Toga, Herbal & Kesehatan

Inilah Sederet Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Ketumbar merupakan bahan yang wajib hadir di dapur anda. Perlu anda ketahui, tanaman ketumbar ini sangat unit dengan kesebargunaannya. Ketika berbunga akan menghasilkan biji yang disebut ketumbar. Daunnya pun mengandung manfaat yang tak sepele.

 

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas mengenai nutrisi daun cilantro. Masing-masing nutrisi yang terkandung bertanggung jawab atas manfaat cilantro. Berbagai penelitian telah memaparkan khasiat daun ketumbar. Berikut adalah beberapa khasiat yang layak disimak :

Baca juga:

Manfaat dan Kandungan Cilantro, Si Daun Ketumbar Yang Kaya Akan Nutrisi

Obat Atasi Kanker Serviks Dengan 5 Bahan Alami Ini

Tidak Semua Pohon Bajakah Bisa Jadi Obat Kanker, Jenis Ini Jadi Racun

Pemanfaatan Bajakah Obat Kanker oleh Masyarakat Dayak Ngaju Sejak Ratusan Tahun

Bajakah Obat Kanker Terbaik Yang Ada di Hutan Kalimantan Suku Dayak

 

  1. Membersihkan tubuh dari logam berat

Mungkin saja tanpa kita ketahui di dalam tubuh kita tertimbun sejumlah logam berat seperti arsen. kadmium, aluminium, timbal, dan merkuri. Perlu diketahui, logam berat yang terakumulasi nantinya akan menyebabkan berbagai masalah. Penyakit jantung, hormon tidak seimbang, reproduksi tak subur, dll mengintai tubuh jika anda tak segera memebersihkan tubuh dari logam berat. Daun ketumbar yang dikonsumsi mengikat logam berat, menghilangkannya dari jaringan dan mengeleminasinya dari tubuh.

 

Penelitian mengungkapkan bahwa daun ketumbar mampu melindungi secara signifikan dari oxidative stress yang diinduksi oleh timah. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa daun ketumbar mempercepat proses eliminasi logam berat dari tubuh.

 

  1. Pelindung dari oxidative stress

Oxidatif stress timbul karena adanya radikal bebas. Tentu berbahaya, karena dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, radang sendi, alzheimer, degenerasi makula, dan masih banyak lagi.

Daun ketumbar dipercaya memiliki sifat antioksidan yang kuat. Sehingga mampu melindungi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun ketumbar berperan sebagai pelindung dari oxidative stress melalui sifat antioksidannya yang tinggi.

 

  1. Terapi relaksasi dan memperbaiki kualitas tidur

Daun ketumbar memperbaiki siklus tidur secara alami, menenangkan syaraf, serta meningkatkan kualitas tidur anda. Itu dilakukannya karena efek penenang yang dimilikinya. Penelitian membeberkan ekstrak daun ketumbar menghasilkan tingkat efet penenang yang mana sama dengan obat kimia (vaium/diazepam).

Penggunaan obat kimia tentu membawa efek samping bersamanya. Valium memiliki efek samping kebingungan, halusinasi, agitasi, agresif, masalah ingatan, kelemahan otot, dll. Nah, anda tak perlu khawatir efek samping ketika mengkonsumsi daun ketumbar untuk mengatasi kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur anda.

 

  1. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah jurnal dari Journal of Food Science menunjukkan bahwa ketika sudah didiagnosa diabetes, ketumbar membantu fungsi hati dan menyeimbangkan gula darah. Peneliti lain mengungkapkan bahwa daun ketumbar yang digunakan dalam masakan dapat digunakan sebagai obat untuk diabetes. Daun ketumbar yang dipotong kasar, sedangkan batangnya dipotong halus kemudian ditambakan ke dalam makanan sebenarnya dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

  1. Pelindung dari penyakit kardiovaskular

Tekanan darah tinggi meningkatkan resiko gagal jantung, penyakit jantung iskemik, dan penebalan otot jantung. Di sinilah manfaat daun ketumbar berperan. Daun ketumbar dapat menurunkan tekanan darah, membantu melarutkan kolestrol yang menumpuk di arteri, serta melindungi dari penyakit jantung. Penelitian mengungkapkan bahwa daun ketumbar dapat menurunkan kolestrol dan trigliserida di dalam tubuh.

Peneliti lain juga menemukan khasiat daun ketumbar sebagai pelindung jantung alami melalui kandungan polifenol yang kaya. Sehingga terhindar dari kerusakan jantung dan terhindar dari infark miokard. Itulah mengapa kita harus menambahkan daun ketumbar ke dalam menu makanan kita.

  1. Mecegah infeksi saluran kemih

ISK dapat disebabkan oleh bakteri E. coli, aktivitas seksual, genetik, atau pun diabetes. Daun ketumbar memiliki antibakteri sehingga dapat menjaga saluran kemih tetap aman dan sehat. Selain itu biji ketumbar juga dapat membantu meredakan gejala isk, jika itu terjadi.

Cara mengambil khasiatnya sederhana, cukup rendam 1 1/2 sdt biji ketumbar kering ke dalam 2 gelas air. Biarkan semalam, kemudian saring dan minumlah di pagi hari. Itu akan meredakan rasa sakit yang timbul karena isk dan mempercepat proses penyembuhan.

 

  1. Membantu sistem pencernaan

Daun ketumbar sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk mengatasi mual, kembung, gangguan pencernaan, mulas, dan meredakan kram perut. Daun ini membantu menghasilkan enzim pencernaan yang membantu proses pencernaan makanan. Karena efek pendinginya, masakan dengan daun ketumbar segar cocok dihidangkan bersama masakan panas dan pedas.Efek pendinginnya dapat membantu menghindari mulas setelah mengkonsumsi makanan pedas. Jika merasa ada gas yang berkeliaran di dalam perut anda, cobalah konsumsi daun ketumbar ini. Cara penyajiannya bisa ditambahkan ke dalam makanan atau salad anda.

 

  1. Pelindung dari keracunan makanan

Tak hanya sebagai detox tobuh, daun ketumbar dapat melindungi tubuh dari infeksi dan racun. Secara alami mengandung antibakteri, membantunya dalam melindungi diri terhadap makanan dan air yang tak sengaja membawa seperti keracunan makanan, disentri, salmonela, serta kolera.

  1. Mengatasi iritasi kulit

Daun ketumbar dapat mengatasi iritasi kulit secara internal maupun eksternal. Anti-histaminnya membantu menenangkan respon sistem imun yang melawan alergen. Penggunaanya dapat dikombinasikan minyak kelapa, blender kedua bahan tersebut. Kemudian aplikasikan pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, cukup blender dengan air. kemudian saring ampasnya. Airnya diminum, sedangkan ampasnya bisa diaplikasikan pada kulit. Cara ini sangat membantu mengatasi reaksi alergi.

 

  1. Mencegah batu ginjal

Daun ketumbar membantu anda mengeluarkan urin yang lebih banyak, sehingga bisa digunakan sebagai diuretuk alami. Selain itu juga dapat membantu mendetoks ginjal, hasilnya anda terhindar dari penyekit batu ginjal.

 

Itulah sebagian kecil manfaat daun ketumbar yang kita bahas hari ini. Dengan mengetahui manfaatnya tersebut tentunya akan meningkatkan semangat anda dalam mengkonsumsi daun ketumbar. Namun, perlu diingat, jangan berlebihan. Ketika berlebihan akan menumbulkan efek yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Bumbu Kunyit Ternyata Mampu Memicu Perbaikan Sel-sel Otak
Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close