Lele

Mengenal Jenis Ikan Lele Dumbo di Kepulauan Indonesia

Ikan lele dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Ikan Lele dumbo mempunyai lima buah sirip yang terdiri dari sirip pasangan (ganda) dan sirip tunggal.

Sirip yang berpasangan pada lele dumbo adalah sirip dada (pectoral) dan sirip perut (ventral), sedangkan yang tunggal adalah sirip punggung (dorsal), ekor (caudal) serta sirip dubur (anal). Sirip dada ikan lele dumbo dilengkapi dengan patil atau taji tidak beracun. Patil lele dumbo lebih pendek dan tumpul bila dibandingkan dengan lele lokal (Santoso, 1994).

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus Burchell) berasal dari Benua Afrika dan pertama kali didatangkan ke Indonesia pada tahun 1984. Jenis ikan lele ini termasuk hibrida dan pertumbuhan badannya cukup spektakuler baik panjang tubuh maupun beratnya. Dibanding kerabat dekatnya ikan lele lokal (Clarias batrachus), lele dumbo memiliki pertumbuhan empat kali lebih cepat.

Baca juga:

Baca Juga :  Budidaya Ternak Lele Siap Target Panen, Cobalah Sistem Bioflok

Penyakit Lele, Penyebab Ikan Lele Mati, Tips Mencegah dan Pengobatannya

Sistem Budidaya Ikan Lele Tanpa Ganti Air dan Percepatan Pertumbuhan

Lokasi Ideal dan Kondisi Air Budidaya Pembesaran Ikan Lele Cepat Panen

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo Menjanjikan

Teknik Usaha Budidaya Ikan Lele dan Pemasarannya di Kabupaten Sleman

Kolam Terpal Sangat Efektif Untuk Budidaya Ternak Lele

Jenis ikan lele yang dikembangkan di Indonesia

Oleh sebab itu, ikan jenis ini dengan mudah menjadi populer di masyarakat (Santoso,1994) Di Indonesia ada 6 (enam) jenis ikan lele yang dikembangkan:

  1. Clarias nieuhofi, yang dikenal sebagai ikan lindi (Jawa), limbat (Sumatera Barat), kaleh (Kalimantan Selatan).
  2. Clarias loiacanthus, yang dikenal sebagai ikan keli (Sumatera Barat), ikan penang (Kalimantan Timur).
  3. Clarias gariepinus Burchell, yang dikenal sebagai lele dumbo berasal dari Afrika.

4. Clarias batrachus, dikenal sebagai ikan lele (Jawa), ikan kalang (Sumatera Barat), ikan maut (Sumatera Utara), dan ikan pintet (Kalimantan Selatan).
5. Clarias teysmani, dikenal sebagai lele Kembang (Jawa Barat), Kalang putih (Padang).
6. Clarias melanoderma, yang dikenal sebagai ikan duri (Sumatera Selatan), wais (Jawa Tengah), wiru (Jawa Barat).

Baca Juga :  Teknis Pemeliharaan Ikan Lele Dumbo Hasilkan Omega 3 Tinggi

Ikan lele digemari semua lapisan masyarakat sebagai protein hewani alternatif yang harganya murah. Ikan lele mudah diolah, bergizi tinggi dan rasanya enak. Ikan lele dumbo mudah dipelihara, disimpan dan dipasarkan baik berupa ikan hidup maupun ikan segar (Puspowardoyo dan Djarijah, 2002).

Kedudukan taksonomi ikan lele dumbo adalah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Ordo : Ostariophysi
Famili : Claridae
Genus : Clarias
Spesies : Clarias gariepinus Burchell
(Djatmika et al,1986)

Ciri Morfologis Lele Dumbo

Menurut Puspowardoyo dan Djarijah (2002), Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus Burchell) memiliki morfologi yang mirip dengan lele lokal (Clarias batrachus). Bentuk tubuh memanjang, agak bulat, kepala gepeng dan batok kepalanya keras, tidak bersisik dan berkulit licin, mulut besar, warna kulit badannya terdapat bercak-bercak kelabu seperti jamur kulit manusia (panu).

Baca Juga :  Cara Budidaya Ikan Lele Cepat Panen dalam Kolam Terpal

Ciri-ciri morfologis lele dumbo lainnya adalah sungutnya. Sungut berada di sekitar mulut berjumlah delapan buah atau 4 pasang terdiri dari sungut nasal dua buah, sungut mandibular luar dua buah, mandibular dalam dua buah, serta sungut maxilar dua buah. Ikan lele mengenal mangsanya dengan alat penciuman, lele dumbo juga dapat mengenal dan menemukan makanan dengan cara rabaan (tentakel) dengan menggerak-gerakan salah satu sungutnya terutama mandibular (Santoso, 1994).

Demikain dulu tentang Mengenal Jenis Ikan Lele Dumbo di Kepulauan Indonesia, lain waktu kita bahas pakan ikan lele dumbo, perbedaan lele dumbo dengan lele sangkuriang, cara mempercepat pertumbuhan lele dumbo, cara budidaya ternak lele dumbo pemula. Sampai jumpa di lain waktu.

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close