Toga, Herbal & Kesehatan

Manfaat Tanaman Sangitan Untuk Menyembuhkan Penyakit

Manfaat-Tanaman-Sangitan-Untuk-Menyembuhkan-Penyakit

Sangitan (Sambucus javanica) adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam famili dan termasuk ke dalam genus Sambucus. Tanaman sangitan merupakan tanaman asli yang berasal dari Indonesia. Tanaman ini sangat mudah dijumpai, bahkan tanaman ini juga bisa dijumpai di semak-semak.

Sebagai tanaman yang sangat mudah dijumpai, ternyata tanaman sangitan ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit.

Apakah Anda sudah tahu apa saja manfaat tanaman sangitan ini untuk menyembuhkan penyakit? Oke, berikut saya akan menyebutkan manfaat tanaman sangitan untuk menyembuhkan penyakit serta cara pengobatannya. Jadi, simaklah dengan baik dibawah ini manfaat tanaman sangitan untuk menyembuhkan penyakit.

Baca Juga :  Pengertian Dari Melati dan Ciri-Ciri Dari Melati

01. Mengobati Sakit Kuning

Caranya ialah sediakan akar sangitan secukupnya dan daging sapi secukupnya. Lalu cucikan bersih semua bahan, kemudian akar sangitan dengan daging sapi ditim sampai masak. SelanjUtnya santap daging sapi tersebut. Lakukan cara ini selama 10 hari berturut-turut.

02. Mengobati Beri-Beri

Cara pengobatannya yaitu sediakan 30-50 gr akar, batang, daun sangitan yang masih segar dan 3 gelas air. Lalu cucikan semua bahan sampai bersih dan dipotong-potong seperlunya, kemudian direbus dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas saja. Selanjutnya jika sudah dingin, saringkan minum selama 14 hari berturut-turut.

Baca Juga :  Membersihkan Wajah Dengan Menggunakan Cuka Apel

03. Mengobati rematik, Sakit Pinggang dan Memar

Caranya sediakan 15-30 gr sangitan kering dan 3 gelas air. Lalu rebuskan tumbuhan sangitan dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas saja. Setelah dingin, disaringkan dan diminum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Air ini juga baik untuk mengompres bagian yang memar.

Baca Juga :  Cantik Memesona Dengan Menggunakan Madu

04. Mengobati Rubela

Caranya sediakan seluruh tumbuhan secukupnya dan bersihkan hingga benar-benar bersih dan dipotong-potong, kemudian rebuskan dengan 3-5 liter air hingga mendidih, lalu dihangat-hangatkan dan digunakan untuk mandi.

Catatan penting: Bagi wanita yang sedang hamil, dilarang minum rebusan tanaman obat ini.

Nah, itulah manfaat sangitan untuk menyembuhkan penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close