Toga, Herbal & Kesehatan

10 Tanda Tubuh Kekurangan Cairan

Ciri Orang Kekurangan Cairan dan Dehidrasi

Sebagian besar 66% tubuh manusia tersusun atas air. Setiap organ, jaringan bahkan sell bergantung pada air. Tanpa mengkonsumsi air dalam beberapa hari, manusia akan collapse. Untuk menghindari kekurangan cairan air atau dehidrasi, cukupi kebutuhan air. Khususnya ketika kamu melakukan aktivitas, karena air di dalam tubuh akan berkurang melalui keringat. Banyak orang yang tak memperhatikan bahwa tubuhnya sangat memerlukan air pada waktu itu. Memahami indikasi kekurangan air atau dehidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan.

 

Baca juga:

Tips Sehat Berdasarkan Fase Siklus Haid

Pemanfaatan Bajakah Obat Kanker oleh Masyarakat Dayak Ngaju Sejak Ratusan Tahun

Bajakah Obat Kanker Terbaik Yang Ada di Hutan Kalimantan Suku Dayak

Manfaat Terong Untuk Kesehatan Fungsi Otak dan Jantung

Berikut adalah tanda-tanda tubuhmu membutuhkan air / kekurangan cairan :

 

  1. Pusing dan Sakit Kepala

 

Ketika tubuh kekurangan air, maka aliran oksigen dalam darah yang menuju otak akan berkurang. Oleh karena itu timbullah rasa pusing dan sakit kepala. Terkadang pula dapat menyebabkan migrain. Ketika kamu merasakan migrain atau sakit kepala, daripada meminum pil obat lebih baik konsumsi air. Bisa jadi migrain atau sakit kepala mu disebabkan kekurangan air.

 

  1. Konsentrasi Buruk

 

Otak manusia sebagian besar tersusun atas air. Kekurangan air dalam otak dapat mempengarugi mood dan memori otak. Sehingga kamu akan mengalami kesulitan dalam konsentrasi, mudah melupakan sesuatu, bahkan kesulitan dalam komunikasi. Selain itu dapat menimbulkan kegelisahan dan kelelahan.

Baca Juga :  Apa Saja Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Ginjal? Simak Disini

 

  1. Mulut Kering

 

Kekurangan air menyebabkan mulut menghasilkan ludah yang lebih sedikit dari biasanya, dimana air ludah ini sangat dibutuhkan karena mengandung antibakteri. Ketika air ludah berkurang, maka kondisi ini mendorong adanya bakteri yang berlebih di dalam mulut. Sehingga menyebabkan napas menjadi bau. Dengan berkurangnya air ludah, mulut juga akan terasa lebih kering.

 

 

  1. Simbelit

 

Kehilangan air karena muntah dan diare, kotoran bisa menjadi keras dan mengalami simbelit. Ketiadaan air dalam tubuh akan membawa penyakit asam surut dan mulas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan dan kehilangan air dapat menyebabkan simbelit. Itulah mengapa sangat penting menghidrasi tubuhmu.

 

 

  1. Mengidam Makanan

 

Kapanpun kamu merasakan mengidam makanan, minumlah segelas air putih sebelum makan sesuatu. Karena ketika tubuhmu kekurangan air, tubuhmu akan mengirimkan sinyal salah bahwa kamu lapar, padahal kamu sebenarnya sangat haus.

Keinginan untuk memakan makanan yang asin dikarenakan tubuh kehilangan air dan elektrolitnya. Minum minuman yang mengandung natrium atau infused water dapat mengatasi masalah ini.

Beberapa orang menginginkan susuatu yang manis, hal ini terjadi karena adanya masalah pembentukan glikogen dalam tubuh. Untuk mengatasai masalah ini kamu bisa mengkonsumsi bua yang mengandung air yang tinggi yaitu pepaya, semangkan, atau berri.

Baca Juga :  Siapa Belum Daftar Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN )?

 

 

  1. Produksi Urin Berkurang dan Berubah Warna

 

Ketika kamu jarang pergi kencing, itu menandakan bahwa kamu sedang kekurangan air. Umumnya seseorang akan kencing sebanyak 4-7 kali per hari. Tubuh akan mengeluarkan racun melalui kencing, adanya kondisi yang jarang kencing dapat membahayakan tubuh karena racun yang harusnya dikeluarkan melalui kencing tidak keluar.

Sebagai tambahan perhatikan warna urinmu, karena dapat menjadi patokan kesehatan dan tingkat kekurangan air. Urin yang bening menunjukkan bahwa tubuhmu cukup akan air. Sedangkan urin yang berwarna emas atau coklat menunjukkan bahwa kamu sangat membutuhkan air, karena kebutuhan airmu kurang.

 

  1. Lesu dan Lelah

 

Ketika kamu mersakan lesu dan lelah, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda kekurangan air atau dehidrasi. Ketiadaan air dapat menyebabkan rendahnya sirkulasi darah dan tidak cukupnya supplai oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga akan menyebabkan tubuh mudah lelah dan lesu. Bahkan ketika dehidrasi, tubuh tetap bekerja keras untuk menjamin peredaran darah yang tepat untuk mengedarkan suplemen. Mengingat pentingnya peredaran darah, bantulah tubuhmu untuk terhidrasi secara cukup, pastikan botol air minum selalu di sampingmu.

  1. Nyeri Otot dan Sendi

 

Ketika tubuh membutuhkan air, tulang mulai saling mengetuk antara satu dengan yang lainnya, sehingga menyebabkan nyeri pada sendi. Kekurangan cairan melalui keringat dapat menyebabkan otot kontraksi, timbullah kekejangan otot.

Baca Juga :  Asal Usul Buah Anggur Serta Kandungan dan Manfaatnya

 

  1. Kulit dan Bibir Kering

 

Kulit merupakan organ terbesar manusia, dan tentunya membutuhkan cairan untuk menjaganya agar tetap pada kondisi yang bagus. Kukurangan air atau cairan dapat menyebabkan kulit menjadi breakout, infeksi, dan psorias. Indikasi lainnya adalah bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Kondisi ini mengganggu penampilan anda. Oleh karena itu cukupilah kebutuhan cairan tubuhmu.

 

  1. Detak Jantung yang Cepat

 

Dehidrasi menyebabkan berkurangnya jumlah volume plasma, dimana pada kondisi ini dapat mempengaruhi peredaran darah dan detak jantung tubuh. Kekurangan cairan menyebabkan perubahan elektrolit dalam tubuh dan regangan peredaran darah. Kondisi ini dapat menyebabkan kepanikan atau kecemasan.

 

Bagaimana Cara Menghindari Dehidrasi ?

 

  1. Minum air atau cairan lainnya dengan cukup dan konsisten.
  2. Mulai harimu dengan segelas air dan minum segelas air sebelum mulai makan.
  3. Selalu membawa botol air kemanapun kamu pergi.
  4. Selain air, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan cairan.
  5. Hindari sejenis minuman alkohol dan kafein.
  6. Ketika mengalami demam, diare, dan muntah, minumlah banyak air.
  7. Kombinasikan air dengan buah menjadi infused water.

Demikian 10 Tanda Tubuh Kekurangan Cairan yang kita bahas hari ini. Pastikan tubuhmu tersuplai cairan yang cukup sehingga aktivitasmu tidak terganggu oleh dehidrasi.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close