Kesehatan

Tips Penuhi Kebutuhan Air 8 Gelas dalam Sehari

Kebutuhan minum air sehari 8 gelas

Sebagian besar tubuh tersusun atas cairan. Oleh karena itu cairan atau air penting untuk diperhatikan. Kenali tanda-tanda dehidrasi dan cara mengatasinya. Kekuranga cairan atau biasa disebut dengan dehidrasi menyebabkan bahaya bagi tubuh. Apa salahnya ketika kita membantu kerja tubuh dengan memenuhi kebutuhan cairannya. Ketika kebutuhan cairan terpenuhi makan kita adan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan.

 

Manfaat Konsumsi Air Putih

 

  1. Kontrol Berat Badan

Air putih merupakan alat terbaik dalam mengontrol berat badan. Kenapa? Karena air putih dapat mengganti minuman yang tinggi kalori, seperti softdrink dan alkohol. Air putih adalah minuman yang rendah kalori, gla, dan karbohidrat. Ketiga komponen itu menyebabkan tubuh kita menjadi lebih gemuk. Seringlah minum ketika lapar, karena yang sebenarnya terjadi adalah haus. Ketika kekurangan air, tubuh mengirimkan sinyal lapar, padahal yang dirasakan adalah haus.

Baca juga:

10 Tanda Tubuh Kekurangan Cairan

Dahsyatnya Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Cara Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami

 

  1. Energi

Mengalami dehidrasi dapat meresap energimu dan menjadikan kamu merasa lelah. Ketika kamu merasa haus, pada saat itu tubuhmu sudah dehidrasi. Jadi minumlah sebelum merasa haus. Dehidrasi akan menuntun tubuhmu untuk merasa lesu, nyeri otot, pusing, dan gejala lainnya.

Baca Juga :  Awas Berbagai Penyakit Kala Musim Hujan

 

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Gejala dehidrasi lainnya adalah sakit kepala. Sebenaranya, ketika merasa sering sakit kepala itu menandakan bahwa kamu tidak cukup minum. Dengan sering minum kamu akan mengatasi sakit kepala secara alami tanpa mengkonsumsi pil obat. Mungkin banyak penyebab sakit kepala, namun kebanyakan orang sakit kepala karena dehidrasi.

 

  1. Kulit Sehat

Minum air yang cukup dapat membersihkan kulitmu dan menjadikan kulitmu lebih bersinar dan segar. Komitmen minum air putih yang cukup selama seminggu, lihat apa yang terjadi pada kulitmu. Kamu akan liat perubahnnya dan efeknya.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sistem pencernaan membutuhkan sejumlah air untuk mencerna makanan dengan baik dan tepat. Seringnya, air putih dapat membantu mengatasi masalah asam lambung. Bersama dengan serat, air dapat mengatasi simbelit.

 

  1. Ginjal Sehat

Air putih merupakan pembersih terbaik untuk mencuci ginjal kita. Air akan membantu tubuh untuk membilas racun dan sampah yang diproduksi tubuh. Semakin sering tubuh mengkonsumsi air, maka fungsi ginjalmu menjadi lebih baik.

 

  1. Olahraga yang Sehat

Kita sudah tahu pentingnya minum air putih setelah berolahraga, tapi tahu kah kamu dehidrasi dapat menghambat workout? Perlahan memperlambatmu dan menjadikan workout lebih keras. Jadi waktu terbaik minum air adalah 2 jam sebelum melakukan workout atau olah raga lainnya, tentunya selama dan setelah workout juga mengkonsumsi air putih.

Baca Juga :  10 Tanda Tubuh Kekurangan Cairan

 

Itulah ketujuh manfaat yang akan kita capai ketika kebutuhan cairan terpenuhi. terkadang kita lupa bahwa kebutuhan air dalam sehari adalah 8 gelas, bahkan sering kali kita mengabaikan apalagi kalau sedang sibuk. Agar kebutuhan air terpenuhi ikuti jadwal minum air di bawah ini ya..

 

  1. Pagi Hari – Setelah Bangun Tidur – 2 Gelas

Setelah bangun tidur, perut masih dalam kondisi kosong, minumlah 2 gelas air putih. Kamu bisa minumnya secara bertahap, tidak langsung 2 gelas sekaligus. Rutinitas ini akan berdampak baik bagi tubuhmu, keuntungannya :

  • Menyingkirkan racun dalam tubuh
  • Rehidrasi otak
  • Merangsang sistem pencernaan
  1. Satu Jam Setelah Sarapan – 1 Gelas

Umumnya setelah makan kamu akan langsung minum air. Tapi itu salah, ada baiknya menunggu 1 jam setelah sarapan baru minum air 1 gelas. Minum air putih 1 jam setelah sarapan memiliki manfaat:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menetralisir pH
  • Melumasi sendi dan tulang rawan
  1. Setengah Jam Sebelum Makan Siang – 1 Gelas

Manfaatnya antara lain :

  • Membakar lemak berlebih
  • Meningkatkan metabolisme untuk 30-40 menit setelahnya
  • Baik untuk pencernaan
  1. Satu Jam Setelah Makan Siang – 1 Gelas

Manfaatnya antara lain :

  • Mencegah penuaan dini
  • Meningkatkan produksi sel darah merah dan otot
  1. Siang Hingga Petang – 2 Gelas

Sekitar 6-7 jam antara makan siang dan makan malam adalah waktu yang tepat untuk tetap mengkonsumsi air putih. Tidak harus sekali minum 2 gelas, tapi bisa bertahap. Pada waktu-waktu ini biasanya kamu akan merasa sangat harus dan lapar. Manfaat rutinitas ini antara lain adalah:

  • Mencegah makan berlebih
  • Mengurasi resiko kanker usus
  • Membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh
  • Mencegah simbelit
  1. Setengah Jam Sebelum Tidur

Manfaatnya antara lain :

  • Mengisi kembali cairan yang telah hilang
  • Menghindari strok dan serangan jantung
  • Tidur menjadi lebih nyenyak.
Baca Juga :  Jus Jahe Bikin Sehat dan Banyak Khasiat

Nah itu sebagian Tips Penuhi Kebutuhan Air 8 Gelas dalam Sehari. Mulai sekarang kamu bisa mengikuti jadwal seperti contoh di atas. Tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Lihat apa yang terjadi setelah kamu mengkonsumsi air putih secara rutin. Untuk menghindari kebosanan, ketika malam hari atau bagi hari kamu bisa menggantinya dengan infused water. Sebagai variasi agar tidak bosan dengan rutinitas ini.

 

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
Close