Penelitian Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Otak

Diposting pada

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Otak. Cokelat lebih banyak manfaat bagi kesehatan daripada olahraga, khusunya kesehatan pada otak. Studi terkini dipublikasian oleh sekelompok ilmuwan dari Universitas Columbia dan Universitas New York  menemukan bahwa cokelat memiliki kaitan dengan peningkatan aliran darah di daerah otak dan fungsi memori.

 

 

Penelitian Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Otak

Para ilmuwan ini memberi sejumlah relawan berusia 50 sampai 69 tahun minuman yang telah diekstrasi dengan bubuk kakao atau coklat. Selang waktu tiga bulan, setengah dari peserta diberikan dosis rendah dan separuhnya lagi diberikan dengan dosis yang lebih tinggi. Hasil penelitian, dari mereka yang menerima dosis tinggi ternyata memiliki memori yang lebih baik daripada mereka yang diberikan dosis rendah.

Baca :  Asal Usul Buah Anggur Serta Kandungan dan Manfaatnya

 

Baca juga:

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Imun dan Mencegah Infeksi Penyakit

TOP 10 Jenis Makanan Kaya Zat Besi Kaya Manfaat Sehat

 

Sayangnya, beberapa ahli telah mengomentari bahwa hasil penilitian telalu bagus untuk menjadi kenyataan. Gary L. Wenk dari Universitas Oxford mengatakan pada kenyataanya seseorang harus memakan cokelat dalam jumlah yang banyak untuk mendapat hasil seperti penelitian tersebut.

Baca :  Resep Nugget Pisang Crispy, Cemilan Pisang Jaman Now

Jadi berapa banyak cokelat yang harus seseorang makan untuk mencapai hasil seperti itu? Relawan dalam penelitian diberikan satu gram flavanols setiap hari selama tiga bulan. Ini sama saja dengan memakan satu kilo gram kakao bubuk mentah atau 44 pon permen cokelat setiap harinya.

Universitas Colombia dan Universitas New York bukanlah yang pertama kali menunjukkan manfaat cokelat untuk kesehatan. Penelitian sebelumnya yang diterbitkan Jurnal Nutrisi menemukan bahwa sejumlah kecil cokelat dapat mengurangi penyakit jantung./republika.co.id/ Editor: Casilda Amilah