Budidaya Ternak Lebah Madu Secara Modern

Diposting pada

Hewan lebah ini memiliki nama yang bermacam-macam, di jawa lebah dinamakan tawon gung, gambreng. Lain di Sumatera barat disebut dengan labah gadang, gantuang, kabau, jawi dan sebagainya. Di Tapanuli beda sebutan, yaitu harinuan. Kalimantan penyebutan lebah dengan “wani” dan di tataran Sunda orang menyebutkan tawon Odeng.

 

Lebah adalah hewan yang sudah lama terkenal dengan hewan yang menghasilkan madu di alam liar. Kemudian lebah dibudidayakan dengan cara diternakkan, yaiut dengan gelodog kayu dan sekarang menggunakan sistem stup. Dulunya banyak orang mencari madu ke goa-goa, ke lubang-lubang pohon yang tinggi. Selain menghasilkan madu, hewan lebah ini juga menghasilkan produk  yang dibutuhkan dalam dunia kesehatan yaitu royal jelly, pollen, malam (lilin), propolis dan lainnya.

 

Baca juga:

Budidaya Trigona Itama Lebah Madu Lebih Menguntungkan Peternak

Pedoman Budidaya Ternak Lebah Madu

Hama dan Penyakit Ternak Lebah Madu

 

Pusat Ternak Lebah Madu di Dunia

Baca :  Kiat Sukses Beternak Ayam Potong Pedaging Broiler

Sentra peternakan lebah di Indonesia masih ada di sekitar Jawa meliputi daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat yang jumlah produksinya sebesar 3000–3500 Ton dari hasil lebah budidaya. Kalimantan dan Sumbawa adalah sentra lebah di hutan dan sebagian ternak. Sedangkan negara terkenal di dunia penghasil lebah ada di negara CIS (Negara Pecahan Soviet), Jepang, Italia, Australia,  dan Jerman.

 

Macam-macam dan Jenis Lebah Madu

Lebah banyak jenisnya dan hewan ini masuk dalam kelas insekta famili Apini dan genus Apis. Sedang spesiesnya macam-macam, yang terbanyak di Indonesia adalah jenis A. cerana, A. Dorsata A. Florea. Sementara jenis unggulnya sering dibudidayakan yaitu jenis A. Mellifera. Asal – usul penyebarannya terbagi menjadi 4, yaitu :

 

  1. Jenis Apis cerana, banyak menyebutkan asal dari daratan Asia dan menyebar hingga ke Afghanistan, Cina sampai Jepang.
  2. Apis mellifera, jenis ini sering ditemukan di daratan Eropa, misalnya Prancis, Yunani dan Italia serta di daerah sekitar Mediterania.
  3. Jenis Apis Dorsata, adalah paling besar tubuhnya, sedang daerah penyebarannya di sub tropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Philipina dan sekitarnya. Penyebaran lebah Apis Dorsata di Indonesia banyak tersebar di Sumatera hingga Irian .
  4. Apis Florea adalah spesies lebah dengan ukuran terkecil, daerah penyebarannya mulai dari Timur Tengah, India hingga Indonesia. Di Indonesia sering menyebutnya tawon klanceng.
Baca :  Cara Bisnis Ternak Ayam Potong Broiler dan Menguntungkan

 

Berbagai Manfaat  Kesehatan Madu Lebah

Produk yang dihasilkan madu adalah:

  1. Madu merupakan hasil utama yang berasal dari nektar bunga yang diserap oleh lebah, sangat bagus untuk kesehatan, kosmetika dan farmasi.
  2. Royal jelly sangat bermanfaat untuk daya stamina dan penyembuhan terhadap seragan penyakit dalam tubuh kita, banyak digunakan untuk campuran kosmetik, dan campuran obat-obatan.
  3. Bagian Pollen (tepung sari) digunakan untuk campuran obat-obatan / kepentingan farmasi.
  4. Lilin lebah (malam) banyak dibutuhkan oleh industri farmasi dan kosmetika untuk bahan campuran.
  5. Propolis (getah / perekat lebah) bermanfaat untuk penyembuhan luka, penyakit kulit dan membunuh virus influenza.
Baca :  Cara Sukses Budidaya Burung Puyuh Petelur Secara Modern

Manfaat lainnya dari ternak lebah madu ini adalah membantu proses penyerbukan bunga tanaman sehingga mendapatkan hasil maksimal dari proses pertumbuhan bunga / atau buah.

 

Syarat Lokasi Yang Baik untuk Ternak Lebah Madu

Suhu lingkungan sekitar peternakan lebah idealnya adalah 25 derajat Celcius, dalam suhu inilah lebah bisa beraktifitas normal. Suhu di atas 10 derajat Celscius lebah masih bisa beraktifitas. Di lereng pegunungan/dataran tinggi yang suhunya normal (25 derajat C ) masih bagus dibudidayakan. Lokasi yang paling disukai oleh lebah adalah di tempat yang terbuka yaitu lokasi peternakan jauh dari keramaian penduduk dan banyak tersedia makanan utama yaitu bunga dari macam-macam tanaman.

Tinggalkan Balasan