Toga, Herbal & Kesehatan

Waspadai Trigliserida Tinggi Lemak Darah

Kesehatan jantung bergantung pada kadar kolesterol dan trigliserida

Trigliserida sering dikaitkan dengan kolesterol. Namun hanya beberapa orang yang kenal dengan trigliserida. Lantas apa perlu dibahas mengenai trigliserida? Sangat pertu menurut kami, karena pada dasarnya kesehatan jantung bergantung pada kadar kolesterol dan trigliserida. 

 

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Selain dibawa oleh darah, trigliserida juga merupakan zat hasil konversi kalori yang tidak dipakai dan disimpan di dalam jariangan. Sewaktu-waktu trigliserida yang disimpan sewaktu-waktu dapat dipakai untuk menyediakan cadangan energi bagi tubuh jika dibutuhkan. Lalu apa yang terjadi jika seseorang mengkonsumsi sumber kalori yang melebihi batas kebutuhan tubuh? Orang ini akan memiliki kadar trigliserida yang tinggi. Tingginya trigliserida dapat meningkatkan potensi terjangkit penyakit jantung, stroke, penyumbatan pembuluh darah, dan penyakit jantung lainnya. Kadar trigliserida di atas 1.000 mg/dL dapat menyebabkan pankreatitis akut.

 

Baca juga:

11 Obat Tradisional Trigliserida Tinggi

Cara Alami Untuk Mengatasi Hipertensi

Cara Menyembuhkan Diabetes dan Menurunkan Kolestrol Dengan Daun Salam

Bajakah Obat Kanker Terbaik Yang Ada di Hutan Kalimantan Suku Dayak

Apakah Gula Merah Aman Bagi Penderita Diabetes?

 

Tes Kadar Trigliserida

 

Mengingat bahaya tingginya trigliserida, anda perlu menjaga kadar trigliserida dalam batas normal.  Untuk mengetahuinya anda bisa melakukan tes darah. Lantas dalam kirasan berapa trigliserida dikatakan normal? Berikut tabel yang membantu anda dalam mengontrol kadar trigliserida :

Baca Juga :  Apa Saja Kandungan Serta Ciri-Ciri Wortel?

 

Status Kadar Trigliserida
Normal < 150 mg/dL 1.7 mmol/L
Cukup tinggi 150 – 199 mg/dL 1.8 – 2.2 mmol/L
Tinggi 200 – 499 mg.dL 2.3 – 5.6 mmol/L
Sangat Tinggi >500 mg/dL >5.7 mmol/L

 

Ketika anda hendak melakukan tes darah, anda harus berpuasa terlebih dahulu selama 9 – 12 jam. Tujuannya untuk mendapatkan hasil pengukuran trigliserida yang akurat. Biasanya tes gliserida masuk ke dalam bagian tes kolesterol. Untuk anda yang berusia di atas 21 tahun, lakukan tes setidaknya 5 tahun sekali. Ayo jaga kesehatan tubuh anda, jangan sampai tunggu gemuk baru tes.

 

Penyebab Trigliserida

 

Umumnya sebagian besar trigliserida tinggi disebabkan obesitas dan diabetes yang tak terkontrol. Selain itu bisa disebabkan beberapa faktor di bawah ini :

  • penyakit hipotiroid
  • penyakit ginjal
  • genetik : gangguan metabolisme lemak
  • efek samping dari terapi pengganti hormon esterogen
  • efek samping obat (steroid, beta blocker, tamoksifen, pil KB, dan diuretik)

Semua orang berpotensi memiliki kadar trigliserida tinggi, namun ada beberapa kelompok yang memiliki tingkat resiko tinggi sebagai berikut :

  • orang yang obesitas
  • orang  berusia di bawah 50 tahun yang sudah mengalami penyakit jantung
  • wanita dewasa, terlebih jika sedang hamil
  • wanita yang mengkonsumsi obat hormon estrogen
Baca Juga :  Apa Saja Manfaat Es Batu Bagi Kecantikan? Simak Disini

 

Cara Menurunkan Kadar Trigliserida

 

Jika anda sudah  tes darah dan hasilnya kadar trigliserida tinggi, anda tak perlu risau. Anda perlu merubah pola makan dan mulai melakukan gaya hidup sehat. Berikut adalah saran dan tindakan sederhana yang perlu anda lakukan

 

  1. Mengontrol berat badan. Jika anda mulai merasa lebih buncit dan lengan membesar, itu tandanya anda perlu mengontrol berat badan anda dan mengembalikannya ke dalam keadaan ideal. Menurunkan 2 – 5 kg, cukup untuk menurunkan trigliserida yang meningkat.
  2. Lemak sehat. Gantilah lemak jenuh yang selama ini anda konsumsi dengan lemak tak jenuh. Perlu diketahui daging mengandung lemak jenuh. Lemak tak jenuh bisa anda dapatkan dari tanaman, contohnya minyak kacang, minyak zaitun, alpukat, susu rendah lemak, dan minyakcanola. Lebih dianjurkan konsumsi ikan laut ketimbang daging. Sebagai catatan, ikan kaya akan omega 3 asam lemak. Berbagai makanan dan minuman kemasan biasanya mengandung lemak trans/lemak jahat.
  3. Menurunkan jumlah kalori. Kalori yang dikonsumsi secara berlebihan akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak. Oleh karena itu, menurunkan jumlah kalori yang dimakan berarti juga menurunkan kadar trigliserida.
  4. Mengontrol konsumsi gula dan makanan olahan. Gula atau makan terbuat dari tepung. Yang jadi masalah adalah tepung merupakan jenis karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar trigliserida.
  5. Tidak untuk alkohol dan merokok. Alkohol mengandung kalori yang cukup tinggi, tentunya ini akan meningkatkan kadar trigliserida. Rokok mengandung zat kimia yang bernama akrolein. Bahaya zat ini adalah menghentikan kolesterol baik menyalurkan kolesterol yang menumpuk dalam lemak menuju hati.
  6. Olahraga/aktivitas fisik. Sudah menjadi aturan baku bahwa untuk menghilangkan lemak (termasuk trigliserida) yang menumpuk dalam tubuh, anda harus rajin olahraga. Anda bisa mulai dengan olahraga ringan dan sederhana, sepert jogging, renang, dan jalan santai. Alangkah lebih baiknya jika anda rutin melakukannya selama 30 menit per hari. Olahraga rutun dapat membantu anda menurunkan kadar trigliserida anda, terlebih lagi menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.
Baca Juga :  Mengobati Disentri dan Mengatasi Kurang Darah Dengan Bayam

 

Mengontrol kadar trigliseridan dan kesehatan pada dasarnya sederhanaKuncinya adalah gaya hidup. Mulailah merubah gaya hidup anda untuk hidup yang lebih baik. “Mencegah lebih baik dari mengobati”, Jadikan pernyataan itu sebagai tindakan bukan hanya sekedar kata-kata.

 

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close