Ternak Udang Vannamei Begitu Menjanjikan, Berikut Kelebihan Jenis Udang Ini

Ternak Udang Vannamei begitu menjanjikan. Pengusaha di bidang peternakan jadi trend dan kian semarak. Kucuran dana bantuan dinas pertanian dan peternakan gencar, selayaknya dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Salah satunya bidang peternakan Udang Vannamei yang semakin dibidik karena menjanjikan dan banyak kelebihan dari jenis udang ini.

Keunggulan Udang Jenis Vannamei

Keunggulan dari ternak udang Vannamei atau nama ilmiyahnya (litopenaeus vannamei) adalah berjenis udang introduksi yang sudah lama juga meminati untuk dibudidayakan. Diantara kelebihan dari jenis ini adalah: tahan terhadap seragan penyakit, perkembangan tumbuhnya cepat (bisa panen 120-130 hari), waktu sintasan  pemeliharaan tinggi dan nilai dikonversi pakannya (FCR-nya) relatif rendah (1:1,5).

Baca :  Cara Cepat Ternak Belut Jumbo Hasil Melimpah Untuk Pemula

 

Bagi orang yang bermodal terbatas banayak pula beranggapan, kalau udang vannamei hanya bisa dibudidaya dengan cara intensif., namun ternyata itu tidaklah benar, sebab hasil kajian terapan sebenarnya vannamei sangat bisa dibudidayakan dengan pola/ cara tradisional.

Baca :  Cara Budidaya Udang Galah Intensif Cepat Panen di Kolam

 

Bahkan dengan pola tradisional petambak udang vannamei dapat menghasilkan ukuran panen yang lebih besar sehingga harga per kilo gramnya menjadi lebih mahal.Teknologi yang tersedia saat ini masih untuk pola intensif dan semiintensif, pada hal luas areal pertambakan di indonesia yang mencapai sekitar 360.000 ha, 80% digarap oleh petambak yang kurang mampu.

Baca :  Nilai Ekonomis dan Manfaat Chitosan Pada Limbah Kulit Udang

Informasi teknologi pola tradisional plus untuk budi daya udang vannamei sampai saat ini masih sangat terbatas. Diharapkan dengan info ini dapat menambah wawasan pengguna dalam mengembangkan budidaya udang vannamei pola tradisional plus.