Inilah Dia Manfaat Tahi Kotok Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Inilah-Dia-Manfaat-Tahi-Kotok-Bagi-Kesehatan-Tubuh

Tahi kotok (Tagetes erecta Linn.) merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Meksiko. Tumbuhan tahi kotok ini sangat suka dengan tempat yang terbuka dan terkena matahari secara langsung serta udara yang lembab. Tanaman tahi kotok ini sering ditanamkan dihalaman rumah dan ditaman sebagai hiasan.

Tanaman herba setahun ini tumbuh tegak, memiliki ketinggian yang mencapai 0,5 – 1,3 m, bercabang dan berbau tidak enak. Daunnya tunggal, menyirip berbagai sangat dalam sehingga menyerupai daun majemuk menyirip gasal. Bunganya tunggal, berbentuk bongkol dan berwarna kuning atau orange. Buahnya keras, berbentuk garis dan berwarna hitam.

Bunga tahi kotok rasanya pahit, berbau khas dan sifatnya sejuk. Tahi kotok berkhasiat sebagai antiradang, obat batuk, mengencerkan dahak, peluruh kencing dan dapat memperbaiki gangguan pada pencernaan.

Baca :  Bingung Bagaimana Cara Untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah? Simaklah Sini

Bagian dari tanaman tahi kotok, yang dapat kita jadikan sebagai obat adalah bunganya. Bunganya bisa Anda keringkan untuk penyimpanan. Daun dan minyak tahi kotok juga berkhasiat sebagai obat bagi kesehatan Anda.

Berikut dibawah ini saya akan menjelaskan tiga macam manfaat tahi kotok bagi kesehatan Anda. Jadi simaklah dengan baik cara pengobatannya dibawah ini.

01. Mengobati Sakit Gigi

Caranya ialah rebuskan bunga tahi kotok sebanyak 15 gram dengan 2 gelas air, tunggu sampai air rebusannya tersisa menjadi 1 gelas saja. Setelah dingin, saringkan dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

02. Mengatasi Batuk Rejan

Caranya ialah sediakan bunga tahi kotok sebanyak 15 gram yang masih kering dan sediakan juga gula enau secukupnya, lalu rebuskan dengan 2 gelas air, tunggu sampai air rebusannya tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saringkan dan diminum airnya 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Baca :  Inilah Manfaat Tanaman Obat Herbal Patikan Cina Untuk Kesehatan Tubuh

03. Mengobati Sakit Mata

Caranya ialah sediakan satu kuntum bunga tahi kotok dan cucikan sampai bersih, lalu rebuskan. Setelah dingin, saringkan dan gunakan untuk mencuci mata yang sakit dengan menggunakan gelas mata.

Nah, itulah tiga manfaat dari tanaman tahi kotok yang bisa saya jelaskan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih