Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo Menjanjikan

Diposting pada

Budidaya Ikan Lele dumbo merupakan peluang usaha yang lumayan menjanjikan dan tidak terlalu memerlukan modal usaha yang besar. Perlu Analisis untuk memulai budidaya ikan lele Dumbo, apakah itu untuk pembibitan dan pembesaran.

 

Kosumen Bisnis Ternak Lele

Dengan harga ikan lele yang terjangkau, seringkali stok dari peternak melimpah. Dengan adanya inovasi para pengusaha, stok yang melimpah itu bisa diolah dengan cara unik dan kreatif seperti olahan lripik yang enak, unik, serta kemasan yang menarik, mampu meningkatkan nilai jual ikan lele di pasaran.

Produk olahan ikan lele justru lebih banyak digemari semua kalangan masyarakat. Awalnya tidak suka dengan ikan lele menjadi suka, contohnya abon lele, keripik lele,  dendeng lele dan lain sebagainya.

 

Bisnis Ternak Lele Dumbo Menjadi Trend

Peluang usaha Budidaya lele dumbo lumayan besar, sebab kebutuhan ikan lele dumbo selalu kurang untuk di kirim ke warung-warung perkotaan untuk konsumsi. Budidaya ikan lele dumbo untuk konsumsi bisa dipanen ketika sudah mencapai bobot tertentu,  berat 1 ons per ekor ikan lele dumbo sampai 1 kg per ekor. Ukuran Lele Dumbo 1 Kg /ekor  ke atas biasanya digunakan pada kolam pemancingan yang berisi lele dumbo.

Bisnis Ternak Lele Budidaya Lele Dumbo Untuk Pembibitan

Untuk tujuan pembibitan yang perlu dilakukan adalah:

  • Pemijahan dan penetasan telur lele dumbo, ketika indukan menetaskan telurnya, anda bisa menjualnya pada peternak lain untuk pembesaran sebab punya nilai jual dan diperlukan oleh peternak lain untuk pembesaran, tentu besarnya/ bobot bibit dumbo mempengaruhi nilai harga.   Jika lahan anda sempit, bisnis pembibitan cocok untuk kondisi lahan sempit, yaitu cukup hanya dengan lahan sempit dan indukan lele dumbo.
  • Penyediaan Bibit Ukuran 2-3 cm, waktu 1 bulan cukuplah bibit berubah ukuran 2-3 cm dan sudah siap dijual ke pasaran. Benih yang sudah menetas sampai ukuran 2-3 cm cocoknya dipindahkan ke kolam lumpur atau sawah, saat itulah membutuhkan lahan yang lumayan luas dan mulai membutuhkan pakan pabrikan.
  • Penyediaan Bibit ukuran 5-7 cm, ketika sudah mencapai ukuran 5-7 cm benih lele dumbo, ini sudah cukup dijual ke peternak yang fokus di pembesaran lele sampai ukuran layak konsumsi.
Baca :  Budidaya Ternak Lele Siap Target Panen, Cobalah Sistem Bioflok

Pembesaran Lele Dumbo Untuk Konsumsi

Lele dumbo untuk kebutuhan konsumsi yaitu ketika berukuran 5-7 cm atau lebih besar dari itu, target panen bisa 2 bulan tapi dengan memperhatikan makanan yang ekstra dan optimal. Pembesaran lele dumbo untuk konsumsi justru lebih mudah, sebab ukuran lele yang sudah besar umumnya lebih tahan terkena penyakit, jadi tingkat hidupnya jauh lebih tinggi. Untuk mencapai ukuran lele dumbo yang maksimal besar diperlukan masa waktu pemeliharaan 3 sampai 4 bulan.

 

Persiapan Pembuatan Kolam Terpal

Persiapan untuk budidaya lele dumbo menggunakan kolam terpal diperlukan lahan kolam, material terpal dan peralatan pendukungnya. Besarnya lahan disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan dipelihara. Khusus pembesaran sampai tingkat konsumsi diperlukan ukuran kolam 2 x 1x 0.6 meter dengan isi 100 ekor bibit ukuran 5-7 cm. Model kolam bisa dengan terpal dengan menggali tanah ataupun bisa kolam rangka kayu lalu dilapisi terpal.

Pemeliharaan dan Pembesaran Lele Dumbo

Isilah terpal dengan air setinggi 40 cm terlebih dahulu, lalu taruh bibit ukuran 5-7 cm supaya ikan tidak terlalu capek naik dan turun ke dasar kolam untuk mengambil oksigen. Jika bibit bertambah besar barulah ukuran kedalaman air ditambahkan. Sediakanlah juga rumpon atau seperti perlindungan untuk lele sejenisnya lah, karena lele puya karakter senang bersembunyi dan tertutup.

Baca :  Pengaruh Permintaan dan Penawaran Terhadap Harga Lele

 

Pakan

  • Pakan pelet sebaiknya sehari dua kali sudah cukup, lebih juga lebih bagus, terpenting merata ketika memberi pakan. Pakan alami juga menunjang proses pembesaran seperti Bekicot, kerang, keong emas, rayap dan lain sebagainya. Makanan alami tentu menghemat pengeluaran dan memiliki kandungan protein tinggi sehingga mempercepat pertumbuhan.

  • Lele dumbo tahan terhadap kondisi air yang buruk, tapi sebaiknya perlu ganti air sekitar 10-30% setiap minggu, supa kolam tidak terlalu kotor dan berbau. Penyakit pada ikan lele mudah menyerang pada air yang kotor. Pada usia satu bulan atau 2 bulan perlu pemisahan lele yang berukuran beda, sebab bila kelaparan yang besar bisa memakan yang ukuran lebih kecil. Pertumbuhan lele tidak sama rata, jadi perlu pemisahan lele besar dengan yang kecil. Ini dikarenakan kalah bersaing berebut makanan.
  • Pisahkan pula ikan yang sakit atau mati, dikawatirkan bisa menular pada ikan yang sehat.

 

So… membaca paparan diatas anda tertarik untuk bisnis ternak lele? jika anda tertarik, mulailah mencari informasi seluas-luasnya. Bila perlu harus magang dipeternakan lele yang telah berpengalaman dan sukses.

Demikian tadi ulasan Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo Menjanjikan, lain waktu kita ulas cara budidaya di kolam terpal dan pakan yang cocok supaya cepat besar.