Motivasi Sukses Budidaya Ternak Lele dan Bisnis Olahan Ikan Lele

Diposting pada

Ternak lele selalu jadi pilihan dibudidayakan, selain penjualannya cepat juga keuntungan berlipat-lipat. Tidak hanya ikannya yang dapat dibisniskan, olahan ikan lele juga laris loh dibisniskan. Selain itu ikan lele mudah dipelihara dan cepat besar dan cepat panen. Tekniknyapun mudah dipelajari, mulai ternak media terpal, media drum, biflok dan lain sebagainya.

Aneka masakan dari lele sering kita menemukan di warung-warung, rasa daging yang enak, lezat dan gurih membuat bisnis budi daya lele menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Bisnis budidaya lele cukup menjanjikan dan dibanyak lokasi pedesaan membudidayakannya, bahkan diperkotaan sudah banyak yang menerapkan ternak lele sistem bioflok. Hasil olahan lele sering kita lihat diperjualbelikan dan sangat laris, seperti pecel lele yang sering diburu konsumen. Kreatifitas pedagang olahan lele tak hanya itu tapi banayak diantaranya abon lele, keripik tulang lele, kerupuk lele, dendeng lele, nugget lele, hingga mangut lele.

 

Kunci Sukses Bisnis Ternak Lele

Minat pasar akan kebutuhan lele dan olahan lele sungguh besar, sampai kebutuhan permintaan ekspor, maka dari itu sebelum memulai bisnis ini mulailah  dengan beberapa tips sukses berikut :

  1. Pilihlah bahan baku lele langsung dari tempat budidaya yang berada di sekitar lokasi bisnis kita karena sudah pasti masih segar, selain harganya murah dari pada di pasaran juga dekat dan bisa meminimalisir biaya transport.
  2. Cobalah resep terbaru  yang belum ada dipasaran, tentu ini akan menarik minat pelanggan. Atau dapat juga memilih  menu olahan  ikan lele seperti nugget lele, keripik lele, atau abon lele yang telah beredar dipasaran untuk seriusi sebagai peluang usaha.
  3. Kualitas produk yang dihasilkan seperti kualitas rasa dan penampilan produk dengan packing eksklusif, ini menambah nilai jual karena kemasan dan menarik minat ketika terlihat kemasan bersih dan rapi.
  4. Strategi pemasaran perlu ditingkatkan dengan memulai cara termudah dan strategi modern, bisa dengan cara menitipkan produk kita ke toko oleh – oleh yang sudah dikenal, atau bisa kerjasama dengan supermarket yang berada di sekitar kita. Sedangkan untuk pemasaran luas anda dapat memanfaatkan penjualan via online atau internet, dengan begitu dapat menjangkau semua daerah dan ajak sekalian menjadi agen distributor produk dari kita. Bisa pula ketika ada pameran, kita ikut dan mengenalkan produk kita dan ajak kerjasama dan berikanlah promo.
Baca :  Klasifikasi Morfologi dan Biologis Ikan Lele Dumbo

 

Baca :  Sukses Budidaya Ternak Belut Secara Modern

Dengan keempat tips sukses yang telah dibahas, semoga dapat menciptakan peluang bisnis lele yang menambah pemasukan dan bisnis anda berkembang dengan pesat.