Prosedur Pendaftaran Anngota BPJS Untuk Karyawan dan Umum Selama Pandemi Covid 19

Diposting pada

Berikut adalah prosedur pendaftaran anggota aktif BPJS khusus karyawan dan umum. Memang secara umum keanggotaan BPJS dibagi menjadi 2, yaitu sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non-PBI). Perbedaan untuk peserta PBI, preminya dibayarkan oleh pemerintah, sedang non-PBI preminya dibayar sendiri oleh yang bersangkutan.

Indonesia telah diresmikan Sistem JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS menggantikan PT Askes dan juga PT Jamsostek. Sistem ini berfungsi sebagai fasilitas asuransi kesehatan bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Untuk peserta non BPI, ada 3 kelas premi yang dapat dipilih, namun dari ketiga kelas itu, tidak ada perbedaan dalam semua tindakan medis, hanya yang membedakan jumlah iurannya saja. 3 kelas premi tersebut yaitu:

  • Kelas 1 = membayar premi Rp 70.000,00 per bulan
  • Kelas 2 = membayar premi Rp 55.000,00 per bulan
  • Kelas 3 = membayar premi Rp 35.500,00 per bulan

Prosedur Pendaftaran Keangggotaan BPJS untuk Umum

  1. Masyarakat datang ke kantor BPJS Kesehatan yang berada di tingkat kabupaten maupun di propinsi.
  2. Kemudian mengisi formulir dengan membawa salah satu kartu identitas KTP, SIM, Kartu Keluarga, foto copy tabungan atau Paspor.
  3. Setelah mengisi formulir, maka akan mendapatkan Virtual Account yang nantinya digunakan untuk nomor transaksi untuk pembayaran premi.
  4. Bagi Anggota Non BPI, anda harus membayar iuran terlebih dahulu dan setelah membayar iuran, maka anda resmi menjadi sebagai anggota BPJS kesehatan.
  5. Bagi anggota BPI, setelah mendapat virtual account, maka anda resmi menjadi anggota BPJS kesehatan, anda tidak perlu lagi membayar iuran karena iuran anda akan dibayarkan oleh pemerintah.
  6. Anda akan segera dapat kartu keanggotaan BPJS Kesehatan.
Baca :  Atasi Jerawat, Manfaat Tersembunyi Diet Keto

 

Prosedur Pendaftaran anggota BPJS Khusus Karyawan
  1. Untuk karyawan di perusahaan yang sebelumnya sudah menggunakan Jamsostek, cara mendaftarkan anggota BPJS anda bisa langsung melalui perusahaan dimana anda bekerja.
  2. Perwakilan perusahaan bisa datang langsung ke kantor BPJS di wilayah kabupaten atau kota, lalu mengisikan formulir dan setelah itu mendapat satu Cara Mendaftar Anggota BPJS Untuk Karyawan dan Umum Virtual Account untuk seluruh karyawan di satu perusahaan.
  3. Setelah itu perwakilan perusahaan membayarkan premi sejumlah iuran premi per karyawan dikalikan jumlah karyawan.
  4. Maka karyawan perusahaan telah resmi menjadi anggota BPJS kesehatan non PBI setelah membayar premi dan mendapatkan kartu anggota BPJS kesehatan sejumlah karyawan tersebut.

 

Prosedur Pendaftaran anggota BPJS untuk TNI, Polri, PNS serta Pengguna Askes

  1. Secara umum cara pendaftaran untuk TNI, Polri dan Pengguna Askes sebenarnya sama. Namun pendaftarannya akan lebih mudah karena data anda sudah ada di kantor BPJS.
  2. Pendaftaran bisa dilakukan sendiri ataupun secara kolektif di kantor BPJS kesehatan dengan menyertakan bukti kartu kepemilikan kartu askes.
  3. Premi anda nantinya akan dipotongkan dari gaji bulanan anda sebagaimana pengguna Askes sebelumnya.
  4. Setelah pendaftaran selesai, anda akan mendapatkan kartu BPJS kesehatan.

 

Sejak terjadinya pandemi Covid-19 ada, BPJS Kesehatan sudah menyediakan teknologi untuk memudahkan pelayanan untuk masyarakat berbasis teknologi digitalisasi. Kini masyarakat bisa mengurus keanggotaan ataupun penambahan anggota BPJS Kesehatan tanpa harus bertatap muka.
Salah satu layanan online atau non tatap muka di BPJS Kesehatan yaitu Pelayanan Administrasi lewat WhatsApp (PANDAWA).

Baca :  Makanan ini Menyebabkan Penyakit Kanker dan Harus di Hindari

PANDAWA adalah inovasi yang sangat memudahkan non tatap muka dari BPJS Kesehatan di masa wabah pandemi Covid-19 sekarang. Selain membantu peserta hemat waktu menuju kantor BPJS Kesehatan, PANDAWA juga mengurangi waktu proses pelayanan ditengah kerumunan antrian.

 

Layanan BPJS Selama Masa Pandemi Bisa Lewat Non Tatap Muka atau Online

Layanan non tatap muka PANDAWA bisa membantu pendaftaran baru (PNS dan TNI/POLRI), penambahan anggota keluarga (PNS dan TNI/POLRI, PBI APBN/APBD, bayi baru lahir), juga bisa membantu pengaktifan kembali kartu, pengaktifan Virtual Account (VA) yang sudah kedaluwarsa, pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU non aktif menjadi PBPU atau Mandiri, perubahan pendataan golongan dan gaji (PNS dan TNI/POLRI), termasuk juga perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (TNI/POLRI), perbaikan data peserta PBI, dan pengurangan anggota keluarga (pelaporan peserta yang meninggal dunia, pembaruan KK, pelaporan WNI yang ke luar negeri).

Respons dari petugasnya juga cepat dan langsung ditanggapi dan untuk pelayanan administrasi lainnya juga bisa melalui dengan mengakses Aplikasi Mobile JKN di playstore , BPJS Kesehatan Care Center 1500400, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), Facebook Messenger BPJS Kesehatan dan sosial media lain milik BPJS Kesehatan. Demikian sedikit ulasan, semoga bermanfaat.

 

Demikian artikel saya mengenai  Prosedur Pendaftaran Anggota Aktif BPJS Khusus Karyawan dan Umum lewat online di masa pandemi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.