Toga, Herbal & Kesehatan

Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat-Tanaman-Adas-Untuk-Kesehatan-Tubuh

Yenisafira.com – Adas (Foeniculum vulgare Mill) adalah tanaman yang hidupnya liar, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1.800 m diatas permukaan laut. Adas adalah tanaman yang berasal dari Laut Tengah (Italia Timur hingga ke Suriah).

Adas merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam famili Apiaceae, tanaman adas juga merupakan tanaman yang termasuk ke dalam genus Foenicilum.

Tanaman adas ini memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan Anda. Tanaman adas memang sudah terbukti khasiatnya sejak zaman dahulu. Nah, jika Anda mau tahu apa saja manfaat tanaman adas untuk kesehatan Anda. Berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat tanaman adas untuk kesehatan Anda serta cara pengobatannya.

Baca Juga :  Apa Saja Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Ginjal? Simak Disini

1. Mengatasi Batuk

Cara pemakaiannya yaitu sediakan 5 gr serbuk buah adas, 1 sdt madu dan 1/2 cangkir air mendidih. Lalu serbuk buah adas diseduhkan dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin, disaringkan, lalu tambahkan dengan 1 sdt madu, aduk hingga merata, setelah itu diminum sekaligus. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari sampai sembuh.

2. Mengobati Batu Empedu

Caranya yaitu sediakan 5 gr serbuk buah adas dan 1 gelas air panas. Lalu seduhkan serbuk buah adas dengan 1 gelas air panas, kemudian diminum ramuan tersebut selagi masih hangat.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Caranya ialah sediakan 1 sdt adas, 2 biji buah kapulaga dan 1 genggam daun beluntas. Lalu cucikan semua bahan sampai bersih, kemudian rebus dengan 1 gelas air, tambahkan dengan sedikit garam. Setelah ramuannya dingin, disaringkan ramuannya dan diminum sambil berkumur-kumur. Lakukan cara ini 3 kali sehari.

Baca Juga :  Menyembuhkan Sakit Kepala dan Rematik Dengan Menggunakan Daun Ubi Kayu

4. Mengobati Sesak Napas

Caranya sediakan 1/2 sdt adas, 2 jari rimpang kencur, 1/4 jari pulasari, 1 jari rimpang temulawak, 1/4 genggam daun poncosudo (jasminum pubescens), 1 sdt jintan hitam dan 3 jari gula merah. Lalu rebuskan semua bahan dengan 4,5 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa separuhnya. Setelah ramuannya dingin, saringkan ramuan tersebut dan minum 3 kali sehari. Masing-masing 3/4 setiap kali minum. Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur sampai sembuh.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Jauh Penyakit Diabetes Melitus Type 1 dan Type 2

5. Mengobati Biduran

Cara pengobatannya yaitu sediakan 2 sdt adas, 2 buah bawang merah dikupas kulit luarnya dan 7 cm kunyit dikupas kulitnya. Lalu cucikan semua bahan sampai bersih dan ditumbuk hingga halus, kemudian seduhkan dengan 1.5 air panas. Biarkan sebentar, selanjutnya disaring. Setelah itu minum ramuan tersebut selagi masih hangat. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari secara teratur dan rutin.

Nah, itulah manfaat adas untuk kesehatan Anda. Jika Anda sedang mengalami salah satu penyakit yang ada disebutkan diatas, Anda bisa mencoba cara yang sudah dijelaskan diatas. Kalau begitu selamat mencobanya dirumah dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close