KesehatanPenyakit Kanker

Tidak Semua Pohon Bajakah Bisa Jadi Obat Kanker, Jenis Ini Jadi Racun

Bajakah bisa menjadi obat dan bisa menjadi racun

Viralnya Tanaman Pohon Bajakah menjadi trend topic, banyak yang tidak tau kalau pohon bajakah tidak semua bisa menjadi obat kanker. Berikut ini adalah jenis-jenis bajakah:

  • Bajakah Bapake
  • Bajakah Klintin Nyamuk
  • Bajakah Tampelas
  • Bajakah tenah
  • Bajakah kalalawit
  • Bajakah Bahenda(akar kuning)
  • Bajakah dangdut
  • Bajakah Tuwe

Berikut ini adalah pengalaman orang kalimantan yang memanfaatkan pohon Bajakah yang ditulis oleh Dafid Su Indigenous People of Central Kalimantan:

  • Anda jangan salah konsumsi air atau batang dari pohon Bajakah terutama jenis  Bajakah Tuwe atau tuba untuk membuat ikan lemas, jenis  ini juga bisa mengakibatkan  meninggal  dunia, karena digunakan oleh orang dayak pada zaman dahulu untuk  meracuni ikan atau berburu ikan di sungai. Jadi berhati-hatilah apa yang dijual secara online, bisa jadi palsu atau jenis bajakah beracun, jadi janganlah hanya mendengar kata bajakah langsung main minum sekali lagi hati-hati.
  • Ada bajakah ada bajakah yang dipukul dan berbusa, ini biasanya digunakan sebagai shampo untuk mencegah kerontokan rambut, ada bajakah yang digunakan untuk mengusir makhluk halus, ada bajakah untuk mengikat sesuatu, ada bajakah anti bisa ular, ada bajakah untuk sabun mandi, ada bajakah obat penyakit kulit, ada bajakah sebagai obat KB, ada bajakah sebagai obat kuat, ada bajakah untuk menyembuhkan keputihan, ada bajakah untuk memperbesar penis, ada bajakah sangat beracun yang getahnya buat mata sumpit, ada bajakah tempat ayun-ayun dan main di hutan dan ratusan lainnya.

Jenis-jenis ini sendiri hanya dikenal oleh penduduk asli dayak kalimantan atau indigenous people. Jadi berhati-hatilah kalau setiap bajakah punya kegunaan masing-masing.

Baca juga: 

Penyebab Kanker Tumbuh Itu Akibat Kecerobohan, Inilah Pengobatannya

Bajakah Obat Kanker Terbaik Yang Ada di Hutan Kalimantan Suku Dayak

Pemanfaatan Bajakah Obat Kanker oleh Masyarakat Dayak Ngaju Sejak Ratusan Tahun

Air, Daun dan Batang Bajakah untuk kanker ini TIDAK BOLEH dikonsumsi oleh orang yang sehat atau tidak ada penyakitnya, sebab bisa  jadi kandungan bahan aktif yang kuat dalam bajakah bisa membahayakan  orang yang  dalam keadaan sehat.

Berdasarkan dari pengalaman dan kesaksian penduduk asli setempat, bajakah kuning yang viral itu hanya efektif  untuk kanker payudara, belum ada cerita  bisa atasi dari kanker jenis lain.

Perlu juga netizen tau, Sekian banyak jenis  bajakah ini, masih ada ribuan jenis medicinal plants yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Dayak di Kalimantan.

Tips bila anda sangat membutuhkan pengobatan dengan Bajakah, pastikanlah atas saran penduduk lokal yang sangat berpengalaman dari turun temurun dimanfaatkan untuk beberapa jenis obat berbagai macam penyakit.

 

  1. Info yang didapat, Tetua kampung Dayak Ngaju sangat tau dengan jenis bajakah untuk atasi pengobatan kanker. Anda harus tau, bahwa satu spesies dan sekian ratusan spesies bajakah yang ada, salah jenis bajakah yang dikonsumsi  ada dua kemungkinan : Tidak ada pengaruh pada pengobatan anda atau keracunan yang parah.

  2. Mohon hati-hatilah dengan penawaran di online atau penjual akar bajakah yang sedang booming, sampai ada yang jual dengan harga 500 ribu – 1 juta per bungkus. Dikhawatirkan jenisnya salah pilih, pada jenisnya bajakah ini ada ratusan macam, dan yang berwarna kuning ada belasan macam sebagaimana diketahui masyarakat lokal.

  3. Di toko online ada juga yang  menjual bajakah akar kuning. Perlu diketahui, jenis  akar kuning ini memang dikenal sebagai obat, tapi obat untuk diabetes dan gangguan pada fungsi hati, juga bukan untuk masalah kanker.

  4. Juga menurut para Tetua kampung / ahli pengobatan  tradisional di masyarakat Dayak Ngaju lokal, bajakah untuk pengobatan  kanker harus sesuai aturan, tidak bisa diproses rebus dan minum  langsung.

Diantara cara yang dikenal umum oleh tetua adalah:

  • Orang yang sakit ikut ke hutan untuk meminum air langsung dari tebasan pertama bajakah di hutan, kemudian dilanjut minum rebusan kayu bajakah.

  • Penting sesudah meminum rebusan  bajakah, anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi yang mengandung cabe dan lada.

  • Sesudah sembuh ada pantangan yang harus dihindari dan itu wajib, yaitu dilarang mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung atau ada campuran bahan pengawet, sebab bisa kambuh kembali. Saran terbaik makan sayur, jamur dan Juhu ikan sungai alami dan segar. “Juhu adalah masakan khas orang Dayak yang dicampur bumbu seperti masak asam kuning yang dicampur sayuran hutan atau sayur organik sehat yang diambil dari ladang.

  • Tidak diperbolehkan makan makanan yang diproses masak sampai hangus atau sampai berkerak.

  • Bila kondisi pasien sudah tingkat parah atau terdapat campuran penyakit tertentu, tabib dayak tradisional biasanya mengkombinasi campur bawang dayak merah dan campur akar benalu.

  • Jenis Bajakah yang anti kanker, bila anda dalam kondisi sehat harus menghindari minum air pohon bajakah dalam hutan, sebab bisa berefek mirip kemoterapi dan bisa jadi muntah bahkan rambut rontok.

  • Membelinya seharusnya pada orang yang sudah mengenal jenis-jenis tanaman obat di hutan, jangan minta kirim pada orang yang tidak faham pantangan dan dosis yang pas dan sesuai penyakitnya.

Demikian dari kami, Tidak Semua Pohon Bajakah Bisa Jadi Obat Kanker, Jenis bajakah lain bahkan bisa Menjadi Racun.

Tags

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close