Toga, Herbal & Kesehatan

Enam Manfaat Kunyit yang Sangat Berguna Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Enam-Manfaat-Kunyit-yang-Sangat-Berguna-Bagi-Kesehatan-Tubuh-Anda

Yenisafira.com – Kunyit (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma dosmetica Val.) adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Kunyit merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam Zingiberaceae dan kunyit juga merupakan tanaman yang termasuk ke dalam genus Curcuma.

Kunyit memiliki kandungan nutrisi diantaranya adalah anti inflamasi, antioksidan, vitamin B, vitamin C dan mineral yang tinggi. Sehingga kandungan yang terdapat dalam kunyit memiliki manfaat untuk kesehatan kita lho.

Apakah anda sudah tahu apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan kita? Jika anda belum tahu, berikut saya akan menjelaskan manfaat kunyit untuk kesehatan anda. Simaklah dengan baik dibawah ini agar disaat anda ingin mencoba salah satu ramuan dibawah ini bisa dilakukan dengan benar.

Baca Juga :  Khasiat dan Kandungan Tempe Sebagai Nutrisi Tubuh

1. Mengobati Keputihan

Caranya ialah parut kupasan kunyit tua sebanyak 15 gr, lalu campurkan parutan dengan 150 ml air asam dan campurkan juga dengan gula jawa, adukkan sampai rata, kemudian peraskan campuran bahan tersebut dan saringkan, setelah itu minum secara rutin setiap hari sampai keputihannya menghilang.

2. Mengobati Diabetes Mellitus

Caranya rebuskan 3 rimpang kunyit dan 1/2 sdt teh garam ke dalam 1 liter air, tunggu sampai mendidih, kemudian dinginkan dan saringkan untuk ambil airnya, setelah itu minum ramuan tersebut 2 kali seminggu sebanyak 1/2 gelas.

3. Mengobati Sakit Tifus

Caranya ialah sediakan 2 rimpang kunyit, sere 1 bonggol dan 1 lembar daun sambiloto. Lalu tumbuk semua bahan atau diblenderkan sampai halus, kemudian peras campuran bahan yang sudah dihaluskan tadi untuk diambil airnya. Perasan tersebut ditambah dengan 1 gelas air masak yang masih hangat kemudian disaring, setelah itu minum selama 1 minggu berturut-turut.

Baca Juga :  Cara Menjaga Kesehatan Sistem Imun dan Mencegah Infeksi Penyakit

4. Mengatasi Haid Tidak Lancar

Caranya sediakan 2 rimpang kunyit, 1/2 sdt biji pala, 1/2 sdt ketumbar dan 1/2 genggam daun srigading. Lalu tumbuk semua bahan sampai halus, rebuskan dengan 1 liter air, kemudian dinginkan dan saringkan airnya, setelah itu minum ramuan tersebut sebanyak 1 gelas sehari.

5. Mengobati Gatal dan Cacar Air

Caranya sediakan 1 potong kunyit diblender dengan segenggam daun asam yang sudah dicuci bersih. Lalu tumbukan atau diblenderkan sampai halus, kemudian oleskan ramuan tersebut pada bagian cacar air atau tubuh yang gatal.

Baca Juga :  Manfaat dan Kandungan Cilantro, Si Daun Ketumbar Yang Kaya Akan Nutrisi

6. Mengatasi Masalah Mencret

Caranya yaitu sediakan 1/2 jari rimpang kunyit, 3 biji ketumbar, 1/2 sdt rasuk angin, 1 biji buah kayu ules dan 1 lembar daun trawas. Lalu tumbukkan atau diblenderkan semua bahan tersebut sampai halus, kemudian campurkan dengan 115 ml air dan panaskan sampai mendidih, setelah itu saringkan rebusan tersebut dan diminum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.

Nah, itulah manfaat kunyit untuk kesehatan anda. Semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba dirumah, terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close