Pertanian

Manfaat Kesehatan Buah Blewah (Garbis) Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Isotonik Alami pada Buah Garbis

Buah yang satu ini memang sangat nikmat bila disajikan sebagai campuran es pada saat hari panas. Setelah seharian terpapar sinar matahari, hal yang paling menyenangkan memang mengonsumsi makanan atau minuman yang segar. Buah-buahan misalnya diantara sekian jenis buah, blewah pilihannya.

Menurut Rr. Harudiyati, Ahli gizi dari RS Dr. Soetomo Surabaya, salah satu manfaat blewah adalah mengganti cairan tubuh. Blewah mengandung isotonik alami dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Blewah sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga ataupun setelah melakukan perjalanan, cocok juga bari orang yang berbuka puasa agar kesehatan mereka cepat pulih.

Baca Juga :  Jadi Jutawan, Bertani Singkong

Baca juga:

Panen Melon Melimpah Hasil dari Teknik Menanam dengan Cara Organik

Cara Budidaya Menanam Melon Merah dengan Pupuk Petroganik

Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan

Selain itu Blewah memiliki nama latin Curcumis melon dan memang merupakan sejenis melon. Manfaat dari buah ini meningkatkan kekebalan tubuh, Vitamin A dan C dalam blewah bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.  Beta-karoten pada blewah terdapat  antioksidan yang  bisa menangkal berbagai penyakit. Juga mampu untuk menyehatkan mata, dengan kandungan vitamin A yang tinggi, juga bisa menyehatkan indera penglihatan.

Vitamin A juga berguna untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Vitamin C sangat  membantu sintesis kolagen pada kulit. Vitamin C yang tinggi  blewah bisa menurunkan kolesterol buruk (LDL) dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C dapat mencegah pembekuan pada darah dan  dinding kapiler menjadi kuat. Konsumsi blewah bisa membantu pencernaan dan baik untuk kesehatan saluran urin, serta mencegah infeksi pada saluran kemih. Hal ini didapat dari kandungan vitamin A  dan serat makanannya.

Baca Juga :  Meningkatkan Produktivitas Bawang Daun Perlu Dilakukan Pemilihan Bibit Unggul

 

Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti beta karoten, vitamin C dan asam folat dapat berisiko terkenan kanker rahim. Namun dalam buah blewah kebutuhan Anda akan 3 nutrisi tersbut sudah bisa terpenuhi. Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah memabntu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru, yang penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Baca Juga :  Cara Budidaya Menanam Semangka Tanpa Biji dan Cepat Panen Menguntungkan

Pada musim panas, waktunya panen raya buah blewah. Di pasar kita bisa menemukan buah tersebut dengan harga yang cukup terjangkau, rata-rata buah belawah dijual dengan harga Rp 6000 per Kg.  mari kita keluarga kita mengenal manfaat buah yang satu ini, karena selain menyegarkan untuk di makan, blewah juga bermanfaat bagi kesehatan.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close