Manfaat dan Kandungan Cilantro, Si Daun Ketumbar Yang Kaya Akan Nutrisi

Diposting pada

Cilantro atau sering disebut dengan daun ketumbar merupakan salah satu herbal yang cukup populer di berbagai negara. Cilantro memiliki nama ilmiah Coriandrum sativum. Bentuknya mirip dengan daun seledri dan peterseli, banyak orang yang keliru ketika tak jeli. Pantas saja jika mirip, karena ketiga daun tersebuk masuk ke dalam famili/keluarga yang sama, yaitu famili Apiaceae.

 

Karena mirip, berikut tips membedakan cilantro, peterseli, dan daun seledri :

Cilantro

Bentuk daun cenderung bulat, warna hijau lebih terang, ukurannya lebih kecil dari daun peterseli dan seledri. Memiliki aroma langu yang khas. Cita rasa seperti citrus. Biasa digunakan untuk menyedapkan makanan khas Asia (contoh : kari, tomyam, dll) karena aroma unik dan segarnya.

Peterseli

Bentuknya hampir sama dengan seledri, namun ukurannya lebih ramping, keriting, dan bergerombol. Bentuk batangnya melengkung seperti bulan sabit. Permukaan daun kasar dan bergerigi. Aromanya segar dan khas mirip seperti seledri. Biasanya digunakan untuk garnish / topping pada makanan.

 

Seledri

Daun seledri mudah dikenali dan paling dihafal oleh ibu ibu. Bentuk daunnya lancip, lebarn pipih dan berwarna hijau tua. Jika batang peterseli berbentuk bulan sabit, batang seledri bundar dan cenderung halus. Rasanya segar dan renyah, banyak orang lebih menyukai daun seledri ketimbang kedua daun lainnya. Karena cita rasanya segar, daun seledri banyak dicampurkan ke dalam masakan, bahkan bisa dibuat lalapan juga.

Baca :  3 Manfaat Tanaman Calincing Bagi Kesehatan Tubuh

Nah itulah perbedaan ketiga daun yang sering membuat kita bingung. Jangan keliru lagi ya.

 

Manfaat dan Khasiat Cilantro

Cilantro dipercaya memiliki khasiat yang sangat banyak. Ini dikarenakan adanya senyawa bioaktif yang terkandung didalamnya. Selain itu juga memiliki nutrisi yang berguna bagi tubuh kita.

 

Apa saja sih yang terkandung di dalamnya?  Yuk kita lihat uraian di bawah ini (sajian1/2 gelas atau 8 gr) :

 

Senyawa Nilai Nutrisi Percent of RDA
Kalori 1.8 Kkal
Protein 0.2 g
Total Lemak 0 g
Lemak Jenuh 0 g
Omega 6 3.2 mg
Karbohidrat 0.2 g
Serat 0.2 mg
Mineral
Kalsium 5.4 mg
Zat Besi 0.2 mg
Magnesium 2.0 mg
Fosfor 3.8 mg
Kalium 2% DV / 41.6 mg 2
Natrium 3.6 mg
Mangan 2% DV / 0 mg 2
Vitamin
Vitamin A 10% DV / 542 IU 10
Vitamin C 4% DV /2.2 IU 4
Vitamin E 0.2 mg 2
Vitamin K 32% DV / 24.8 mcg 32
Folat 2% DV / 5.0 mg 2
Choline 1.0 mg
Baca :  Waspadai Trigliserida Tinggi Lemak Darah

Tak heran jika cilantro memiliki banyak manfaat jika kita lihat dari kandungan vitaminnya. Kandungan nutrisinya juga cukup banyak dilihat dari mineral yang dikandungnya. Banyak penelitian menunjukkan bahwa cilantro dapat menurunkan kadar gula darah, bahkan membunuh parasit yang hidup di saluran pencernaan.

 

Penting untuk kita tahu apa saja nutrisi dalam makanan kita seperti Cilantro, sehingga kita selalu bisa menyajikan makanan yang tak hanya lezat namun kaya nutrisi dan bergizi.