Toga, Herbal & Kesehatan

Work Form Home (WFH) Dapat Meminimalisir Penyebaran Covid-19

WFH atau Bekerja dari Rumah Tapi Tidak Membosankan

Pandemi Covid-19 mengakibatkan anjuran untuk Work Form Home (WFH) atau biasa disebut dengan bekerja dari rumah. Dengan adanya WFH diharapkan dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. Namun WFH cenderung menimbulkan rasa bosan dan malas sehingga bekerja menjadi tidak produktif. Agar tercapainya produktivitas bekerja, berikut 10 tips yang perlu anda ketahui, sehingga anda dapat melaksanakan WFH dengan bahagia dan produktif :

 

Menjaga Jadwal Tidur

Sering kali ketika menghabiskan banyak waktu di rumah, jadwal tidur kita terganggu. Bangun kesiangan. Tidur kemalaman. Banyak godaan untuk tetap konsisten dengan jadwal tidur, terutama medsos.

Menjaga jadwal tidur merupakan kunci utama mencapai kualitas tidur yang dapat kita lakukan sebagai self-care atau perawatan diri. Akan lebih baik jika waktu bangun dan tidur konsisten sama apapun kegiatan yang dilakukan. Misalnya jika bangun jam 4 pagi, maka tetap jaga untuk bangun jam 4 pagi terus. Begitu pula dengan waktu tidur. Kualitas tidur yang terjaga akan membuat tubuh kita lebih sehat dan segar.

Jika jadwal berubah-ubah, memungkinkan untuk merasa pusing sepanjang hari, atau mood menjadi sering berubah. Ketika ini terjadi, muncul godaan untuk ingin tidur siang yang lama. Apalagi jika tidak memiliki pekerjaan atau kegiatan di sore hari.

Baca Juga :  Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Malaria

Jika anda benar-benar ingin tidur siang, usahakan agar tidak terlalu lama setidaknya 20 menit dan pasang alarm. Kunci keberhasilan ada pada keteguhan anda.

 

Kenakan pakaian kerja sederhana

WFH seringkali menjadi ajang untuk bermalas-malasan. Bahkan, seharian di rumah bisa menjadi pesta piyama. Sepanjang hari mengenakan piyama.

Lakukan kegiatan seperti biasa sebelum bekerja. Mandi, menyisir rambut, berhias, dan kegiatan kecil lainnya. Kegiatan kecil bersiap ini akan membawa kita untuk lebih mudah melangkah ke WFH.

Tidak perlu menggunakan pakaian kerja formal lengkap, hanya kenakan pakaian kerja sederhana dan nyaman. Kegiatan bersiap ini akan me-mind-set otak bahwa ini bukan weekend atau cuti. Dengan kegiatan sederhana ini menjadikan pikiran anda siap untuk hari kerja.

 

Membuat area kerja sederhana

Jika anda tidak punya ruang lebih, anda bisa menunjuk daerah atau space untuk tempat khusus anda bekerja. Anda bisa menggunakan sebagian ruang kelurga, atau ruang tamu, bahkan meja makan anda. Akan sangat membantu jika ada area khusus bekerja anda.

Sama seperti kegiatan bersiap, memiliki are khusus bekerja membantu otak berpikir bahwa ini juga kerja yang sesungguhnya. Seolah-olah anda mempunyai kantor juga di dalam rumah. Yang paling penting, jagalah area kerja tetap rapi dan nyaman. Tentunya itu akan meningkatkan mood dan motovasi bekerja.

Baca Juga :  Sehat saat Ibu Hamil dengan Membiasakan Jalan Kaki

 

Jadwalkan waktu istirahat bekerja

Jangan membuat daftar tugas yang menyeramkan dan membuat anda stress. Tetapi tetap focus pada apa yang ingin dicapai pada hari ini, dan jangan lupa untuk waktu istirahat. Bermainlah atau melakukan hal lain agar tidak mudah bosan. Bangunlah hari anda dengan bijaksana sejak awal.

 

Makan siang sehat

WFH sering kali diiringi dengan cemilan ini itu. Apalagi jika anda stress, cemilan dan junk food menjadi teman setia anda. Akan lebih baik jika mengubah pola cemilan anda menjadi cemilan yang lebih sehat. Dan juga makanlah makanan siang yang sehat. Makanan sehat akan memberi tubuh anda nutrisi agar anda berenergi menjalankan WFH dan tetap sehat. Ciptakan waktu makan siang, layaknya bekerja di kantor.

Jangan lupa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum yang cukup. Sediakan botol minum di dekat meja kerja anda.

 

Olahraga ringan

WFH cenderung memaksa anda bekerja di depan layar laptop atau monitor. Mata anda akan sering cepat lelah. Istirahatlah sejenak, berdiri dan bergerak aktif selama 15 menit. Kegiatan ini akan memperbaiki suasana hari dan menjadikan anda dapat memproses informasi lebih baik. Terkadang juga memberikan energi lebih. Setelah dirasa cukup olahraga ringan, kembalilah bekerja.

Baca Juga :  Manfaat Putih Telur Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Olahraga banyak memberikan manfaat. Khususnya meningkatkan kekebalan tubuh. Anda juga merasa lebih segar dalam bekerja.

 

Libatkan anak dalam kegiatan self-care

Tak hanya pekerja, selama pandemi anak belajar dari rumah juga. Belajar dari rumah merupakan pesta liburan bagi pelajar, bermalas-malasan dan ngegame. Alangkah lebih baik jika anda melibatkan anak dalam kegiatan self-care sama seperti anda. Sehingga mereka dapat mencapai belajar dari rumah yang berkualitas. Anda juga dapat mendampingi anak ketika belajar dari rumah.

Anda janganlah terlalu ketat pada aturan self-care terhadap anak, tetapi tunjukkan manfaat dari menciptakan rutinitas.

 

Tentukan waktu akhir kerja

Sama seperti ketika memulai hari dengan persiapan bekerja, anda juga melakukan persiapan ketika selesai bekerja. Seperti menutup laptop, berganti pakaian santai, dan sebagiannya. Menentukan batas waktu kerja juga penting, ini menghindari bekerja yang terlalu berlebihan atau overworking.

Bekerja dari rumah juga cenderung membuat anda bekerja sampai larut malam. Jangan lakukan itu, kembalikah ke rutinitas seperti biasanya. Anda harus tau kapan anda berhenti bekerja pada hari itu.

Sekian tips bekerja dari rumah. Jalanilah bekerja dari rumah dengan produktif dan bahagia.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close