Toga, Herbal & Kesehatan

Wow, Ini Dia Manfaat Portulaka Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Wow,-Ini-Dia-Manfaat-Portulaka-Bagi-Kesehatan-Tubuh-Anda

Portulaka (Portucala grandiflora Hook.) adalah tanaman yang dapat kita temukan didataran rendah sampai ketinggian yang mencapai 1.400 m dpl. Tanaman ini termasuk ke dalam famili Portulacaceae dan termasuk ke dalam genus Portulaca. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Brazilia.

Karena memiliki bunganya yang cantik, tanaman ini biasanya dijadikan sebagai tanaman hias diperkarangan rumah dan ditaman. Agar dapat tumbuh subur dan berbunga meriah, tanaman herba ini memerlukan sinar matahari yang penuh agar dapat berbunga indah.

Tanaman herba ini rasanya pahit dan sifatnya dingin. Berkhasiat sebagai menghilangkan bengkak, antiradang, menghilangkan bekuan darah dan penghilang nyeri. Selain itu, ada juga loh manfaat portulaka yang lainnya bagi kesehatan Anda. Berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat portulaka serta cara pengobatannya.

Baca Juga :  Inilah Manfaat Tanaman Obat Herbal Patikan Cina Untuk Kesehatan Tubuh

01. Mengatasi Hepatitis

Caranya ialah sediakan herba portulaka yang masih segar sebanyak 30 gram dan cucikan sampa bersih. Lalu gilingkan sampai halus, kemudian peraskan dengan sepotong kain. Setelah itu minum air yang terkumpul sekaligus. lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari hingga sembuh.

Baca Juga :  Pepes Tahu Kemangi Bakar, Sedap dan Wangi Serasa Makan di Restoran

02. Mengatasi Bisul dan Koreng

Caranya ialah cucikan tangkai portulaka yang masih segar sampai bersih, lalu gilingkan sampai halus. Bubuhkan ke bagian yang sakit dan dibalutkan. Ganti 2-3 kali dalam sehari.

03. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Caranya ialah cucikan herba portulaka yang masih segar sampai bersih, lalu gilingkan sampai bersih dan peraskan sampai airnya terkumpul 1 cangkir. Tambahkan dengan sedikit boraks. Setelah itu, digunakan untuk berkumur.

04. Mengatasi Sakit Kepala

Caranya ialah cucikan seluruh bagian portulaka yang masih segar, kecuali akarnya sebanyak 30 gram. Lalu tambahkan dengan 2 gelas air dan rebuskan sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saringkan dan minum ramuannya sekaligus. Jika sakitnya berulang, lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.

Baca Juga :  Cara Memasak Sambal Goreng Teri

Nah, itulah manfaat portukala bagi kesehatan tubuh Anda. Jika Anda sedang mengalami salah satu penyakit yang ada disebutkan diatas, Anda juga bisa mencoba cara yang sudah dijelaskan diatas. Kalau begitu, selamat mencobanya dirumah dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close