Indeks

Pedoman Teknis Budidaya Ternak Lebah Madu Modern

Budidaya lebah madu sangat berpotensi hasilkan untung besar. Selain madu ini banyak manfaatnya untuk kesehatan, juga potensi bisnisnya sangat luas dan sangat menguntungkan.

 

Persiapan apa saja yang diperlukan untuk memulai budidaya Lebah madu ?

Yang perlu dipersiapkan untuk memulai ternak lebah madu adalah:

  1. Lokasi budidaya Lebah,
  2. Kandang lebah modern (stup), ini bisa anda rakit sendiri
  3. Pakaian khusus untuk keamanan kerja
  4. Peralatan lengkap

 

Syarat penting wajib disiapkan budidaya lebah madu adalah harus disediakan :

  1. Seekor Ratu Lebah dan
  2. Ribuan ekor Lebah pekerja serta lebah kelamin jantan.

Dalam satu kesatuan koloni tidak boleh lebih dari satu ratu lebah, sebab antar ratu bisa disatukan dalam satu tempat maka akan saling membunuh untuk hanya  menjadi pemimpin koloni lebah.

 

Persiapan Sarana dan Peralatan Ternak Lebah Madu

1. Perkandangan

 

Suhu

Perubahan suhu yang baik dalam kandang stup sebaiknya tidak terlalu cepat, maka dari itu ketebalan dinding kandang sebaiknya diperhatikan supaya suhu dalam stup tetap terjaga dan stabil. Yang umum digunakan adalah kayu empuk setebal 2,5 cm.

 

Ketahanan terhadap iklim
Bahan yang bagus yaitu harus tahan terhadap pengaruh hujan, panas, cuaca yang selalu berubah, kokoh dan tidak mudah hancur atau rusak.

 

Konstruksi
Konstruksi kandang cara tradisional yaitu dengan memakai gelodok dari bambu, secara modern sekarang sudah banayak menggunakan stup kotak yang lengkap dengan framenya.

2. Peralatan

Peralatan yang perlu disiapkan antara lain: masker, pakaian kerja dan sarung tangan, pengasap, penyekat ratu, sangkar ratu, sapu dan sikat, tempat makan, pondamen sarang, alat-alat kecil, peralatan berternak ratu dan lain-lain.

 

Demikian tentang Pedoman Teknis Budidaya Ternak Lebah Madu dan di lain waktu kita lanjutkan tentang pembibitan lebah madu beserta perawatan dan Reproduksi dan Perkawinan lebah madu.