Bermodalkan Rp 200.000, Wahyu Sukses Berbisnis Jahe Merah

cara menanam jahe merah cepat panen

Bermodalkan Rp 200, Wahyu bisa sukses berbisnis Jahe Merah. Semenjak kecil Wahyu bercita-cita ingin sukses sebagai wirausahawan. Pemuda asal Wonorejo, Kabupaten Sragen ini berkat kegigihannya berhasil mendirikan usaha pembibitan jahe merah. Keterbatasan pendidikan formal tidak berkecil hati bersemangat merubah taraf hidupnya.

Mantan pengangguran yang sudah menjadi wirausahawan ini mengaku bisnisnya diawali oleh kedua orang tuanya yang tidak mampu untuk membiayai sekolahnya hingga tamat. Hal tersebut menjadikan keputusan teguhnya ingin menjadi wirausaha.

 

Namun, cita-cita kuatnya terhalang akan pengetahuan tentang cara budidaya jahe. Seketika itulah, dia berniat dan datang ke perpustakaan di daerahnya untuk banyak membaca dan memanfaatkan layanan komputer dan internet.

Baca :  Jamur Tiram Ampuh Atasi Diabetes

“Saya memanfaatkan layanan internet di perpustakaan dan mendapat ide untuk membuka usaha pembibitan jahe merah. Banyak hal yang saya pelajari tentang jahe merah lewat internet, mulai dari cara memilih bibit yang bagus dan bagaimana cara pembibitan yang baik,” papar Wahyu seperti dilansir Okezone.com.

 

Setelah beberapa kali ikut pelatihan, akhirnya dia meminta modal kepada kedua orang tuanya. Berbekal Rp200 ribu, dia membeli bibit jahe merah untuk dibudidayakan.

“Saya belikan buat budidaya jahe merah sebanyak 100 polybag, malah mati semua pas saya tanam satu bulan. Saya pergi ke perpustakaan lagi cari tahu tentang jahe merah, akhirnya saya beli dengan bibit 3 kg dengan uang Rp 50 ribu ternyata sebulan bagus sekali hasil bibitnya,” jelasnya.

Baca :  Panen 2X Lipat, Berikut Cara Boster Pemupukan Budidaya Jahe

 

Keberhasilan pembudidayaan bibitnya tersebut, membuat dirinya memberanikan diri untuk mengiklankan produknya di internet. Iklannya ternyata direspon baik oleh para petani jahe merah di beberapa kota di Indonesia.

“Saya iklankan di internet, setelah dua jam sudah ada pesanan dari Purwodadi dan Purworejo,” imbuh dia.

Baca :  Cara Budidaya Jahe Cepat Panen Kualitas Ekspor

“Konsumsi di pasaran Rp15 ribu, beli bibit di petani Rp12 ribu jualnya Rp22 ribu, ambil Rp10 ribu tiap kilogram. Sebulan bisa mendapatkan omzet penjualan Rp3-8 juta per bulan,” tambahnya.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, dengan membeli bibit jahe merah dari petani sekira Rp 12 ribu namun dirinya mengambil keuntungan Rp10 ribu tiap kilogramnya.

Jalan kesuksesan selalu ada dalam kekuatan motivasi dan kerja keras, seperti halnya Wahyu seorang wirausaha jahe merah, so anda juga berkesempatan saat ini untuk sukses (as)

key: