Toga, Herbal & Kesehatan

5 Macam Manfaat Kacapiring Bagi Kesehatan Serta Pengobatannya

Kacapiring (Gardenia augusta Merr.) adalah tumbuhan yang berasal dari Cina dan Jepang. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias diperkarangan rumah. Tanaman ini dapat tumbuh pada daerah pengunungan dengan ketinggian yang mencapai 400 m dpl dan baru berbuah jika mencapai ketinggian 3.000 kaki dpl.

Di daerah Sumatera tanaman kacapiring ini disebut sebagai meulu bruek, raja putih (Aceh), ceplokpiring (Jawa), sangklapa (Maluku) dan jempiring (Bali). Nama simplisia dari tanaman kacapiring ini adalah Gardeniae Fructus (buah kacapiring).

Baca juga:

3 Manfaat Sambang Getih yang Berguna Bagi Kesehatan Tubuh

Mengobati Disentri dan Mengatasi Kurang Darah Dengan Bayam

Cara Menyembuhkan Diabetes dan Menurunkan Kolestrol Dengan Daun Salam

Di daerah Cina bunga kacapiring digunakan sebagai penambah rasa pada daun teh. Buahnya ini bisa dimakan dan dapat digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan, contohnya seperti kunyit.

Baca Juga :  Hubungan Antara Kurang Tidur dengan Sistem Imun

Rasa buah kacapiring ini pahit, sifatnya dingin, dengan afinitas ke meridian jantung, hati, paru, lambung dan sanjiao. Ternyata buah kacapiring ini berfungsi sebagai pembersih panas dan api, menyejukkan darah, membuang racun dan dapat menghilangkan lembab.

Manfaat kacapiring untuk kesehatan tubuh

Selain itu ada juga manfaat kacapiring untuk kesehatan tubuh Anda. Mau tahu apa saja manfaat kacapiring untuk kesehatan tubuh Anda? Berikut dibawah ini simaklah dengan baik.

01. Mengobati Sariawan

Caranya ialah sediakan daun kacapiring yang masih segar sebanyak 1 genggam dan cucikan sampai bersih. Lalu gilingkan sampai halus dan masukkan ke dalam cangkir, kemudian diseduhkan dengan air mendidih dan ditutup. Setelah dingin, saringkan dan gunakan airnya untuk berkumur. Lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali dalam sehari hingga sembuh.

Baca Juga :  Sehat saat Ibu Hamil dengan Membiasakan Jalan Kaki

02. Mengatasi Demam

Caranya ialah rebuskan buah kacapiring sebanyak 20 gram dengan 3 gelas air, tunggu sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saringkan dan minum air rebusannya sebanyak 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

03. Mengobati Batuk

Caranya ialah sediakan 3 kuntum bunga kacapiring yang masih segar, lalu rebuskan dengan 3 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saringkan dan diminum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. Setiap kali Anda minum tambahkan dengan madu secukupnya.

04. Mengobati Mata Bengkak dan Nyeri

Caranya ialah cucikan buah kacapiring sebanyak 9 gram, bunga krisan sebanyak 9 gram dan 3 gram akar manis. Lalu dipotong-potong seperlunya, kemudian rebuskan semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saringkan dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Baca Juga :  6 Kebiasaan yang Menyebabkan Melemahnya Sistem Imun Tubuh

05. Mengatasi Hepatitis Disertai Kuning

Caranya ialah sediakan 9 gram buah kacapiring dan cucikan sampai bersih, 60 gram herba daun sendok dan rimpang temulawak seukuran 1/2 telapak tangan. Lalu dipotong-potong seperlunya. Kemudian tambahkan dengan 500 cc air dan rebuskan airnya sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saringkan dan minum airnya sedikit demi sedikit. Air yang diminum harus habis dalam sehari. Lakukan cara ini secara rutin hingga sembuh.

Catatan: Bagi Anda yang sedang menderita diare, dilarang minum rebusan buah kacapiring.

Nah, itulah manfaat tanaman kacapiring bagi kesehatan Anda yang berkemungkinan akan bermanfaat bagi Anda. Kalau begitu terima kasih bagi Anda yang telah mengunjungi blog saya.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close