batok kelapa, daging kelapa kering

Prospek Olahan Turunan Kelapa Jadi Peluang Bisnis Menjanjikan

Diposting pada

Kelapa adalah tanaman yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, hampir seluruh bagian dari mulai daun, buah, pelepah, akar, sabut, batok, sampai batang  bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis.

Diruntut dari sejarah yang tertulis di Prasasti Sima ( tahun 600an), ternyata olahan kelapa sering dimanfaatkan ketika menjamu tamu dan makan besar-besaran. Sejak  tahun 2018, Indonesia merupakan salah satu negara  yang mengekspor komoditas dan olahan dari pohon kelapa terbesar di seluruh dunia, yaitu 52% komoditas dan olahan pohon kelapa diambil dari Indonesia. Kuantitas ekspor Indonesia sampai 290 ribu ton per tahunnya, cukup besar bukan.

 

Hingga sekarang, dunia membutuhkan produk olahan kelapa dan dari tahun ke tahun semakin naik. Faktor ini disebabkan kesadaran hidup sehat bertambah kuat di kalangan urban. Kelapa merupakan salah satu komoditas yang dianggap bagus juga untuk kesehatan, seperti VCO salah satu  contohnya.

Berdasarkan data populer, kebutuhan yang banyak dicari dunia terhadap bagian dari komoditi kelapa adalah :

 

  1. Air Kelapa Asli atau minuman dari bahan kelapa berbentuk cair. 

Menjadi pilihan dikarenakan kandungan mineral air kelapa ini sangat mirip dengan elektrolit tubuh manusia, air kelapa bentuk kemasan semakin diminati dan permintaan semakin meningkat. Sering kita temui, startup Indonesia banyak juga yang memanfaatkan air kelapa ke dalam produknya, begitu juga ada startup Cocolicious yang memanfaatkan air kelapa murni dalam bentuk kemasan bentuk kotak praktis dan higienis.

Baca :  Jenis Tanaman dan Hewan Ternak Unggul Dapat Juga Diperoleh Melalui Mutasi Buatan

Baca juga:

Rusia, Ukraina dan Moldova Jadi Target Ekspor Briket Arang Batok Kelapa

Dana Hibah Pelaku Usaha Tanpa Syarat

Kehandalan Mesin Pengurai Sabut Kelapa Chopper Shredder MPC 1000 S

 

  1. Olahan Minyak Kelapa

Minyak kelapa  terbukti lebih sehat dibandingkan jenis minyak bahan lainnya, ini juga menjadi trend penggunaan minyak kelapa. Menurut healthline, dalam minyak kelapa terkandung asam lemak yang bagus untuk tubuh. Juga bisa meningkatkan HDL dalam darah yang bermanfaat menjadikan organ jantung kita lebih sehat, akan tetapi minyak kelapa yang tidak mengalami pengolahan terlalu lama atau yang menjalani proses ekstraksi suhu yang tinggi.

 

  1. Santan Sari Kelapa

Selain untuk campuran makanan yang bersantan, santan kelapa sebagian orang dijadikan pengganti susu. Santan kelapa yang tidak diekstraksi dengan suhu tinggi, mengandung asam lemak yang sangat baik untuk tubuh.  Lemak baik dalam tubuh akan bertambah jika kita mengkonsumsi santan.

Baca :  Panen 2X Lipat, Berikut Cara Boster Pemupukan Budidaya Jahe

 

  1. Kelapa Kering 

Daging kelapa kering ini sering dijadikan campuran olahan makanan dan menjadi kebutuhan rumah tangga dan industri makanan olahan kering . Dessicated coconut biasanya dibuat untuk olahan kue kering ataupun roti di bakery. Dessicated coconut  banyak mengandung mangaan dan tembaga yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kaya serat pangan dan selenium. Selenium sangat baik untuk menjaga tiroid dan sistem kekebalan tubuh (imunitas).

 

  1. Produk olahan kelapa lainnya (sabut, batok kelapa)

Sabut kelapa juga banyak dibutuhkan, selain selain untuk media tanaman, juga bisa untuk material jok mobil.

Olahan kelapa juga menjadi produk olahan bernilai tinggi dan sangat dibutuhkan di pasar ekspor, apa saja itu ? kita ungkap diwaktu selanjutnya