Lele

Penyakit Lele, Penyebab Ikan Lele Mati, Tips Mencegah dan Pengobatannya

penyakit yang biasa menyerang ikan lele, obat bibit lele

Penyebab penyakit lele hingga mati dan tips pencegahan dan cara mengobatinya. Berawal dari keluhan peternak ikan lele, yakni bapak Dimas Jati “sejak setahun lalu saya mulai beternak ikan lele dengan 1000 bibit berukuran 7-9 cm. Kolam tempat pemeliharaan lele berukuran 1,5 m x 1,5 m dengan ketinggian air 85 cm.  Namun sekarang banyak yang mati tanpa sebab, apa yah kira-kira yang menjadi penyebabnya ?

 

Baca Juga :

Sistem Budidaya Ikan Lele Tanpa Ganti Air dan Percepatan Pertumbuhan

Budidaya Lele Di Kolam Terpal Dengan Sistem Bioflok

Klasifikasi Morfologi dan Biologis Ikan Lele Dumbo

Pengaruh Permintaan dan Penawaran Terhadap Harga Lele

Baca Juga :  Teknis Pemeliharaan Ikan Lele Dumbo Hasilkan Omega 3 Tinggi

Budidaya Pembesaran Ikan Lele Pola Pembiayaan Usaha Kecil Syariah

Cara Budidaya Ikan Lele Cepat Panen dalam Kolam Terpal

Mencegah Penyakit Lele yang Mengakibatkan Kematian pada Bibit dan Indukan

 

Menurut pakarnya yang sudah berpengalaman, sebut saja Pepen Efendi menyarankan dengan tips-tips mencegah penyakit ikan lele yang mengakibatkan kematian sebagai berikut:

  1. Secara umum, ukuran bibit dan padat tebar sudah ideal. Ketinggian air juga memadai, biasanya di awal pemeliharaan ketinggian air cukup 15 cm dan terus ditinggikan secara bertahap 70-100 cm seiring pertumbuhan ikan lele.
  2. Kematian bisa terjadi lantaran bibit yang dibeli tidak dalam kondisi prima akibat penyakit atau luka karena penanganan pengepakan dan transportasi yang kurang baik. Itu bisa diatasi dengan obat, caranya redamlah bibit dalam larutan kalium permanganat KMnO, 35 g/m3 selama 24 jam sebelum tebar.
  3. Penyebab lain kematian bibit biasanya karena ketidakcocokan pakan, itu termasuk takaran ukuran butiran dan jenis pakan yang diberikan. Ukuran butir pakan berfariasi mulai dari bentuk tepung pelet berukuran diameter 1 mm, 2 mm sampai 3 mm. Pelet ukuran 3 mmdiberikan pada lele 1-2 minggu siap panen. Jumlah yang diberikan sebaiknya tidak melebihi 3,5 % bobot ikan perhari. Jika berlebih pakan pakan membusuk di dasar kolam dan mengeluarkan amonia. Kalau endapan itu teraduk dan naik, ikan tidak bisa bernafas dan akhirnya mati keracunan amonia.
  4. Jika semuanya sudah sesuai, tapi masih ada kematian, coba tutup 1/4 bagian kolam dengan plastik hitam untuk menciptakan suasana temaram. Lele termasuk ikan nokturnal dan suka makan ditempat yang temaram agak gelap.
Baca Juga :  Lokasi Ideal dan Kondisi Air Budidaya Pembesaran Ikan Lele Cepat Panen

Demikian tadi tips mencegah Hama Penyakit Lele, Penyebab Ikan Lele Mati, dan Pengobatannya, semoga manfaat.

Baca Juga :  Budidaya Ternak Lele Siap Target Panen, Cobalah Sistem Bioflok

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close