Toga, Herbal & Kesehatan

TOP 10 Jenis Makanan Kaya Zat Besi Kaya Manfaat Sehat

Sumber Suplemen Kaya Zat Besi Untuk Tubuh

Zat Besi merupakan salah satu mineral esensial yang dibutuhkan untuk menunjang fungsi tubuh dengan benar. Zat besi adalah salah satu komponen dalam hemoglobin yang berperan dalam pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga salah satu bagian dari beberapa enzim dan protein dalam tubuh.

Tentunya ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem imun dan berkontribusi dalam jalur detoksifikasi obat di dalam hati. Sumber zat besi dapat diperoleh dari hewan maupun tumbuhan. Karena perannya yang sangat penting itu, manusia membutuhkan zat besi. Kekurangan zat besi tak baik, begmengandung zat besi itu pula dengan kelebihan zat besi, maka konsumsilah sumber zat besi sesuai dengan kebutuhan zat besi berdasarkan umurnya dan jenis kelaminnya.

 

Baca juga:

Konsumsi 5 Jus Sehat Ini Selama Kehamilan

Minuman Sehat, Khasiat Infused Water Beserta Kombinasinya

Apakah Gula Merah Aman Bagi Penderita Diabetes?

Cara Menyembuhkan Diabetes dan Menurunkan Kolestrol Dengan Daun Salam

Tips Cara Tekanan Darah Tinggi Anda Turun Tanpa Obat

 

Sebagai referensi untuk memenuhi kebutuhan suplemen zat besi tubuh kita, inilah 10 sumber makanan yang kaya akan zat besi :

 

KERANG

kerang ataupun tiram merupakan sumber zat besi terkaya diantara seafood lainnya. 20 kerang kecil mengandung 53 mg zat besi atau 295% AKG/DV (daily value) zat besi. Gurita mengandung sekitar 32% DV. Jika kamu seafood lover, maka kerang adalah pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan zat besi mu.

Takaran saji per 100 gr mengandung 28 mg.

 

HATI

Hati ayam, sapi, dan kalkun mengandung zat besi yang melimpah. Terutama hati sapi, kandungan zat besinya cukup tinggi yaitu 6.1 mg per 100 gr takaran saji. Namun, hati juga mengandung lemak dan kalori.

Baca Juga :  Khasiat Buah Nanas Dalam Pengobatan Herbal

Takaran saji per 100 gr mengandung 23 mg.

 

BIJI LABU

1 cup biji labu mengandung 34 mg dimana dapat memenuhi 188% DV. Penelitian menunjukkan bahwa biji labu dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Biji-bijian lainnya yang cukup tinggi mengandung zat besi adalah wijen (23% DV) dan biji bunga matahari (11%). Inilah alasan mengapa kamu haru memakan biji labu sebagai cemilan.

Takaran saji per 100 gr mengandung 15 mg.

 

KACANG-KACANGAN

Cemilan yang satu ini merupakan sumber zat besi yang baik. 1 oz (28.35 gr) mengandung 7.8 mg atau 43% DV zat besi. Jenis kacang lainnya, yaitu kacang hazel, almond, dan kacang tanah mengandung sekitar 7% DV. Konsumsi kacang-kacangan ini tidak hanya mencukupi zat besi, namun juga mendapatkan bonus lainnya yaitu lemak tak jenuh untuk jantung sehat.

Takaran saji per 100 gr mengandung 6.1 mg.

 

DAGING DAPI DAN DOMBA

Per 100 gramnya mengandung 3.1 mg atau 21% DV zat besi. Sedangkan 3 oz daging domba menyediakan 13% DV zat besi. Mengkonsumsi daging merah dapat mengurangi kemungkinan terjadinya anemia. Daging mengandung heme – iron (zat besi yang terdapat dalam hemoglobin dan myoglobin) yang mudah diserab oleh tubuh. Selain itu dapat membantu seseorang yang kadar kolestrolnya rendah.
Takaran saji per 100 gr mengandung 3.7 mg.

KEDELAI

Kedelai merupakan sumber zat besi yang baik, namun juga mengandung asam fitat yang dapat mengganggu penyerapan zat besi. Untuk mengatasi hal ini diperlukan merendamnya di dalam air hangat sepanjang malam sebelum dimasak. Segelas kedelai mengandung 8.8 mg zat besi. Sedangkan kedelai hitam 20% DV setiap segelasnya. Kedelai hitam juga merupakan sumber molibdenum yang dibutuhkan untuk pemanfaatan zat besi dan fungsi enzim.
Takaran saji per 100 gr mengandung 3.7 mg.

Baca Juga :  Merawat Kuku Hingga Mengkilap Dengan Bahan Alami

 

PADI, GANDUM, DEDAK, DAN SEREAL

Selain mengandung zat besi juga mengandung asam fitat yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Bisa diatasi dengan merendamnya atau difermentasi sebelum dimasak. Gandum merupakan padi-padian yang paling banyak mengandung zat besu sebesar 2.8 mg atau 15% DV per 1 cup/gelas. oats dan oatmeal juga sumber zat besi yang cukup baik, mengandung 4.7 mg per 100 gr. Namun karena terlalu banyak mengandung asam fitat yang tidak bisa dikurangi dengan direndam ataupun fermentasi, alangkah lebih baik mengkonsumsi oatmeal dalam bentuk oatmeal yang sudah diperkaya. Padi dapat memenuhi 11% DV. Sepotong roti gandung mengandung sekitar 0.9 mg atau 6% DV zat besi. Alangkah lebih baik jika tidak dikonsumsi dengan suplemen zat besi, sehingga menjadikan makanan ini sumber zat besi yang baik.
Takaran saji per 100 gr mengandung 1.5 mg.

 

SAYURAN

Sayuran seperti bayam, kubis, dll merupakan sumber zat besi serta vitamin C, di mana vitamin C ini dapat meningkatkan penyerapan zat besi . 1 cup bayam matanga mengandung 6 mg atau 36 % DV zat besi. Lobak hijau matang mencukupi 16% DV zat besi. Bit hijau mentah mencukupi 5% DV zat besi. Di sisi lain sayuran ini juga mengandung oksalat yang cukup tinggi, yang mana dapat menghambat penyerapan zat besi serta cenderung mengeluarkan zat besi dari tubuh.
Takaran saji per 100 gr mengandung 3.6 mg.


DARK CHOCOLATE DAN BUBUK KAKAO

Baca Juga :  Ini Dia Manfaat Jombang Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Dark chocolate dapat diolah menjadi beberapa makanan yang banyak digemari, sebagian besar penggemarnya adalah wanita. 1 kotak dark chocolate mengandung 5 mg atau 28% DV zat besi, sedangkan 1 cup bubuk kakao mengandung 23 mg atau 128% DV zat besi. Selain menjadi makanan penutup yang banyak digemari, dark chocolate dan bubuk kakao dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan kolestrol yang rendah.
Takaran saji per 100 gr mengandung 17 mg.

TAHU

Tahu sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, selain harganya murah juga dapat dikreasikan menjadi beberapa masakan yang lezat. 1 cup tahu padat mengandung 3.4 mg atay 19% DV zat besi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi tahu dapat mencegah kanker payudara. Bagi vegetarian, tahu dapat menjadi pengganti daging sebagi sumber protein. Tips konsumsi tahu dengan tepat adalah tidak menambahkan sumber kalsium dalam masakan olahan tahu, karena kalsium dapat mengganggu penyerapan non-heme zat besi.
Takaran saji per 100 gr mengandung 2.7 mg.

Demikian TOP 10 Jenis Makanan Kaya Zat Besi yang kami uraikan. Semoga menambah wawasan untuk cermat dalam memenuhi kebutuhan zat besi tubuh kita, sehingga tidak ada lagi anggota keluarga kita yang mengalami anemia Moms..

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close