Toga, Herbal & Kesehatan

Mau Lebih Tau Lagi Tentang Apa Itu Bayam Duri? Baca Disini

Bayam duri atau nama latinnya (Amaranthus spinosus. Linn) merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam familia Amaranthaceae. Tmubuhan ini merupakan tumbuhan yang hidup liar dikebun-kebun, tepi jalan, ataupun tanah kosong yang terlantar.

Tanaman ini mempunyai batang yang lunak dan basah yang tingginya mencapai 1 meter dan tanaman ini dapat tumbuh dengan baik ditempat-temoat yang cukup sinar matahari dengan suhunya yeng mencapai 25-35 Celcius. Tanaman ini berasal dari Amerika Tropika.

Mau-Lebih-Tau-Lagi-Tentang-Apa-Itu-Bayam-Duri?-Baca-Disini

Kandungan yang terdapat dalam bayam duri antara lain protein, mineral, kalsium, fosfor, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, karbohidrat, rutin, kalium nitrat, amanrantin, vitamin A, vitamin K, piridoksin, serta garam-garam fosfat.

Ciri-ciri tanaman bayam duri ini antara lain memiliki akar tunggang, bentuk batang tanaman bayam duri ini kecil berbentuk bulat, lunak dan berair, warna batangnya merah kecokelatan, bagian pangkal polos, bagian atas sedikit berambut, kerapkali bercabang banyak dan berduri, memiliki daun tunggal, bentuk daunnya ini menyerupai belahan ketupat yang berwarna hijau, bunganya ini berbentuk bunga bongkol dan warna bunganya hijau keputihan.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami

Manfaat Bayam duri untuk Kesehatan 

Manfaat bayam duri untuk kesehatan antara lain mengatasi sakit tenggorokan, mengobati disentri, mengatasi keputihan, mengobati sakit gigi, mengobati kencing nanah, mengobati TBC kelenjar, mengatasi kencing tidak lancar, memproduksi ASI, menambah darah, mengobati eksim dan bisul, serta dapat mengatasi gangguan pernapasan dan bronkitis.

Selain itu, bayam duri ini juga memiliki manfaat untuk kecantikkan antara lain menyembuhkan jerawat, anti penuaan, bermanfaat sebagai tabir surya, mestimulasi pertumbuhan rambut, serta dapat memperbaiki kulit yang rusak.

Baca Juga :  Manfaat Tanaman Sangitan Untuk Menyembuhkan Penyakit


Cara untuk menyembuhkan radang saluran napas 

Oh ya, ada juga cara untuk menyembuhkan radang saluran napas dan dapat meredakan demam dengan menggunakan daun bayam duri. Cara untuk menyembuhkan radang saluran napas dengan menggunakan bayam duri ini caranya adalah cuci daun bayam duri dulu hingga bersih, lalu tumbukkan sampai halus, kemudian tuangkan dengan air yang sudah matang, tambahkan dengan garam secukupnya, lalu adukkan hingga merata, kemudian diperas dan disaringkan, setelah disaring ambil airnya, kemudian diminum. Lakukan cara ini dengan rutin dengan meminumnya dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore.

Baca Juga :  Cara Menyembuhkan Sariawan, Batuk dan Bau Badan Dengan Menggunakan Temulawak


Cara untuk meredakan demam

Cara untuk meredakan demam adalah sediakan daun bayam duri, lalu cucikan hingga bersih daun bayam duri tersebut, kemudian tumbukkan daun bayam duri tersebut dan campurkan dengan telur ayam kampung sampai halus, lalu tuangkan dengan air, kemudian adukkan hingga rata, setelah itu kompreskanlah pada dahi kepala.

Nah, itulah pengertian dari bayam duri serta ada juga kandungan, ciri-cirinya dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikkan. Ada juga cara menyembuhkan radang saluran napas dan meredakan demam dengan meggunakan bayam duri. Semoga akan bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba dirumah, terima kasih.

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close