Toga, Herbal & Kesehatan

Manfaat Tanaman Bandotan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat-Tanaman-Bandotan-Untuk-Kesehatan-Tubuh

Yenisafira.com – Bandotan (Ageratum conyzoides L.) adalah tanaman liar dan banyak ditemukan diberbagai daerah seperti dikebun, pinggir rumah, sisi jalan, disawah dan dipekarangan. Bandotan ini berasal dari Amerika Tropis, khususnya di Brazil, akan tetapi tanaman ini sudah lama masuk dan meliar diwilayah Nusantara.

Tumbuhan bandotan termasuk salah satu jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam famili Asteraceae dan termasuk ke dalam genus Ageratum.

Tanaman ini merupakan tumbuhan penganggu (gulma), meskipun sebagian dari orang menganggapnya sebagai gulma, ternyata tumbuhan bandotan ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit. Nah, jika Anda ingin tahu apa saja manfaat tanaman bandotan untuk kesehatan tubuh Anda, berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat tanaman bandotan untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga :  Kenali Dosis Tepat Asam Alfa Lipoat Serta Efek Sampingnya

1. Mengobati Eksim dan Luka Berdarah

Caranya yaitu cuci 1 pohon bandotan segar tanpa akar sampai bersih, lalu lumatkan, kemudian balurkan ke tempat yang sakit secara merata. Setelah merata, balutkan dengan kain atau perban. Lakukan cara ini 2 kali sehari dalam dosis yang sama dengan mengganti obat dan balutan. Pada saat penggantian, luka harus dicuci dengan air hangat atau alkohol terlebih dahulu.

2. Mengobati Sakit Tenggorokan dan Radang Selaput Lendir Pada Tenggorokan

Caranya ialah sediakan 30-60 gr daun bandotan dan cucikan sampai bersih, lalu tumbukkan daun bandotan sampai halus dan tambahkan air sebanyak 1 gelas, kemudian disaringkan, selanjutnya tambahkan gula batu secukupnya, aduk hingga rata, setelah itu minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

3. Untuk Mengobati Penyakit Malaria dan Influenza

Baca Juga :  Darimana Asal-Usul Pare Itu?

Cara pengobatannya yaitu sediakan 15-30 gr herba bandotan kering dan 2 gelas air, lalu direbuskan ke dalam 2 gelas air, tunggu sampai ramuannya mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas, kemudian tunggu sampai dingin dan disaringkan, setelah itu minum ramuan tersebut sekaligus. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

4. Untuk Mengobati Sakit Telinga Tengah Akibat Radang

Caranya sediakan herba bandotan yang masih segar secukupnya dan cucikan sampai bersih, lalu tumbukkan sampai halus, kemudian peraskan dan saringkan hasil tumbukkan tadi, selanjutnya ambil air perasan yang sudah terkumpul untuk obat tetes telinga. Teteskanlah 4 kali sehari, setiap kali pengobatan sebanyak 2 tetes.

5. Untuk Mengobati Bisul dan Borok

Cara pengobatannya sediakan 1 tumbuhan herba bandotan segar secukupnya dan cuci sampai bersih, lalu tambahkan dengan sekepal nasi basi dan seujung sdt garam, kemudian gilingkan sampai halus, setelah itu turapkan ke tempat yang sakit dan balutkan dengan perban.

Baca Juga :  Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda

6. Mengobati Rematik

Caranya cuci sampai bersih daun bandotan, lalu tumbukkan daun bandotan dengan nasi basi 1 kepal dan 1/2 sdt garam, kemudian balurkan pada tubuh yang mengalami rematik, balutkan dengan perban selama 1 jam. Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur sampai rematik sembuh.

Nah, itulah manfaat tanaman bandotan untuk kesehatan tubuh Anda. Jika Anda sedang mengalami salah satu penyakit yang ada disebutkan diatas, Anda bisa mencoba cara yang sudah dijelaskan diatas. Kalau begitu selamat mencoba dirumah dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close