Toga, Herbal & Kesehatan

Manfaat Tanaman Kaktus Pakis Giwang dan Cara Pengobatannya

Manfaat-Tanaman-Kaktus-Pakis-Giwang-dan-Cara-Pengobatannya

Kaktus pakis giwang (Euphorbia milii Ch. des Moulins) merupakan tanaman yang tumbuh di daerah dataran rendah yang ketinggiannya mencapai 2.300 m dpl. Tanaman kaktus pakis giwang ini biasanya dijadikan sebagai tanaman hias di dalam pot, pekarangan dan di taman.

Semak tahunan ini tumbuh tegak, yang tingginya mencapai 1 m, percabangannya rapat dan berbunga sepanjang tahun. Batangnya berbentuk bersegi, warna cokelat kelabu, berduri kasar, tajam, rapat dan bergetah. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, berkumpul di ujung batang, bentuknya bundar, telur sangsang, tepi rata dan berwarna hijau. Bunganya majemuk, keluar dari ketiak daun dan berbentuk payung.

Ternyata seluruh tanaman ini dapat digunakan sebagai obat. Pemakaiannya dalam bentuk segar. Mau tahu apa saja manfaat kaktus pakis giwang bagi kesehatan Anda? Nah, berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat kaktus pakis giwang untuk kesehatan Anda.

Baca Juga :  Bahaya Formalin Pada Buah Impor dan Bahaya Pengawetnya Untuk Kesehatan

01. Mengatasi Bisul dan Radang Kulit Bernanah

Caranya yaitu cucikan daun dan batang kaktus pakis giwang yang masih segar secukupnya. Lalu buang duri-durinya, kemudian gilingkan sampai halus. Selanjutnya tambahkan sedikit gula merah dan tempelkan ramuannya pada tempat yang sakit dan dibalutkan. Ganti 2-3 kali sehari.

Baca Juga :  Melangsingkan Tubuh dan Mengatasi Diare dengan Jati Belanda

02. Mengobati Luka Bakar dan Tersiram Air Panas

Caranya cucikan daun dan batang kaktus pakis giwang sampai bersih secukupnya, lalu dipotong-potong seperlunya, kemudian tambahkan dengan air sampai semua bahan terendam. Selanjutnya direbuskan sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, gunakan air saringannya untuk mencuci dan mengompres luka. Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur sampai lukanya sembuh.

Baca Juga :  Pengertian Kembang Bokor dan Manfaatnya

03. Mengatasi Hepatitis

Cara pengobatannya yaitu cucikan dan potong tipis batang kaktus pakis giwang yang masih segar sebanyak 9-15 gram. Lalu rebuskan dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saringkan dan tambahkan madu secukupnya, setelah itu dibagi untuk 2 kali minum.

Nah, itulah manfaat kaktus pakis giwang bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close