Toga, Herbal & Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Tanaman Andong Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah-5-Manfaat-Tanaman-Andong-Untuk-Kesehatan-Tubuh

Yenisafira.com – Andong (Cordyline fruticosa L. A. Cheval) adalah tanaman yang termasuk ke dalam Laxmanniaceae dan termasuk ke dalam genus Cordyline. Andong memiliki daun yang lebar, memanjang dan berwarna merah keungu-unguan.

Andong ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan Anda lho. Apa Anda sudah tahu apa saja manfaat andong untuk kesehatan Anda?

Nah, mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum tahu. Bagi Anda yang belum tahu dan ingin tahu apa saja manfaat andong untuk kesehatan Anda, berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat andong untuk kesehatan Anda serta ada juga cara pengobatannya.

Baca Juga :  Inilah Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh

1. Untuk Mengobati Sengatan Binatang Berbisa

Caranya gilingkan sampai halus daun andong yang masih segar, lalu panaskan diatas api, kemudian urapkan pada bagian tubuh yang kena sengat selagi masih hangat dan dibalutkan. Ganti 2-3 kali sehari.

2. Untuk Mengobati Diare/Disentri

Caranya yaitu rebuskan daun andong lebih kurang 90 gr atau akar andong kering lebih kurang 15 gr dengan 3 gelas air. Lalu tunggu sampai ramuannya mendidih dan tersisa 1 gelas, kemudian disaringkan dan dibagikan menjadi 3 gelas ukuran sama, setelah itu minum 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan sore secara rutin dan teratur sampai sembuh.

Baca Juga :  7 Cara Alami dan Mudah Untuk Memanjangkan Bulu Mata

3. Untuk Mengobati Wasir

Cara pengobatannya yaitu cuci 3 helai daun andong dan tujuh helai daun wungu yang masih segar. Lalu dipotong-potongkan dan direbuskan dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, kemudian disaringkan dan diminum. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur sampai sembuh.

4. Untuk Mengatasi Radang Gusi

Caranya sediakan kulit kayu andong. Lalu klikis kulit andong secukupnya, kemudian tambahkan dengan sedikit garam dan adukkan sampai rata, setelah itu oleskan ramuan pada bagian gusi yang meradang.

Baca Juga :  Mengobati Hiperkolesterolemia Dengan Obat Herbal

5. Untuk Mengatasi Batuk Berdarah, Urine Berdarah dan Haid Terlalu Banyak

Cara pengobatannya yaitu rebuskan lebih kurang 90 gr daun andong atau lebih kurang 50 gr akar andong kering dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas, kemudian disaringkan, setelah itu diminum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore sebanyak 1/2 gelas.

Nah, itulah manfaat tanaman andong untuk kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close