Walet

Persyaratan Lokasi Ideal Rumah / Gedung Walet

Ada beberapa faktor yang sangat penting untuk budidaya sarang burung walet, yaitu: lokasi, iklim, kondisi lingkungan, bentuk bangunan / gedung walet, faktor makanan serta teknik memancing walet. Semua faktor ini sangat penting untuk keberhasilan budidaya sarang burung walet. Di samping itu, gedung walet harus seperti gua liar karena itulah habitat asli burung walet.

Baca juga:

Pengaruh desain Atap Sangat Penting dalam Budidaya Sarang Burung Walet

Desain Rumah Walet dan Lokasi Gedung Sarang Burung Walet

Cara Sukses Ternak Burung Walet Rumahan Cepat Banyak Sarang

Misting Nozzle Kabut Rumah Walet Lengkap dengan Pompa dan Adaptor

Baca Juga :  Percontohan Agroindustri Sarang Burung Walet Singkawang

Walet Betah Lengkapi Rumah Walet Dengan Peralatan Berikut

Persyaratan lingkungan lokasi kandang / gedung walet adalah:

1) Dataran rendah dengan ketinggian maksimum 1000 m dpl. Pada umumnya, walet tidak mau menempati rumah atau gedung di atas ketinggian 1000 m dpl. Tempat yang paling ideal adalah dataran rendah dengan ketinggian di bawah 1000 dpl dengan suhu rata-rata 26ºc.

2) Daerah yang jauh dari jangkauan pengaruh kemajuan teknologi dan perkembangan masyarakat. Pada umumnya, perkembangan tersebut dapat berdampak bagi kehidupan sriti maupun walet, misalnya kebisingan suara mesin, suara mesin, suara mobil, dan alat-alat pabrik, serta pemakaian insektisida dan sampah beracun dari pabrik yang banyak mematikan serangga, oleh karena itu daerah yang relatif murni dan alami paling tepat untuk tempat tinggal walet.

Baca Juga :  Harga Terkini Sarang Walet dan Sriti Area Jatim

3) Daerah yang jauh dari gangguan burung-burung buas pemakan daging karena burung tersebut sering membunuh burung-burung yang masih lemah sebagai makanannya. Jenis burung buas antara lain burung elang, alap-alap, dan burung rajawali.

4) Persawahan, padang rumput, hutan-hutan terbuka, pantai, danau, sungai, rawa-rawa merupakan daerah yang paling tepat untuk berburu makanan bagi walet.

5) Suatu lokasi yang di sekitarnya banyak sriti. Hal itu menandakan bahwa daerah itu cocok dipakai untuk mengembangkan walet.

Baca Juga :  Harga Paket Perlengkapan Burung Walet : Alat Embun Walet, Alat Panggil, Bazzoka

6) Suatu lokasi yang di sekitanya terdapat bangunan rumah sriti dan gedung. Lokasi tersebut merupakan sentra sriti atau sentra walet. Hal itu menandakan daerah tesebut cocok untuk mengembangkan kedua jenis burung tersebut (Arif Budiman, 2008:34).

Demikain tadi persyaratan lingkungan lokasi kandang / gedung ternak walet yang ideal.

 

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close