Toga, Herbal & Kesehatan

Kenali Dosis Tepat Asam Alfa Lipoat Serta Efek Sampingnya

Pada postingan sebelum telah kita ulas tentang beragam macam manfaat asam alfa lipoat. Untuk mendapatkan manfaat yang telah kita ulas, tentunya ada dosis tertentu. Jadi jangan serampangan dalam mengkonsumsi asam alfa lipoat. Karena tergiur dengan manfaatnya, bisa jadi mengkonsumsi secara berlebihan. Ingat, apapun yang berlebihan itu tidak baik bagi kita. Yang tadinya obat bagi tubuh, karena berlebihan bisa menjadi racun.

 

Dosis Tepat Asam Alfa Lipoat

 

Idealnya setiap orang memiliki dosis yang berbeda-beda, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun secara umum dosis konsumsi asam alfa lipoat terbagi menjadi tiga kelompok berikut :

 

  1. Orang dewasa dalam kondisi sehat untuk mendapatkan manfaatnya bisa mengkonsumsi 50-100 mg per hari.
  2. Sementara orang pengidap diabetes, dosisnya sekitar 600-800 mg (dibagi menjadi 2 dosis)
  3. Untuk diabetes parah dan terjadi komplikasi neuropati diabetik, dibutuhkan dosis 600-1.800 mg.
Baca Juga :  Apakah Tanaman Kelor Itu dan Apa Saja Manfaatnya?

Baca juga:

Atasi Kanker Serviks Dengan 5 Bahan Alami Ini

Pemanfaatan Bajakah Obat Kanker oleh Masyarakat Dayak Ngaju Sejak Ratusan Tahun

Tips Penuhi Kebutuhan Air 8 Gelas dalam Sehari

Hidup Sehat Mulai Kurangi Gula Penyebab Diabetes

Cara Menyembuhkan Diabetes dan Menurunkan Kolestrol Dengan Daun Salam

Jamur Tiram Ampuh Atasi Diabetes

 

Namun demikian, konsultasi dengan dokter tetap dibutuhkan sebelum mengkonsumsi asam alfa lipoat. Sehingga anda bisa menyesuaikan dosisnya dengan daya tahan tubuh anda.

 

Efek Samping Asam Lipoat

 

Dilansir dari www.stylecraze.com kelebihan dosis akan menyebabkan beberapa kondisi yang tak diinginkan seberti di bawah ini :

 

Masalah dengan kehamilan dan menyusui

 

Memang belum banyak informasi yang akurat mengenai ini. Namun alangkah lebih baiknya jika anda hamil atau menyusui hindari mengkonsumsi asam alfa lipoat.

Baca Juga :  Asal Usul Buah Anggur Serta Kandungan dan Manfaatnya

 

Memungkinkan tidak aman bagi anak-anak

 

Anak-anak dan bayi jika mengkonsumsi asam alfa lipoat dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan muntah, tidak sadar, bahkan kejang. Konsultasikan ke dokter anak jika anak anda mengalami gejala seperti itu.

 

Diabetes

 

Asam alfa lipoat memang bisa mengatasi diabetes, namun jika berlebihan akan berdampak buruk. Oleh karena itu diskusikan dengan dokter berapa dosis yang tepat untuk anda konsumsi harian.

 

Masalah selama operasi

 

Pengunaan asam alfa lipoat dapat mengganggu kontrok gula darah selama dan pasca operasi . Oleh karena itu hentikan mengkonsumsinya setidaknya 2 minggu sebelum anda melakukan operasi.

 

Defisiensi tiamin

 

Pada kondisi kekurangan tiamin (vitamin B1) dapat menyebabkan masalah serius jika mengkonsumsi asam alfa lipoat. Mengkonsumsinya secara berlebihan dapat mengurangi kadar tiamin dalam tubuh anda.

Baca Juga :  3 Manfaat Tanaman Calincing Bagi Kesehatan Tubuh

 

Gangguan pada pengobatan penyakit tiroid

 

Jauhi asam alfa lipoat jika kondisi anda memiliki aktifitas tiroid yang kurang aktif dan terlalu aktif. Hal ini dapat mengganggu pengobatan penyakit tiroid, kecuali anda sudah mendapatkan izin dari dokter

 

Suplemen asam alfa lipoat adalah cara aman untuk memberikan tubuh anda antioksidan yang cukup. Sebenarnya sumber asam lipoat juga terkandung dalam sayuran dan buah, namun hanya dalam jumlah yang rendah. Anda bisa mengambil manfaatnya dari bahan alami, namun anda harus rutin mengkonsumsi sumber alami tersebut. Untuk penggunaan suplemen tambahan asam alfa lipoat, alangkah lebih baiknya jika dikonsultasikan dengan ahli gizi atau dokter terlebih dahulu.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close