Toga, Herbal & Kesehatan

Pengertian dan Manfaat Tanaman Lenglengan Untuk Mengobati Epilepsi dan Cacingan

Lenglengan atau nama latinnya (Leucas lavandulifolia Smith) merupakan tanaman yang termasuk kedalam famili tumbuhan Labiatae dan tanaman ini merupakan tanaman liar yang biasanya tumbuh ditanah yang kering disepanjang tepi jalan atau tanaman ini juga dapat ditemukan dipekarangan rumah.

Dalam bahasa Madura lenglengan ini disebut sebagai sarap nornor, dalam bahasa Jawa disebut plegan, dalam bahasa Tidore disebut laranga dan dalam bahasa Sunda lenglengan disebut sebagai paci-paci.

Kandungan Lenglengan

Kandungan yang terdapat pada lenglengan antara lain flavonoida, tanin, saponin dan minyak atsiri.

Ciri-cri lenglengan antara lain batangnya berkayu, berbuku-buku, bentuknya segi empat, bercabang, memiliki rambut halus dan berwarna hijau, daunnya ini tunggal, bunganya buah batu dan berwarna cokelat dan bijinya ini berbentuk bulat, berukuran kecil dan berwarna hitam.

Pengertian-Dari-Tanaman-Lenglengan

Daun lenglengan ini juga dapat juga dapat menyembuhkan epilepsi dan mengobati cacingan.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kulit Belang

Cara menyembuhkan epilepsi

Cara menyembuhkan epilepsi dengan menggunakan daun lenglengan antara lain cuci daun lenglengan sampai bersih, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai airnya mendidih dan tersisa menjadi 1 1/2 gelas, kemudian diangkat dan tunggu sampai airnya dingin, lalu disaringkan dan ambil airnya, kemudian minum ramuannya bersama air gula. Lakukanlah cara ini dangan rutin sampai penyakit epilepsi sembuh dengan minum 3 kali dalam sehari, setengah gelas.

Baca Juga :  Manfaat dan Kandungan Cilantro, Si Daun Ketumbar Yang Kaya Akan Nutrisi

Cara mengobati cacingan 

Dan cara mengobati cacingan antara lain cucikan terlebih dahulu daun lenglengannya, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai airnya mendidih dan tersisa hingga menjadi setengah, kemudian diangkat dan dinginkan, lalu jika airnya sudah dingin, saringkan dan ambilkan airnya, kemudian minum ramuannya  dengan mencampur madu secukupnya. Lakukanlah cara ini dengan rutin ya, dengan cara minum ramuan ini sebanyak 2 kali dalam sehari, 3/4 gelas.

Baca Juga :  Manfaat Tumbuhan Delima Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, itulah pengertian dari lenglengan serta ciri-cirinya dan ada juga cara menyembuhkan epilepsi dan mengobati cacingan dengan menggunakan daun lenglengan. Bagaimana caranya mudah bukan? Nah, jika anda sedang mengalami epilepsi atau ingin mengobati cacingan, anda dapat mengikuti cara yang sudah dijelaskan diatas tadi dengan menggunakan daun lenglengan. Kalau begitu selamat mencoba dirumah dan semoga cara ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Kata Kunci:

    gambar daun lenglengan,manfaat daun lenglengan,tanaman lenglengan,

    Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close