Toga, Herbal & Kesehatan

Apa Saja Manfaat Jengger Ayam? Simaklah Disini

Apa-Saja-Manfaat-Jengger-Ayam?-Simaklah-Disini

Jengger ayam (Celosia cristata L.) adalah tanaman yang tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m dpl. Terna semusim ini tumbuh tegak, dengan ketinggian mecapai 60-90 cm dan berbatang tebal serta kuat. Daunnya tunggal, bertangkai dan letak berseling. Bunganya majemuk berbentuk bulir, tebal berdaging, bagian atas melebar seperti jengger ayam jago, berlipat-lipat dan bercabang.

Jengger ayam mengandung kimia yaitu pada bunga mengandung minyak lemak, amaranthin, pinitol, kaempferitrin, sedangkan pada daun mengandung saponin, flavonoida serta pilifenol. Tanaman ini biasanya yang dijadikan sebagai obat adalah bunganya. Keringkan dengan cara di jemur untuk penyimpanan.

Baca Juga :  Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker

Selain itu, tanaman jengger ayam ini juga memiliki macam-macam manfaat bagi kesehatan yang tidak Anda ketahui. Nah, berikut di bawah ini manfaat jengger ayam bagi kesehatan tubuh. Simaklah dengan baik.

01. Mengatasi Perdarahan Rahim

Caranya larutkan bubuk jengger ayam sebanyak 6 gram dalam arak 15 gram. Lalu minum sekaligus sebelum Anda makan nasi. Ingat pantang makan makanan yang amis-amis dan daging babi.

02. Mengobati Keputihan

Caranya sediakan bunga jengger ayam dan sambiloto, masing-masing bahan kering dan sebanyak 15 gram serta sediakan juga daun iler yang masih segar sebanyak 10 lembar. Tambahkan dengan 3 gelas air dan rebuskan sampai airnya tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saringkan dan minum sekaligus sebelum makan. Rebus ampasnya sekali lagi dan minum airnya pada sore hari.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Alami Untuk Memancungkan Hidung? Simak Disini

03. Mengatasi Disentri

Bahan yang harus disediakan adalah 15 gram jengger ayam, 15 gram sambiloto dan 10 gram patikan kebo, masing-masing adalah bahan kering. Lalu tambahkan dengan 3 gelas air dan rebuskan sampai tersisa satu gelas saja. Setelah dingin, saringkan dan minum sekaligus sebelum makan. Kemudian rebus ampasnya sekali lagi, minum airnya pada sore hari.

Baca Juga :  Tips Penuhi Kebutuhan Air 8 Gelas dalam Sehari

04. Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 15 gram bunga jengger ayam, 15 gram herba daun sendok, 30 gram daun kumis kucing dan 20 gram daun sambiloto. Masing-masing semuanya dalam bentuk bahan kering. Lalu cucikan semua bahan sampai bersih dan rebuskan dengan 3 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saringkan dan minum secara rutin 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas. Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur sampai sembuh.

Nah, itulah manfaat dari tanaman jengger ayam yang bisa saya jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close