Berbagai Manfaat Sirih Cina, Salah Satunya Untuk Obat Asam Urat

Diposting pada

Saudara-saudari sudah pasti tidak asing dengan tanaman jenis ini, tanaman berikut merupakan jenis gulma yang sering dianggap hama dikarenakan tumbuhnya sembarangan di berbagai tempat, seringnya tumbuh di tempat yang lembab seperti disamping rumah, di tembok-tembok pondasi atau di pinggiran selokan. Nama dari jenis tanaman ini adalah sirih cina, ada pula yang menyebutkan  sirih cina dan sering disebut juga ketumpang air.

Tanaman ini memiliki manfaatnya yang banyak sekali. Salah satu pengalaman saudara yang makin yakin dengan khasiat tanaman ini adalah ketika dua bulan kebelakang saudara saya mengalami bengkak pada biji kemaluannya sebelah bengkak ( maaf agak vulgar) harus saya jelaskan secara rinci supaya tidak menimbulkan tanda tanya, entah lah ya bengkak karena apa saya kurang paham, entah itu hernia atau apalah, mungkin karena dia suka menahan kencing pas lagi kerja.

Lalu saya rebus tanaman ini segenggam dengan air dua gelas dimasak jadi satu gelas setengah, alhasil setelah 3 hari minum dengan dosis segelas sekali minum sebanyak 3 kali Alhamdulillah sehari bengkak nya langsung hilang dan tidak ada rasa nyeri lagi sampai sekarang.

Dan hebatnya lagi ternyata bisa menghancurkan kencing batu, tetangga saya harus oprasi dan saya sarankan untuk minum ramuan ini alhamdulillah selama seminggu minum ketika di cek lagi batunya sudah tidak ada alias hancur.

 

Baca juga:

Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Mengandung Bahan Kimia

Pengertian Sirsak Serta Cara Menyembuhkan Asam Urat

Makanan ini Menyebabkan Penyakit Kanker dan Harus di Hindari

 

(Peperomia pellucida) adalah terna kecil semusim dan berakar dangkal yang mudah ditemukan tumbuh liar di tepi saluran air atau pematang dan taman.

Baca :  5 Macam Manfaat Kacapiring Bagi Kesehatan Serta Pengobatannya

Ukurannya 15 sampai 45 cm. Batangnya sukulen atau berair, cerah, berdaging, demikian pula daunnya yang agak tebal tapi lunak. Daun sirih cina atau ketumpang air bisa dimakan dengan cara diolah sebagai sayur atau untuk lalapan. Bisa juga dibuat jus kemudian diminum.

Agar Anda lebih memahami tentang manfaat tanaman sirih cina, berikut kami telah rangkum untuk Anda 15 manfaat daun sirih cina untuk kesehatan dan cara menggunakannya yang dilansir dari mitalom.com.

 

Sementara manfaat yang lainnya adalah sebagai berikut :

1. Dapat  mengobati bisul,
2. Untuk obati Jerawat,
3. Obat anti radang kulit,
4. Mengobati abses,
5. Obat luka bakar,
6. Obati luka memar / luka terpukul,
7. Bisa atasi bengkak,
8. Obat pegal-pegal,
9. Obati gangguan kemih,
10. Obat sakit persendian disebabkan rheumatik,
11. Obat sakit ginjal,
12. Redakan sakit kepala penderita demam,
13. Obati sakit perut,
14. Kurangi asam urat,
15. Redakan sakit nyeri spasmodik parah di perut karena distensi (Kolik).

 

Nah kini kita sudah mengetahui beberapa manfaat obat herbal daun sirih cina / daun tumpang untuk pengobatan. Berikut kami berikan resep pengobatan dari beberapa penyakit dengan daun sirih cina :

 

1. Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala ketika demam dapat menggunakan daun sirih cina. Caranya ialah ambillah 17 lembar daun sirih cina / daun tumpang air lalu cucilah hingga bersih, dan ditumbuk / diblender sampai halus . Kemudian ramuan tadi ditempel di pelipis kiri dan kanan.

Cara lainnya bisa dengan merebus 2 pohon tanaman sirih cina yang segar ukuran kecil dan tinggi 7-10 cm, lalu dicuci bersih dalam 350 ml (1.5 gelas ) air dan panaskan di kompor hingga tersisa 1 gelas saja, sesudah hangat minumlah air ramuan tersebut 1 gelas sekali minum. Biasakan 2 kali sehari rutin dengan dosis yang sama.

Baca :  Apa Saja Manfaat Kecubung Itu?

 

2. Untuk Obat Abses, Bisul, Jerawat dan Radang Kulit

Bagus juga untuk mengobati berbagai jenis peradangan dan penyakit kulit misalkan bisul dan jerawat. Cara adalah dengan merebus 2 pohon tanaman sirih cina yang segar ukuran kecil dan tinggi 7-10 cm, lalu dicuci bersih dalam 350 ml (1.5 gelas ) air dan panaskan di kompor hingga tersisa 1 gelas saja, sesudah hangat minumlah air ramuan tersebut 1 gelas sekali minum. Biasakan 2 kali sehari rutin dengan dosis yang sama.

 

3. Obat Sakit Perut dan Asam Urat

Manfaat pengobatan dengan daun sirih cina bagus juga untuk sakit perut dan Asam Urat. Caranya adalah ambil tanaman tumpangan air segar yang baru dicabut dari tanah secukupnya, lalu siram dengan air hingga bersih dan siram dengan air panas, lalu dihaluskan / ditumbuk halus, . Peras ramuan tadi dengan kain bersih dan minum air perasan tadi.

 

4. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Obat Luka Bakar

Manfaat daun sirih cina juga bisa obati sakit luka bakar. Caranya yaitu cabut tanaman siri cina yang segar, lalu cucilah sampai bersih. Lumat dan tumbuklah sampai halus betul dan tempel lumatan tadi ramuan tadi pada bagian luka bakar yang sakit. Anda bisa melakukannya setiap hari sampai sembuh.