaman jamblang serta ada juga manfaat tanaman jamblang bagi kesehatan yang kemungkinan akan bermanfaat bagi Anda. Kalau begitu selamat mencoba di rumah dan semoga bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close