Toga, Herbal & Kesehatan

Apa Kemuning Itu dan Bagaimana Ciri-Cirinya? Simak Disini

Pengertian Kemuning Kemuning atau nama latinnya (Murraya paniculata L) merupakan tumbuhan yang hidup didaerah tropis. Tumbuhan ini merupakan sejenis tanaman liar dan tumbuhan ini bisa tumbuh mencapai 7 meter dan berbunga sepanjang tahun.

Nama Lokal Kemuning

Apa-Kemuning-Itu-dan-Bagaimana-Ciri-Cirinya?-Simak-Disini

Dalam bahasa Nusa Tenggara kemuning ini disebut sebagai kemoning, kemuning dan kajeni, dalam bahasa Bima disebut sebagai kamuni, dalam bahasa Bali disebut kemoning, dalam bahasa Bare disebut kamoni, dalam bahasa Buru disebut kamone, dalam bahasa Ambon dan Ulias disebut sebagai kamoni, dalam bahasa Madura disebut kamoneng, serta dalam bahasa Menado dan Makassar disebut sebagai kamuning.

Kandungan Kemuning

Kemuning memiliki kandungan antara lain bisabolene, P-earyophyllene, cadinene, careen-3, euganol, citronellol, s-guaiazulene, osthole, panicu-latin, tanin, coumurrayin, methyl-anthrani-late, geraniol, serta bisabolone.

Ciri-Ciri Kemuning

Baca Juga :  Gemuk Turun Cepat Bukan Rahasia Lagi, Wanita Ini Buktinya

Ciri-ciri kemuning antara lain adalah:

  1. Memiliki pohon yang kecil, pohonnya bercabang, tingginya 3-8 m, batangnya ini keras, beralur dan tidak berduri.
  2. Daunnya majemuk, bersirip ganjil dan letak daunnya berseling.
  3. Bunganya majemuk, berbentuk tandan, 12-18 mm, warna bunganya ini berwarna putih dan wangi.
  4. Buahnya berbentuk seperti telur, memiliki panjangnya yang mencapai 8-12 mm, berdaging dan berbiji dua dan berwarna merah.

Manfaat Kemuning Untuk Kesehatan

Kemuning ini memiliki manfaat untuk kesehatan antara lain mengobati diare, mengobati perut kembung, mengobati penyakit diare, mengobati penyakit gonorrhoe, menyembuhkan sakit gigi, mengatasi lemak tubuh yang berlebihan, mengobati bisul, mengatasi keseleo, serta dapat mengobati rematik dan sakit pinggang dan dapat menyembuhkan gigitan serangga.

Baca Juga :  Pengertian Sirsak Serta Cara Menyembuhkan Asam Urat

Manfaat Kemuning Untuk Kecantikkan

Selain itu kemuning juga memiliki manfaat untuk kecantikkan antara lain mengatasi memar diwajah, serta kemuning juga dapat mengobati bisul, luka, eksim dan rasa gatal-gatal yang timbul pada wajah.

Cara Alami Menyembuhkan Bronkitis dan Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Kemuning ini juga dapat menyembuhkan bronkitis dan mengobati infeksi saluran kencing. Cara menyembuhkan bronkitis dengan menggunakan kemuning antara lain cuci daun kemuning terlebih dahulu hingga bersih, lalu rebuskan atau rendamkan daun kemuning tersebut dengan menggunakan arak, kemudian diminumlah. Lakukanlah cara ini secara rutin.

Dan cara untuk mengobati infeksi saluran kencing dengan menggunakan kemuning antara lain cuci daun kemuning terlebih dahulu hingga bersih, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai airnya mendidih, kemudian adukkan sampai merata, diamkan hingga airnya tersisa menjadi setengah gelas, kemudian angkat dan dinginkan, lalu saringkan airnya dan ambil airnya, kemudian  minumlah. Lakukanlah cara ini secara rutin dengan minum setengah gelas, tiga kali sehari.

Baca Juga :  Menghilangkan Kulit Kaki yang Kering dan Bersisik Dengan Cara Alami

Nah, itulah pengertian dari kemuning serta kandungannya, ciri-ciri dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikkan anda. Ada juga cara alami untuk menyembuhkan bronkitis dan mengobati infeksi saluran kencing dengan menggunakan kemuning. Semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya dan selamat mencoba dirumah, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close