Toga, Herbal & Kesehatan

3 Manfaat Sambang Getih yang Berguna Bagi Kesehatan Tubuh

Sambang getih (Hemigraphis colorata Hall.f.) adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam suku Acanthaceae. Sambang getih ini bisa Anda jumpai dihalaman dan ditaman-taman yang dijadikan sebagai tanaman hias.

Ciri Sambang Getih

1. Tumbuhan terna ini memiliki batang berbaring dan merayap,
2. berbentuk bulat,
3. bercabang,
4. beruas-ruas dan
5. berwarna ungu.
6. Daunnya tunggal, letak berhadapan, bertangkai, helaian daunnya ini berbentuk bulat telur, ujungnya runcing, pangkal rompang, pertualangan menyirip, tepi bergerigi, permukaan atasnya berwarna merah ungu mengilap keabu-abuan dan bagian bawahnya berwarna merah anggur.

Baca Juga :  Apa Kemuning Itu dan Bagaimana Ciri-Cirinya? Simak Disini

Baca juga:

Manfaat Kesehatan Buah Blewah (Garbis) Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengenal Manfaat dan Khasiat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Minuman Terbaik dan Terburuk untuk Penderita Diabetes

Bunganya majemuk, keluar dari ujung batang, berkumpul dalam rangkaian berupa bulir. Mahkotanya berbentuk corong dan berwarna putih. Buahnya kecil, berbentuk lonjong dan berwarna hijau muda. Bijinya kecil, pipih dan berwarna putih.

Bagian tanaman sambang getih ini, yang dapat kita jadikan sebagai obat bagi kesehatan tubuh Anda adalah bagian daunnya saja.

Manfaat tanaman sambang getih bagi kesehatan

Berikut dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa manfaat tanaman sambang getih bagi kesehatan Anda. Jadi simaklah dengan baik dibawah ini.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin yang Harus Kamu Ketahui

01. Mengatasi Disentri

Caranya ialah sediakan 7 lembar daun sambang getih yang masih segar dan cucikan sampai bersih, lalu rebuskan dengan segelas air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saringkan dan minum sekaligus. Lakukan cara ini sebanyak 2 – 3 kali sehari.

02. Mengatasi Air Kemih Sedikit

Caranya yaitu cucikan daun sambang getih yang masih segar sebanyak 20 – 30 gram, lalu rebuskan dengan 2 gelas air selama 25 menit. Setelah dingin, saringkan dan minum air ramuannya sekaligus.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Cara yang Alami

03. Mengatasi Wasir

Caranya ialah cucikan segenggam daun sambang getih yang masih segar, lalu rebuskan dengan 2 gelas air selama 1/2 jam. Setelah dingin, saringkan dan minum ramuannya. Rebus ampasnya sekali lagi untuk diminum pada sore hari.

Nah, bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda semua yang telah membaca artikel ini, terima kasih.

Kata Kunci:

    daun sambang getih,manfaat sambang getih,daun sambang ungu,Kegunaan daun sambang getih,Khasiat sambang,manfaat daun getih getihan untuk kesehatan,Manfaat daun sambang,manfaat daun sambang getih,manfaat sambung getih,

    Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close