Toga, Herbal & Kesehatan

Manfaat Tumbuhan Delima Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat-Tumbuhan-Delima-Bagi-Kesehatan-Tubuh

Delima (Punica granatum L.) adalah salah satu jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam famili Lythraceae dan termasuk ke dalam genus Punica. Tumbuhan delima ini di perkirakan berasal dari Iran, namun telah lama di kembangkan di daerah Mediterania.

Buah delima ini memiliki macam-macam warna antara lain delima merah, delima putih dan delima ungu. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air serta dengan air tanah yang tidak terlalu dalam. Tanaman delima ini banyak tanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat ataupun karena buahnya yang dapat di makan.

Catatan: Bagi wanita yang sedang hamil dan anak-anak dilarang menggunakan tumbuhan obat ini.

Selain itu, tanaman delima ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda lho. Berikut di bawah ini jika Anda penasaran apa saja manfaat delima untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi simaklah dengan baik manfaat delima dan cara pengobatannya di bawah ini.

Baca Juga :  Manfaat Cendana Bagi Kesehatan dan Kecantikan

01. Perdarahan

Caranya yaitu rebuskan bunga delima sebanyak 20 gram dengan 3 gelas air bersih, lalu tunggu sampai tersisa separuhnya, kemudian di minum rebusan ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari. Masing-masing 3/4 gelas.

02. Sering Buang Air Kecil

Baca Juga :  Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Mengandung Bahan Kimia

Caranya ialah ambil 1 buah delima yang masih segar serta sudah masak dan ambil isi buahnya serta juga sediakan segenggam kucai dan potong-potong seperlunya. Kemudian rebuskan dengan 3 gelas air, tunggu sampai tersisa separuhnya. Selanjutnya di angkat dan dinginkan. Setelah itu minum rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

03. Mengobati Cacingan

Cara pengobatannya yaitu sediakan akar delima sebanyak 7 gram dan cucikan sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya, kemudian rebuskan dengan 1 gelas air, tunggu selama 15 menit. Setelah dingin, saringkan dan minum air rebusannya sekaligus.

04. Mengatasi Suara Serak dan Tenggorokan Kering

Baca Juga :  Memutihkan Siku dan Lutut Dengan Menggunakan Bahan Alami

Caranya sediakan 1 buah delima yang masih segar dan di belah, lalu ambil isi buahnya dan di kunyahkan, buang bijinya. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari.

05. Mengobati Radang Gusi

Caranya ialah sediakan 7 kuntum bunga delima dengan air bersih, lalu rebuskan denga 1 gelas air bersih, tunggu sampai mendidih. Setelah dingin, saringkan dan gunakan untuk berkumur.

Nah, itulah beberapa manfaat tumbuhan delima yang bisa saya jelaskan. Semoga artikel yang sudah saya jelaskan di atas akan bermanfaat bagi Anda, terima kasih bagi Anda yang telah mengunjungi blog saya.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close