Toga, Herbal & Kesehatan

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

7-Manfaat-Jahe-Bagi-Kesehatan-Tubuh

Yenisafira.com – Jahe (Zingiber officinale) merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam famili Zingiberaceae (temu-temuan) dan jahe termasuk genus Zingiber. Jahe ini juga sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe dipercayai berasal dari India, namun ada pula yang memercayai bahwa jahe berasal dari Republik rakyat Tiongkok Selatan.

Kandungan yang terdapat dalam jahe antara lain adalah minyak atsiri zingiberena (zingirona), bisabolena, zingiberol, kurkumen, gingerol, filandrena dan resin pahit.

Selain itu, jahe juga memiliki manfaat untuk kesehatan kita lho. Berikut saya akan menjelaskan beberapa manfaat bagi kesehatan kita serta cara pengobatannya. Simaklah dengan baik dibawah ini.

1. Mengatasi Tulang Keropos

Caranya sediakan 20 gr jahe merah segar, 10 gr kapulaga, 30 gr kacang hijau, 20 gr kayu manis, 15 gr merica dan 4 gelas air. Lalu cuci semua bahan sampai bersih terlebih dahulu, kemudian dilumatkan, rebuskan semua bahan ke dalam air, tunggu sampai air mendidih dan tersisa menjadi 2 gelas, lalu disaringkan. Setelah itu diminum 2 kali sehari yaitu sore dan pagi hari sesudah makan sebanyak 1 gelas. Anda juga bisa tambahkan dengan madu agar lebih nikmat.

Baca Juga :  Menyembuhkan Sakit Kepala dan Rematik Dengan Menggunakan Daun Ubi Kayu

2. Mengatasi Stroke

Caranya sediakan 20 gr jahe merah, 20 gr pule pandak, 40 gr mengkudu, 30 gr daun dewa, 20 gr daun ceremai dan 4 gelas air. Lalu cucikan semua bahan sampai bersih, rajang dengan ukuran tipis, rebuskan sampai tersisa 1,5 gelas, kemudian disaringkan. Setelah itu minum 3 kali sehari sebanyak setengah gelas.

3. Mengatasi Rematik

Caranya yaitu sediakan 20 gr jahe merah, 20 gr cabe kecil, 20 gr temulawak, 30 gr daun komfrey, 30 gr daun kumis kucing dan 4 gelas air. Lalu cucikan semua bahan sampai bersih, iriskan semua bahan sampai tipis, kemudian rebuskan sampai airnya tersisa menjadi 2 gelas lalu disaringkan. Setelah itu minum dengan rutin 2 kali sehari yaitu pagi dan sore sebanyak 1 gelas. Anda juga bisa menambahkan madu atau jeruk untuk membuat rasa menjadi segar

Baca Juga :  Jenis Penyakit yang Menyerang Paru-Paru dan Cara Menghindarinya

4. Mengatasi Pegal-Pegal

Caranya cuci bersih 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, lalu bakar dan kuliti kedua rimpang jahe tersebut dan memarkan, rebuskan memaran rimpang jahe tersebut dengan 2 gelas susu segar, setelah itu minum segelas susu jahe tersebut 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.

5. Mengobati Sakit Pinggang

Caranya ialah cuci 3 rimpang jahe dan 2 bahan asam jawa yang sudah masak. Lalu parut dan campurkan dengan asam jawa hingga merata, kemudian oleskan campuran tersebut pada pinggang yang sakit.

Baca Juga :  Enam Cara Alami Menyembuhkan Sakit Gigi Tak Tertahankan

6. Mencegah Demam Karena Flu

Caranya sediakan beberapa rusa jahe secukupnya, lalu cucikan rusa jahe sampai bersih, kemudian tumbuk dan campurkan ke dalam air hangat dengan 1 sendok madu ditambah dengan sejumput merica, setelah itu minum 3 kali sehari.

7. Menyembuhkan Terkilir

Caranya yaitu sediakan 2 ruas jahe, lalu diparutkan dan tambahkan dengan sedikit garam, kemudian balurkan ramuan tersebut pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 2 kali sehari sampai terkilirnya sembuh.

Nah, itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan selamat mencobanya dirumah, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close