Toga, Herbal & Kesehatan

Anda Mau Tahu Apa Saja Manfaat Daun Waru Bagi Kesehatan? Simak Disini

Anda-Mau-Tahu-Apa-Saja-Manfaat-Daun-Waru-Bagi-Kesehatan-Simak-Disini

Yenisafira.com – Waru (Hibiscus tiliaceus) adalah tumbuhan yang dapat dijumpai didaerah pantai sampai dataran tinggi yang ketinggiannya mencapai 1.700 m dpl. Jika tanaman ini hidup ditanah yang subur, maka batangnya akan lurus. Namun, jika tanaman ini hidup ditanah yang kurang subur, batangnya akan tumbuh bengkok.

Waru ini merupakan jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam famili Malvaceae dan termasuk ke dalam genus Hibiscus.

Tanaman waru ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit. Anda mau tahu apa saja manfaat tanaman waru untuk menyembuhkan penyakit? Jika Anda mau tahu, berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat tanaman waru untuk menyembuhkan penyakit.

Baca Juga :  Tips Menghaluskan Rambut Dengan Bahan Alami, Baca Disini

1. Muntah Darah

Caranya yaitu cuci 10 lembar daun waru sampai bersih, lalu gilingkan daun waru sampai halus, kemudian tambahkan dengan 1 cangkir air minum sambil diremas-remas. Selanjutnya, saringkan dan tambahkan air gula secukupnya ke dalam air saringan, setelah itu minum sekaligus.

2. Batuk Berdahak

Cara pengobatannya yaitu cuci 10 lembar daun waru muda sampai bersih, lalu tambahkan gula batu seukuran telur burung merpati, kemudian tambahkan dengan 3 gelas air bersih, selanjutnya rebuskan sampai airnya tersisa menjadi 3/4 bagian. Setelah dingin, saringkan ramuannya dan minum air ramuannya 3 kali sehari, masing-masing 1/3 bagian.

Baca Juga :  Bahaya Virus Zika Bagi Janin Ibu Hamil, Warning Zika

3. Radang Amandel

Caranya ialah cucikan 1 genggam daun waru yang masih segar, lalu rebuskan dengan 2 gelas air bersih, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 1/2 gelas. Setelah dingin, saringkan dan gunakan untuk berkumur, terus diminum 3-4 kali sehari, setiap kali cukup seteguk.

4. Mengobati BAB Berdarah

Caranya sediakan 8 kuncup daun waru segar dan cucikan sampai bersih, lalu diremas-remaskan ke dalam air bersih sampai mengental seperti pasta atau selai, kemudian masukkan gula aren (sebesar biji kacang tanah), adukkan sampai gula larut. Selanjutnya peraskan dan saringkan menggunakan kain halus yang bersih, setelah itu minum ramuan tersebut sampai habis sekaligus. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur sampai sembuh.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kulit Belang

5. Mengobati TB Paru

Caranya yaitu potong-potong 1 genggam daun waru segar dan cucikan sampai bersih, lalu tambahkan dengan 3 gelas air, kemudian rebuskan sampai mendidih dan tersisa menjadi 3/4 gelas. Setelah dingin, disaringkan dan tambahkan air gula secukupnya, setelah itu minum ramuan tersebut 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Nah, itulah manfaat daun waru untuk menyembuhkan penyakit yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya, terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close