Toga, Herbal & Kesehatan

Pengertian Diare Serta Delapan Cara Alami Untuk Mengatasi Masalah Diare

Pengertian-Diare-Serta-Delapan-Cara-Alami-Untuk-Mengatasi-Masalah-Diare

Menurut Wikipedia, Diare (bahasa Inggris: diarrhea) adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

Masalah diare bisa disebabkan karena : mengkonsumsi alkohol dan kopi secara berlebihan, efek samping obat-obatan tertentu, gelisah, kurang gizi, hilangnya kekebalan tubuh, alergi terhadap susu, infeksi virus dan infeksi bakteri.

Yang perlu diketahui gejala-gejala bila mengalami malasah penyakit diare. Gejala-gejalanya adalah terasa mual, pusing, kehabisan cairan, kembung, demam, tubuh terasa lemas, menderita kram perut serta BAB terus-menerus.

Anda sekarang tidak perlu takut dan khawatir jika anda mengalami masalah diare, karena sekarang saya akan menjelaskan cara-cara alami untuk mengatasi masalah diare. Jadi, simaklah dengan baik dibawah ini cara-cara alami untuk mengatasi masalah diare.

1. Jambu Klutuk

Baca Juga :  Tidak Semua Pohon Bajakah Bisa Jadi Obat Kanker, Jenis Ini Jadi Racun

Caranya sediakan 3 pupus daun jambu klutuk yang masih muda, garam secukupnya dan air matang 2 sdm. Lalu cucikan pupus jambu klutuk sampai bersih, kemudian dihaluskan, selanjutnya campurkan sedikit garam dan tambahkan dengan 2 sdm air matang, setelah itu minum ramuan ini setiap kali diare cukup 1 sdm saja.

2. Daun Sendok

Caranya ialah sediakan 30 gr daun sendok yang masih segar dan 3 gelas air. Lalu rebuskan daun sendok dengan 3 gelas air, tunggu sampai air rebusannya mendidih dan tersisa 1 gelas, kemudian saring untuk ambil airnya, tunggu sampai ramuan agak dingin, setelah itu diminum ramuan tersebut. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

3. Akar Jeruk Nipis

Caranya yaitu sediakan 2-4 potong akar jeruk nipis dan 6 gelas air. Lalu cucikan akar jeruk nipis sampai bersih, kemudian rebuskan dengan 6 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 4 gelas, tunggu ramuannya dingin, setelah itu baru diminum ramuan tersebut tiap sore hari.

4. Tanaman Baru Cina

Baca Juga :  Obat Mata Katarak, Mata Rabun, Silinder, Plus Minus dengan Bunga Kitolod

Caranya sediakan 10-30 gr tanaman baru cina, 1 jari jahe dan 6 gelas air. Lalu rebuskan semua bahan dengan 6 gelas air yang sudah disediakan, tunggu sampai ramuannya mendidih dan tersisa 3 gelas, tunggu sampai ramuan tersebut dingin dan saringkan, setelah itu minum ramuan tersebut 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

5. Kunyit dan Kapur Sirih

Caranya sediakan 2 jari kunyit dan iriskan tipis-tipis, lalu rebus dengan 1 gelas air, tunggu sampai medidih dan tersisa 1/3 gelas, kemudian tambahkan dengan 1 sdt air kapur sirih, aduk hingga rata, setelah ramuannya dingin disaringkan dan diminum 3 kali sehari.

6. Daun Prasman

Caranya sediakan daun prasman secukupnya dan 1 gelas air panas. Lalu seduhkan daun prasman dalam segelas air panas, tunggu beberapa saat sambil diaduk, kemudian saring airnya, setelah itu minum ramuan tersebut 1 kali sehari.

7. Sawo Muda

Caranya sediakan buah sawo muda 1 biji, garam secukupnya dan air secukupnya. Lalu cucikan buah sawo muda sampai bersih dan dihaluskan, kemudian tambahkan dengan sedikit garam dan air matang secukupnya, aduk sampai semua bahan tercampur rata, selanjutnya disaringkan, setelah itu minum ramuan ini sampai diare mulai berhenti.

Baca Juga :  Kandungan Omega Bandeng Cegah Penyakit Jantung Koroner

8. Bubuk Kulit Kayu Manis

Caranya sediakan 1 1/2 garam bubuk kulit kayu manis dan air panas secukupnya. Lalu seduhkan bubuk kulit kayu manis ke dalam air panas yang sudah disediakan, kemudian disaringkan, tunggu sampai ramuan dingin, setelah itu baru minum ramuan tersebut 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi jika anda mengalami masalah diare. Karena sudah ada cara-cara alami yang sudah dijelaskan diatas untuk mengatasi masalah diare. Jika anda adalah salah satu yang terkena masalah diare, anda juga bisa mencoba salah satu ramuan yang sudah dijelaskan diatas agar diare anda bisa cepat sembuh. Kalau begitu selamat mencoba dirumah dan semoga cara-cara alami untuk mengatasi masalah diare yang sudah dijelaskan diatas bisa bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close