Toga, Herbal & Kesehatan

Tips Mencuci Buah dan Sayur dengan Tepat juga Sehat dan Bebas Pestisida

Bagaimanakah cara membersihkan buah sayur bebas penyakit, bakteri dan virus

Mencuci buah dan sayur adalah langkah yang paling penting dalam tahap persiapan memasak. Apa lagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah atau tanpa proses memasak. Proses pencucian merupakan langkah pertahanan terhadap penyakit menular atau paparan pestisida yang dapat menyebabkan kanker.

 

Sayur maupun buah organic juga harus dicuci sebelum dikonsumsi. Karena tanaman pun memproduksi pestisida alami untuk melindungi dirinya. Selain untuk menghilangkan pestisida, tahap pencucian juga bertujuan untuk membersihkan sisa tanah yang masih menempel.

 

Baca juga:

Tips Tepat Menyimpan Buah agar Lebih Tahan Lama

Ini Lho Cara Cerdas Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar

Bahaya Formalin Pada Buah Impor dan Bahaya Pengawetnya Untuk Kesehatan

5 Resep Jus Sederhana untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Mencuci sayur dan buah tidaklah rumit, tidak harus menggunakan sabun khusus sayuran. Sebuah penelitian mengungkap bahwa mencuci sayur dan buah dengan air mengalir sama efektifnya mencuci dengan sabun khusus. Sekitar 98% bakteri hilang di tahap pencucian. Jadi sangat penting dilakukan untuk menghindari infeksi.

 

Laman Juicing With G memberikan tips sederhana dalam mencuci sayur dan buah yang tepat :

1. Tambahkan sedikit cuka

Sayur dan buah mengandung banyak pestisida alami maupun buatan. Bahkan ada beberapa jenis tertentu yang mengandung pestisida lebih banyak dari pada jenis lainnya.

Baca Juga :  Perbedaan JKN , BPJS , ASKES dan JAMSOSTEK

Tambahkan sedikit cuka dalam air yang digunakan untuk mencuci sayur dan buah. Rendamlah beberapa saat. Cuka mengandung asam asetat yang dapat membunuh kuman. Selain itu juga dapat membersihkan pestisida yang masih menempel. Teknik ini cukup sederhana, murah, serta aman untuk makanan.

 

2. Peras sedikit lemon

Lemon merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri karena sifat keasamannya. Misalnya, membunuh bakteri E. coli. Tambahkan sedikit air lemon ke dalam air meningkatkan peforma dalam menghilangkan bakteri yang menempel.

Pastikan membilas dengan baik untuk menghindari cita rasa dari lemon.

 

3. Hindari menggunakan sabun cuci piring

Sabun cuci piring cenderung mengandung bahan kimia yang bertujuan untuk melarutkan lemak dan membunuh kuman pada permukaan alat makan dan masak. Berbeda dengan bahan makanan yang mudah menyerap air atau bahan lainnya.

Mencuci dengan sabun cuci piring, dapat memungkinkan untuk sayur dan buah menyerap bahan yang terkandung dalam sabun. Dan tentunya ini berbahaya untuk dikonsumsi.

Baca Juga :  Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda

 

4. Buanglah lapisan terluar

Sebelum mencuci lakukan pengecekan, apakah ada bagian yang busuk, kuning, atau layu. Jika ada buanglah terlebih dahulu. Setelah itu anda dapat merendamnya dalam larutan air dan cuka.

 

5. Menggunakan sabun khusus makanan

Jika anda ragu dengan hanya menggunakan air, anda dapat menggunakan sabun khusus. Namun pastikan membaca tabel komposisinya, pastikan food grade dan aman.

 

6. Bilas sampai bersih

Jika anda membeli produk organic, perlu juga untuk dibilas dengan air mengalir. Meskipun bebas dari bahan kimia, namun masih ada sisa tanah yang menempel. Sumber penyakit seperti E. coli mungkin saja tumbuh pada tanah. Pastikan membilas setiap daun dengan baik dan tepat.

 

7. Gunakan sikat food grade

Jika anda membersihkan sayur dan buah misalnya apel atau pear yang permukaannya keras, gunakan sikat food grade untuk menggosoknya. Gunakan sikat yang lembut dan lentur agar semua bagian bisa terjangkau. Menggunakan sikat yang kaku dapat merusak permukaan sayur dan buah.

 

8. Hindari memotong atau mengupas sebelum mencuci

Jika dipotong atau dikupas terlebih dahulu, dapat meningkatkan resiko masuknya bakteri dari kulit ke bagian dalam sayuran dan buah. Itu juga membuat anda melakukan 2 kali kerja.

Baca Juga :  Pengobatan Asam Urat Sembuh dengan Suruhan

 

9. Cuci tangan dan peralatan dapur

Sebelum melakukan persiapan, pertama pastikan tangan anda bersih. Bisa jadi tangan anda terdapat kuman. Pastikan mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh apapun.

Jangan lupa alat dapur seperti pisau, talenan, wadah, dan lainnya juga dicuci. Untuk mengatasi bau tak sedap dari talenan, anda bisa menggunakan larutan air dengan cuka dan lemon. Oleskan pada permukaan talenan.

 

10. Keringkan

Jika anda bermaksud untuk menyimpan sayur dan buah, pastikan agar dalam keadaan kering. Anda bisa menggunakan kain bersih atau tisu. Caranya, letakkan kain atau tisu nampan kemudian letakkan sayur dan buah diatasnya. Biarkan air terserap hingga kering.

Cucilah sayur dan buah sebelum dikonsumsi langsung ataupun dimasak terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk melindungi diri dan keluarga anda dari paparan pestisida, penyakit dari kotoran tanah, atau kontaminasi lainnya. Tak perlu sabun mahal, anda juga bisa menggunakan air dan cuka. Dan pastikan tangan anda juga bersih. Stay healthy.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close