Top 11 Manfaat Super Power Antioksidan Asam Alfa Lipoat

Diposting pada
Asam alfa lipoat merupakan salah satu antioksidan yang banyak dijumpai dalam makanan nabati. Tubuh manusia dapat mensintesis asam alfa lipoat ini. Dengan adanya pola makan asam lipoat secara berkala akan meningkatkan jumlah yang disintesis. Bentuk alami (dalam tumbuhan) asam ini adalah asam lipoat, ketika diolah dalam laboratorium  maka disebut dengan asam alfa lipoat.
Kekuatan utama dari asam lipoat adalah sifatnya sebagai antioksidan. Tubuh kita merupakan kumpulan dari atom yang mempunyai kulit berlapis-lapis. Setiap kulit atom mempunyai elektron dalam jumlah tertentu. Jika kulit atom kosong, maka atom akan melakukan ikatan dengan atom lainnya untuk mendapatkan elektron.
Atom yang tidak lengkap/abnormal disebut dengan radika bebas. Mereka tidak stabil dan selalu mencari atom lainnya untuk diikat. Hingga akhirnya terjadi proses reaksi berantai yang disebut dengan oxidative stress.
Oxidative stress adalah pembunuh manusia dengan cara merusak sel tubuh yangbertanggung jawab atas sebagian besar penyakit mematikan seperti kanker, radang sendi, penyakit jantung, alzheimer, diabetes, katarak, dan penyakit genetik lainnya.
Nah apa sih fungsi antioksidan? Antioksidan ini bertugas meminjamkan elektronnya pada atom yang tidak lengkap/abnormal. Sehingga atom yang tidak lengkap tidak melakukan proses oxidative stress. Dan asam alfa lipoat merupakan super power antiokisan. Bisa dikatakan sebagai antioksidan yang paling kuat diantara lainnya. Mengapa demikian? karena pelarut (air maupun lemak) lebih mudah diserap dengan baik oleh asam alfa lipoat. Tidak seperti kebanyakan antioksidan pada umumnya seperti vitamin A, C, dan E. Nah itulah keunikan yang dimiliki asam alfa lipoat.
Logam berat seperti merkuri, arsenik, dan timah berbahaya bagi tubuh manusia. Bahkan dapat menyebabkan penyakit mematikan. Asam alfa lipoat dapat mengatasi masalah buruk itu. Ia mampu mengikat logam berat dalam tubuh lalu dikeluarkan dari sistem tubuh manusia. So, anda tak perlu khawatir dengan logam berat yang tak sengaja masuk kedalam tubuh anda. Dilansir dari www.stylecraze.com, yuk simak manfaat lainnya asam alfa lipoat di bawah ini.

Manfaat Asam Alfa Lipoat

1. Treatment untuk diabetes

Asam alfa lipoat melindungi sel dan neuron yang terlibat dalam produksi hormon. Itulah mengapa asam ini membantu mengobati diabetes, bahkan mencegah terjadinya komplikasi penyakit lainnya. Antioksidan dapat membantu mencegah neuropati diabetik (komplikasi diabetes pada umumnya).
Kadar gula darah juga dapat diturunkan oleh asam alfa lipoat. Dalam bentuk suplemen, asam ini dapat membantu diabetes tipe 2. Yang lebih penting lagi adalah, asam ini melindungi retina dari kerusakan yang diakibatkan oleh diabetes.

2. Mengatasi inflamasi (peradangan)

Mengapa dikatakan super power antioksidan? karena asam alfa lipoat dapat mengembalikan kadar antioksidan lain seperti vitamin C dan E. Dengan kekuatan baiknya itu asam ini dapat melawan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Fakta menariknya, antioksidan diketahui untuk mengurangi peradangan pada beberapa pasien penyakit jantung.

3. Mencegah kanker

Berdasarkan penelitian, Asam alfa lipoat dapat mencegah kanker payudara. Asam ini dapat menginduksi kematian sel terprogram dalam sel kanker. Selain itu juga menghampat senyawa matriks metalloproteinase yang mana bertugas untuk memecah strukstur sel dan memungkinkan sel kanker berpoliferasi (perbanyakan diri). Treatmen dengan asam ini secara teratur dan konsisten dapat menghentikan pertumbuhan kanker. Jadi, bisa dikatakan asam alfa lipoat berpotensi sebagai obat kanker yang efektif.

4. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, asam alfa lipoat dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dibuktikan dengan perawatan pasien obesitas dengan antioksidan, hasilnya beberapa kg turun dibandingkan dengan mereka yang memakai plasebo. Namun untuk ini diperlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mendukung kesehatan hati

Asam alfa lipoat biasa digunakan untuk mengobati penyakit hati. Bahkan sel-sel hati yang rusak karena asam lemak tak jenuh dapat mengalami regenerasi kembali dengan bantuan asam ini.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Telah dibahas diatas bahwa oxidative stress dapat merusak saraf mata dan menyebabkan penyakit mata jangka panjang. Berkat sifat antiokidan asam alfa lipoat, hal ini dapat dicegah. Penenlitian menunjukkan bahwa asam ini dapat mencegah kerusakan retina, katarak, dan denegerasi makula, bahkan mencegah retinopati diabetik.

7. Mengatasi migrain

Siapa yang tak tahu migrain. Penyakit kepala ini terkadang sepele tapi dapat mengganggu aktivitas anda. Suplemen asam alfa lipoat mengatasi migrain dan mengurangi frekuensi terjadinya migrain. Selain mengobati juga sebagai tindakan preventif untuk migrain.

Baca :  Mengenal Lebih Jauh Penyakit Diabetes Melitus Type 1 dan Type 2

 

8. Membantu pertumbuhan otot

Asam alfa lipoat dapat menimbulkan efek insulin-tiruan. Nah apa itu? Asam ini dapat bekerja mirip seperti cara kerja insulin. Asam ini akan meningkatkan pengambilan glukosa dengan berbagai cara yang memungkinkan untuk dibawanya menuju ke sel otot dan hanya sebagian ke sel lemak. Dengan cara kerja ini tak mengherankan jika asam ini dapat menurunkan kadar gula darah dan terciptanya suasana yang kondusif bagi pembakaran lemak.

9. Membantu mengatasi fibromyalgia

Sama halnya dengat mengurangi nyeri saraf diabetes, asam alfa lipoat juga memungkinkan untuk mengurasi rasa sakit pada penderita fibromyalgia.

10. Menunjang kesehatan otak

Asam alfa lipoat dapat dengan mulus melewati batas darah pada otak dan membantu melindungi jaringan otak. Bahkan antioksidan super power ini dapat mencegah dan mengobati kerusakan neuron, kehilangan memori, dan g meningkatkan kognitif.

11. Meningkatkan kesehatan kulit

Jika asam alfa lipoat dapat mengatasi masalah peradangang, tentunya itu juga belaku bagi masalah jerawat. For your information, jerawat juga masuk ke dalam kelompok radang. Umumnya krim jerawat juga mengandung asam alfa lipoat, dan menempatkannya pada jajaean bahan primernya.
Beberapa bukti lain menunjukkan bahwa asam jenis ini dapat menghilangkan bekas luka. Kok bisa? tentunya bisa, dengan didukung perannya yang mengaktifkan enzim pencerna kolagen yang mana berfungsi untuk menghancurkan kolagen yang rusak. Mengapa ada bekas luka dan
keriput? masalah ini timbul karena adanya kolagen yang rusak. Garis-garis halus pun dapat diatasi dengan asam ini.
Nah itulah penjelasan singkat tentang manfaat yang luar biasa dari asam alfa lipoat. Untuk mendapatkannya, anda tak perlu repot cukup konsumsi jenis makanan berikut yang dipercaya mengandung banyak asam lipoat :
– bayam
– brokoli
– daging
– kubis
– akar bit
– tomat
– kacang polong
– ragi (makanan olahan)
Sederet manfaat yang dijabarkan di atas merupakan informasi penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Itulah mengapa penting bagi anda untuk mengetahui dan memperhatikan asam alfa lipoat, karena asam ini mampu menyelamatkan kesehatan tubuh anda.