Toga, Herbal & Kesehatan

Bagaimana Cara Menghindari Bakteri dan Virus Pada Paket Barang

Belanja online menjadi sebuah kebiasaan orang akhir akhir ini. Namun merebaknya sebaran virus korona menyebabkan beberapa orang ragu untuk membuka paket yang diterimanya. Pada maret 2020 The New England Journal of Medicine mempublish jurnal penelitian yang menyatakan bahwa covid-19 dapat bertahan hidup hingga 24 jam di kardus, sedangkan di plastic dan stainless steel bertahan hingga 3 hari. Joseph Allen, MPH, D. Sc yang merupakan seorang ahli kesehatan industry bersertifikat menyatakan bahwa resiko infeksi sangatlah rendah, jumlah virus yang berada di permukaan menurun sangat cepat.

 

Pada penelitian ini ditemukan bahwa waktu paruh virus pada stainless steel 5.6 jam sedangkan pada plastic 6.8 jam. Yang dimaksud dengan waktu paruh adalah seberapa lama konsentrasi atau jumlah virus berkurang setengahnya, kemudian berkurang lagi setengahnya, dan seterusnya hingga hilang.

 

Baca Juga :  Khasiat dan Kandungan Tempe Sebagai Nutrisi Tubuh

Jadi, ketika penjual mengemas barang anda atau kurir terinfeksi, memang ada virus yang ikut dalam paket namun jumlahnya tidaklah banyak dan akan berkurang karena lama proses pengiriman. Bisa jadi proses pengiriman yang berhari-hari ketika sampai di depan rumah anda, virusnya telah hilang. Jadi anda tidak perlu panic yang berlebihan. Tak perlu menghindari paket karena virus. Berdasarkan Center for Disease Control and Prevention (CDC) tidak ada kasus covid-19 yang terkait karena barang import.

 

Dengan kondisi seperti itu, bukan berarti tidak mungkin anda terinfeksi karena pengiriman paket. Semua kemungkinan bisa terjadi, walaupun kecil. Skenario terburuknya, kurir bersin dan droplet terkena paket anda. Berikut adalah saran Seema Sarin, MD (dr. penyakit dalam di EHE Health, Virginia) untuk anda ketika menerima paket ;

Baca Juga :  Pepes Tahu Kemangi Bakar, Sedap dan Wangi Serasa Makan di Restoran

 

Simpan paket bentuk kerdus dalam 24 jam

 

Jika paket yang anda terima bukan merupakan produk yang mudah rusak seperti susu atau produk segar lainnya, lebih baik simpan terlebih dahulu. Jangan dibuka ataupun disentuh. Anda bisa menggunakan kain untuk mengangkatnya dan simpan. Dan cucilah tangan anda.

Penyimpanan ini memberikan waktu virus untuk mati dengan sendirinya.

 

Paket bahan makanan

 

Jika paket berisi bahan makanan, bukalah paket dan segera buang bungkusnya. Kemudian cuci tangan dengan bersih dan tunggu beberapa jam untuk menggunakan bahan makan tersebut. Pada saat itu, virus yang ada di wadah akan berkurang signifikan.

Jika anda diharuskan segera untuk memakainya, ada bisa menggunakan desinfektan berbaha alcohol.

Jika paket berisi sayur atau buah, anda bisa langsung segera mencucinya dengan air mengalir. Tidak perlu diberi desinfektan. Hanya air mengalir saja, tanpa perlu sabun. Jika anda masih khawatir, anda bisa menggunakan sabun khusus buah/sayuran.

Baca Juga :  Manfaat Semangka Untuk Kecantikan

 

Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan kurir

 

Dalam aturan social distancing kita harus menjaga jarak sekitar 1 – 1.5 dengan orang lain. Tentunya ini juga berlaku ketika anda menerima paket di depan rumah.

Perlu di ingat, tetap di rumah sangatlah penting. Keluar ketika hanya dalam keadaan yang sangat penting. Belanja online saat ini lebih aman daripada keluar membeli langsung. Virus menyebar melalui orang ke orang, melalui droplet. Covid-19 juga bisa disebarkan oleh orang yang tidak menunjukkan gejala. Sebisa mungkin lakukan apapun dari rumah demi melindungi keluarga dan orang lain.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close