Toga, Herbal & Kesehatan

Bolehkah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Madu ?

Manfaat madu untuk diabetes, obat diabetes, kadar gula, jenis madu asli, madu penyembuh

Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi gula, permen, atau makanan manis. Bagaimanapun juga, masalahnya bukan terletak pada gula namun karbohidrat yang dikonsumsi. Karbohidrat tidak hanya ditemukan pada gula, namun juga terkandung dalam madu, sirup, gula putih, gula merah, padi, gandum, bahkan sayuran dan buah. Jika anda penderita diabetes, anda harus membatasi asupan karbohidrat sekitar 45 – 60 gram per makan untuk tetap menjaga kadar gula darah tetap normal.

 

Madu merupakan salah satu sumber karbohidrat, seperti gula. Dalam 1 sdm madu mengandung 17.3 gram karbohidrat, sedangkan 1 sdt mengandung 5.8 gram. Jumlah ini mungkin terlihat sedikit, namun usahakan untuk selalu menyesuaikan dengan asupan karbohidrat anda. Akan lebih baik jika anda mencatat apa saja yang akan anda makan, dan mengetahui jumlah karbohidratnya. Anda bisa mencari tahu dari label makanan atau tabel komposisi makanan. Jika anda sudah tahu berapa banyak karbohidrat yang anda dapatkan, anda dapat memutuskan untuk konsumsi madu atau tidak. Batasilah asupan karbohidrat anda.

 

Baca Juga :  Hidup Sehat Mulai Kurangi Gula Penyebab Diabetes

Baca juga:

Minuman Terbaik dan Terburuk untuk Penderita Diabetes

Hidup Sehat Mulai Kurangi Gula Penyebab Diabetes

Cara Menyembuhkan Diabetes dan Menurunkan Kolestrol Dengan Daun Salam

Budidaya Trigona Itama Lebah Madu Lebih Menguntungkan Peternak

Apakah madu pemanis yang sehat?

Jika dibandingkan dengan gula putih dan sirup fruktosa dari jagung, tentu madu diakui lebih sehat. Selain lebih alami juga melalui proses yang sedikit. Namun madu mengandung karbohidrat yang sama seperti lainnya. Perhatikan tabel berikut :

Baca Juga :  Masker Bahan Kain Yang Aman dan Mengurangi Penularan covid-19
Pemanis

(sdt)

Kandungan karbohidrat (gram)
Gula putih 4.8
Gula merah 4.5
Sirup (jagung) 5.6
Sirup maple 4.5
Madu 5.8

Di sini kita bukan berbicara tentang kualitas sumber gula, namun lebih ditekankan pada jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Itu penting pagi penderita diabetes.

Gula terdiri dari berbagai sukrosa yang berbeda. Ada yang terbentuk dari ikatan glukosa dan fruktosa, tanpa glukosa, atau tanpa fruktosa. Ada berbagai macam bentuk sukrosa. Semua itu masuk dalam kategori karbohidrat dan mempunyai pengaruh pada kadar gula darah dengan cara sama.

 

Separuh bagian madu tersusun atas fruktosa, yang mana ini perlu diperhatikan bagi penderita diabetes. Mengapa? Karena berakibat buruk pada lipid darah, khususnya trigliserida.

Jika anda menyukai madu dan ingin menambahkan pada daftar makan anda agar lebih terasa manis. Tak masalah anda menambahkan madu, asalkan dalam jumlah yang sedikit. Misalnya, anda dapat menambahkan ½ sdt madu ke dalam teh atau oatmeal. Meskipun sangat sedikit, anda akan merasakan cita rasa halus dari madu. Yang terpenting, diabetes anda tetap terkendali.

 

Poin penting yang disimpulkan setelah penjelasan di atas adalah boleh atau tidaknya konsumsi madu tergantung pada seberapa banyak kabohidrat yang sudah anda makan. Jadi sesuaikan dengan pola karbohidrat anda. Jika memang dirasa sudah banyak karbohidrat yang masuk, maka jangan konsumsi madu. Anda bisa mengkonsumsi madu lain kali ketika tidak melebihi asupan karbohidrat.

Baca Juga :  7 Cara Alami dan Mudah Untuk Memanjangkan Bulu Mata
Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close