Kandang kambing modern model panggung

Kandang Kambing Modern Pengaruhi Perkembangan Penggemukan

Diposting pada

Cara menunjang penggemukan ternak kambing, kita bisa memanfaatkan atau menggunakan jenis  kandang kambing modern. Model kandang yang dipakai sangat berpengaruh untuk percepatan gemuk nya kambing. Kandang kambing yang modern sangat cocok untuk penggemukan yaitu kandang dengan bentuk panggung.

Yang perlu diperhatikan dalam penggemukan ternak kambing adalah bentuk dan ukuran kandang, sebab beda dengan ukuran dan model ukuran kandang untuk pembibitan.

Kandang kambing dengan model desain modern sangat berpengaruh pada kesehatan, kebersihan ternak dan pengendalian dari penyakit.

Dengan kandang model panggung lebih bisa mengendalikan berbagai serangan penyakit. Kotoran dan urinnya tidak bisa lengket pada lantai kandang, sehingga kondisi lantai tetap kering dan bersih. Bila lantai kandang sering dalam situasi basah maka kambing akan lebih mudah terserang penyakit.

Model panggung merupakan pilihan tepat untuk penggemukan / pembesaran. Memang faktor biaya membuat model panggung lebih besar jika dibandingkan dengan kandang non panggung.

Kandang kambing modern model panggung

Baca juga:

Tips Peternak Kambing Modern Pola Pakan Fermentasi

Dana Hibah Pelaku Usaha Tanpa Syarat

 

Membuat Kandang Kambing Modern Model Panggung

 

1. Bahan dan Material Kandang Panggung

Membuat kandang kambing modern model panggung yang hemat, anda bisa memakai bahan atau material yang mudah dicari dengan harga yang murah tetapi memiliki daya kekuatan yang tahan lama. Misalkan bila material yang Anda pakai adalah bambu sebagai tiang utama, kayu ukuran 5 x 7 cm digunakan untuk penyangga lantai panggung, kayu 4 x 6 cm sebagai penghubung antar tiang dan tumpuan atap, atap dari bahan plastik, semen sebagai bahan pembuat lantai dasar, baut, paku, dan dinding anyaman bambu. Bahan pembuat kandang anda tidak perlu sama seperti yang dijelaskan di atas tadi. Anda bisa memilih untuk memakai bahan material yang lebih murah atau yang lebih berkualitas. Sesuaikan saja dengan anggaran dompet yang ada.

Baca :  Beberapa Manfaat Tetes Tebu / Molase Untuk Ternak Sapi dan Unggas

 

2. Ukuran Kandang Yang Cocok untuk Penggemukan

Ukuran ideal kandang kambing modern tergantung dari jenis kambing yang anda ternak. Akan tetapi ada patokan dasar yang bisa Anda gunakan sebagai ukuran untuk membuat kandang kambing ini. Lebar normal yang bisa  digunakan adalah 110 cm, panjang 160 cm, untuk 6 ekor ternak kambing. Ketinggian kandang panggung 75 cm, tinggi lantai kandang ke atap sekitar 170 cm pada bagian depannya dan pada bagian belakang 160 cm. Maka kemiringan kandang atap sekitar 25 cm. Kemiringan atap yang dimaksud adalah untuk melancarkan air hujan.

 

3. Lantai Dasar Di Bawah Lantai Kandang

Lantai dasar sebaiknya disemen atau dicor untuk ketahanan kandang, juga memudahkan ketika membersihkan kotoran kambing. Kemiringan lantai yang tertuju ke belakang kandang 3 cm sudah bagus. Ketinggian sangat bagus kasih  sekitar 10 cm. Kasih penampungan air urin kambing pada ujung lantai dasar dibagian belakang kandang. Urin kambing hasil dari penampungan bisa digunakan untuk pupuk organik dan bisa jadi keuntungan lain anda. Pupuk organik juga laku untuk dijual, maka produksilah pupuk organik.

 

4. Lantai Kandang Model Panggung

Sebaiknya membuat lantai kandang disesuaikan dengan anggaran, jadi bisa menggunakan material papan kayu, batang bawah bambu yang sudah dipotong-potong.  Jarak lantai sebaiknya tidak terlalu lebar dan juga tidak terlalu sempit, supaya kotoran mudah jatuh dan tidak tersangkut. Kotoran yang menumpuk bisa memicu berbagai penyakit menyerang ternak anda. Begitu pula jika lantai terlalu arang bisa mengakibatkan kaki kambing anda terperosok dan menyakiti.

 

5. Dinding Kandang

Gedek atau anyaman bambu bisa digunakan, tentu untuk menyesuaikan keuangan atau biaya.

 

6. Tempat Pakan / Ketinggian Tempat Pakan

Tinggi tempat pakan disesuaikan dengan jenis kambing, sebab jenis kambing berbeda – beda ukuran  tubuhnya, sehingga bisa nyaman ketika makan.

Baca :  Manajemen Usaha Reproduksi dan Penggemukan Sapi Potong

 

7. Kanopi atau Atap Kandang

Atap kandang ternak modern bisa dibuat ukuran 170 cm dari lantai dasar atau anda sesuaikan sendiri supaya gerak ternak lebih leluasa dan tidak berdesakan antara satu dengan yang lain.

Untuk kambing jenis boer pastikan material dan bahan kandang  yang bagus, sebab kambing boer ini punya berat badan yang berbeda dengan kambing biasa.

Kira-kira  bahan yang dihabiskan untuk membuatnya seperti pasir, semen, kayu, besi 10 mm, paku, atap plastik, tiang bambu, gedek, dengan luas kandang kambing modern sekitar 120 cm x 400 cm menghabiskan dana sekitar 3.500.000 rupiah.

Demikian tadi cara membuat  kambing modern model panggung yang bisa mempengaruhi perkembangan, kesehatan dan penggemukan. Oke lain waktu kita bahas tentang kandang kambing dari bambu dengan ukuran yang benar dan sederhana dengan lantai tanah, jarak lantai, rangka baja ringan dan minimalis, ukuran kandang pola hcs. Sekian, semoga berhasil dan salam peternak sukses .

key: