Kehandalan Mesin Pengurai Sabut Kelapa Chopper Shredder MPC 1000 S

Diposting pada
Limbah dari sabut kelapa di belahan nusantara begitu banyak dan sangat potensi untuk diolah menjadi lebih bernilai jual. Juga hampir seluruh  daerah perkotaan ada limbah industri minyak goreng dan kopra. Belum lagi pedagang dipinggir jalan yang menjual sari kelapa muda, pedagang pasar berjualan santan kelapa, semuanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sabut. Pelepah kelapa dapat diolah menjadi sabut.
Diantara mesin yang bagus untuk pengurai dan pencacah limbah kelapa untuk dijadikan sabut adalah Mesin MPC 1000 S.

Manfaat Sabut Kelapa di Dunia Industri

Sabut yang sudah diurai dapat  dimanfaatkan sebagai bahan matras, geotextil, fiber, jok mobil, serat berkaret, karpet. Juga dapat dijadikan bahan dasar pembuatan macam-macam kerajinan tangan, seperti : keset sabut kelapa, tali tambang, media tanam (cocopeat), bahan dasar kasur, mebel dan lain sebagainya.

Baca :  Mesin Memanen Combine Harvester Kubota DC 70 Plus dan DC 93

Dalam proses penguraian saat mengolah sabut kelapa, ini berfungsi untuk memisahkan antara sabut kelapa (coco fiber) dengan kulit luar dari  buah kelapa (coco peat), sebab masing-masing jenis bahan tadi mempunyai fungsi dan nilai jual tersendiri. Dengan begitu memudahkan kita dalam proses memilah jenis hasil dari penguraian.

Spesifikasi Mesin MPC 1000 S

Kapasitas dari mesin ini ketika mengolah pelepah kelapa bisa mencapai 1 ton per harinya, mesin ini menggunakan penggerak (diesel) Yanmar tipe 10,5 HP.

Baca :  Asam Batu Kalsika Untuk Nutrisi, Anti Jamur dan Bakteri Pada Tanaman

CHOPPER SHREADER MPC 1000 S telah mendapat test bagus dari Report BPMA, yaitu hasil uji pada kapasitas 163,3 kg /jam 1500 sangat memuaskan.

Dimensi keseluruhan PLT ( 1640 x 1120 x 1130 ) mm,  berat total 358.2 kg, penghubung mesin penggerak ke mesin MPC menggunakan ( transmisi) V-belt dan Vully, bahan pisau baja pilihan HRC 55, pisau penghancur bahan olah jenis sistem knockdown, jumlah pisau pemotong 9 buah dan statis 1 buah.

 

Spesifikasi Mesin Penggerak MPC 1000 S

Penggerak MPC 1000 S yaitu Diesel Yanmar TF 105 R (10,5 hp), yang mana mesin ini sudah mendapatkan SNI.