Walet

Jenis Burung Walet (Collacalia Fuciphaga)

Jenis burung walet dan sarangnya, ciri sarang walet dan sriti

Burung Walet merupakan jenis  burung pemakan serangga yang bersifat aerial dan suka meluncur. Burung ini berwarna gelap, terbangnya cepat dengan ukuran tubuh sedang/kecil, dan memiliki sayap berbentuk sabit yang sempit dan runcing, kakinya sangat kecil begitu juga paruhnya dan jenis burung ini tidak pernah hinggap di pohon.

Burung walet mempunyai kebiasaan berdiam di gua-gua atau rumah-rumah yang cukup lembab, remang-remang sampai gelap dan menggunakan langit-langit untuk menempelkan sarang sebagai tempat beristirahat dan berbiak.

 

Panduan Terlengkap Cara Budidaya Burung Walet di Gedung Untuk Pemula

Desain Rumah Walet dan Lokasi Gedung Sarang Burung Walet

Baca Juga :  Daftar Harga Sarang Walet Dan Sriti

Percontohan Agroindustri Sarang Burung Walet Singkawang Sebagai Subsistem Usahatani

Teknik Memanggil Burung Walet dan Pemeliharaan Gedung Walet

Jenis Burung Walet Berdasarkan Ukuran Tubuh, Warna bulu, Bahan Sarang

Spesies walet umumnya dibedakan berdasarkan ukuran tubuh, warna bulu, dan bahan yang dipakai untuk membuat sarang. Walet dan kapinis sering dikacaukan dengan sebutan burung layang-layang. Memang, kedua jenis burung tesebut gemar terbang melayang di udara sehingga dari jarak jauh sulit dibedakan. Walet berbeda sekali dengan kapinis meskipun keduanya memakan serangga terbang. Menurut kalsifikasi walet termasuk ke dalam family Apodidae, kakinya lemah, tidak dapat bertengger sehingga dalam selang waktu terbangnya, kadang kala kapinis bertengger didahan pohon atau kabel listrik.

Baca Juga :  Masa Panen dan Cara Memanen Sarang Walet

Burung dari kelompok Hirudinidae bersayap panjang, runcing, dan agak lurus. Pada umumnya, bulu berwarna biru kehitaman. Kakinya kuat serta berjari tiga ke depan dan satu ke belakang. Sarangnya di bangun dari tanah liat atau rerumputan yang di rekat dengan air liur. Lain halnya dengan burung dari kelompok Apodidae berkaki lemah melengkung dengan ekor rata-rata bercelah. Sarang di buat dari air liur atau ada tambahan lain, seperti bulu dan rerumputan yang direkat dengan air liur.

 

Berdasarkan pembagian secara biologi burung walet terbagi atas enam jenis yaitu:

    • Collocalia Fuciphagus (walet putih),
    • Collocalia gigas (walet besar),
    • Collocalia maxima (walet sarang hitam),
    • Collocalia brevirostris (walet gunung),
    • Collocalia vanikorensis (walet sarang lumut),
    • Collocalia esculenta (walet sapi).
Baca Juga :  Apa Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti

Dari keenam jenis walet di atas tidak semua sarangnya dapat di konsumsi. Jenis walet yang menghasilkan sarang tidak dapat dimakan adalah walet gunung, walet besar, walet sarang lumut dan walet sapi.

Sementara walet sarang hitam masih dapat dimakan sarangnya setelah telebih dahulu dibersihkan dari bahan lain yang terdapat di dalamnya. Walet putih menghasilkan sarang burung yang seluruhnya terbuat dari air liur.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close