Toga, Herbal & Kesehatan

Apa yang Dimaksud Dengan Tumbuhan Patah Tulang? Simak Sini

Apa-yang-Dimaksud-Dengan-Tumbuhan-Patah-Tulang?-Simak-Sini

Apakah Anda sudah pernah dengar tumbuhan yang bernama patah tulang? Tumbuhan patah tulang ini adalah tumbuhan yang berasal dari daerah Amerika Tropis. Di Indonesia tanaman ini ditanamkans sebagai tanaman pagar, tanaman obat dan dijadikan sebagai tanaman hias dipot.

Tanaman patah tulang ini dapat Anda temukan didataran rendah sampai ketinggiannya yang mencapai 600m dpl. Tanaman patah tulang yang satu ini sangat suka dengan tempat yang terbuka dan terkena cahaya matahari secara langsung.

Ranting patah tulang yang telah kering ini berguna untuk mengusir nyamuk, caranya dengan dibakar. Getahnya dipakai untuk meracuni ikan sehingga mudah untuk ditangkap. Namun, jika getah patah tulang mengenai mata, resikonya tinggi yaitu dapat menyebabkan buta. Di Jawa, tanaman ini jarang berbunga. Perbanyakan bisa dilakukan stek batang.

Baca Juga :  Mengatasi Tekanan Darah Rendah Dengan Bahan Alami

Bagian dari tanaman patah tulang yang dapat kita jadikan sebagai obat bagi kesehatan Anda adalah akar, batang kayu, ranting dan getahnya. Nah, berikut saya akan menjelaskan macam-macam manfaat tanaman patah tulang bagi kesehatan Anda. Jadi simaklah dengan baik dibawah ini.

01. Mengobati Sakit Gigi

Caranya ialah teteskan getah patah tulang pada kapas yang telah digulung kecil. Lalu masukkan kapas yang sudah basah tadi ke dalam gigi yang sakit dan berlubang. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari. Hati-hati jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

Baca Juga :  Manfaat Cendana Bagi Kesehatan dan Kecantikan

02. Mengatasi Frambusia

Caranya yaitu cuci dahan patah tulang sebanyak 1/2 genggam dan gedung cina sebanyak 1/2 kepalan tangan, lalu tumbukkan sampai halus. Kemudian tambahkan getah buah gondang dan getah buah pepaya muda masing-masing sebanyak 2 sdm, adukkan sampai merata. Gunakan ramuan ini untuk melumas dan menurap kulit yang borok, lalu balutkan. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

03. Mengatasi Tahi Lalat Membesar dan Gatal

Caranya gosok tahi lalat dengan menggunakan air jeruk nipis, lalu oelskan tahi lalat dengan getah patah tulang memakai kapas berlidi. Jika sudah kering, boleh diulang lagi. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Hati-hati jangan sampai getahnya terpercik ke dalam mata.

Baca Juga :  Inilah Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh

04. Mengatasi Tulang Patah

Cara pengobatannya yaitu, gilingkan kulit luar dahan patah tulang sampai halus, kemudian tempelkan pada atas tulang yang patah dan dibalutkan.

Catatan: Hati-hati saat mematahkan dahan patah tulang agar getahnya tidak mengenai mata. Jika getah memerciki mata, cepat bilas dengan air kelapa atau santan. Getahnya bisa menyebabkan mata menjadi buta.

Nah, itulah manfaat dari tumbuhan patah tulang yang dapat saya jelaskan secara singkat. Semoga bermanfaat bagi Anda, terimak kasih telah mengunjungi blog saya.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close